Ternak Kambing –  Cara,  Pakan, Pemeliharaan, Keuntungan

Posted on

Ternak Kambing –  Cara,  Pakan, Pemeliharaan, Keuntungan

Cara Ternak Kambing

Ternak Kambing
Ternak Kambing

Cara ternak kambing – Peternakan kambing masih merupakan bisnis sampingan dan dijalankan secara tradisional. Ini sangat disayangkan, karena peluang bisnis untuk ternak kambing masih terbuka lebar dan sangat menguntungkan.

Peternakan kambing modern adalah jawaban atas tingginya permintaan daging kambing di pasar. Selain itu, peternakan kambing modern menawarkan banyak manfaat, termasuk efektivitas biaya, waktu, tenaga kerja, pakan dan manajemen.

Ternak kambing modern dapat digunakan di berbagai area bisnis, dari usaha kecil hingga menengah hingga besar.

Saat ini, bisnis ternak kambing dapat dijalankan oleh siapa saja, di mana saja. Ini karena ternak kambing modern memiliki pakan dan manajemen yang berbeda dari kambing tradisional. Jadi tidak ada persyaratan atau kriteria khusus seperti pada kambing konvensional yang diperlukan.

Menerapkan teknologi terbaru dan inovasi, cara kambing modern dinyatakan menjadi lebih intens. Berikut adalah beberapa tips tentang cara menggunakan peternakan kambing modern.
Kandang kambing adalah salah satu kebutuhan utama peternakan kambing.
Kandang kambing berfungsi sebagai tempat istirahat, sebagai perlindungan terhadap predator, terutama anjing, sebagai tempat makan dan minum, sebagai tempat untuk kawin dan mengantarkan, sebagai tempat untuk mengumpulkan kotoran dan air seni dan untuk memfasilitasi sikap ternak kambing.

Ternak Kambing

Ada beberapa proses yang harus dilakukan ,agar sukses dlam berternak kambing, untuk lebih jelasnya penulis akan memberikan tips cara ternak kambing yang benar :

Syarat Kandang Kambing

Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan ketika menentukan lokasi kandang kambing. termasuk :

Tempatnya cukup tinggi dan terlindung dari genangan air.
Jaraknya cukup jauh dari rumah atau sumur.
cukup mendapatkan sinar matahari di pagi hari.
Terlindungi dari angin langsung (terutama di malam hari).

Baca Juga Artikel Lainnya : Ayam Kate – Jenis, Karakteristik, Pakan, Harga, Gambar

Ukuran Kandang Kambing

Ukuran kandang kambing yang dibutuhkan untuk peternakan kambing modern sangat efisien karena tidak harus terlalu besar. Ini dapat menghemat ruang dan biaya pembuatan kandang.
Ukuran kandang kambing adalah 3 x 1,5 m untuk 10 kambing.

Kandang di peternakan kambing modern tidak membutuhkan ukuran besar karena makanan yang disediakan hemat tempat. Selain ukuran yang berbeda, juga lebih mudah menjaga kebersihan kandang kambing. Kebersihan kandang Kambing dianggap lebih ringan karena mereka dibawa oleh bentuk kandang kecil dengan lantai panggung.

Ternak Kambing
Ternak Kambing

Ukuran kandang kambing yang relatif kecil dengan populasi maksimum mengurangi ruang atau aktivitas pada ternak kambing.

READ  Budidaya Ikan Lele – Tips Agar Cepat Panen

Ini berguna dalam mengubah pakan menjadi cadangan energi dalam bentuk daging, lemak dan beberapa kotoran. Aktivitas bergerak tidak membuang banyak makanan, yang secara otomatis dapat mempercepat penggemukan kambing.

Perawatan Kandang Kambing

Ternak Kambing
Ternak Kambing

Perawatan kandang kambing sangat diperlukan untuk ternak kambing modern.
Semua bagian kandang kambing harus dibersihkan secara teratur. Misalnya, bersihkan bagian bawah kandang, perbaiki makanan kambing kokopan, dan perbaiki sesegera mungkin jika kandang kambing rusak sebagian.

Untuk jenis kandang ternak kambing yang direkomendasikan adalah jenis kandang panggung.

Jenis kandang panggung memiliki kelebihan :

Kebersihan kandang lebih terjaga, karena kotoran dan urin jatuh kebawah.
Kandangnya kering, sehingga penyakit yang disebabkan oleh parasit dan jamur tidak mudah
Hindari serangan binatang buas seperti anjing atau lainnya.

Pemilihan Bibit Kambing

Pemilihan kambing yang baik (cempe) akan memiliki pengaruh yang menentukan pada keberhasilan ternak kambing.

Bibit kambing yang baik adalah:

Pada usia lebih dari 6 bulan.
Ekor gemuk (tidak berbentuk cambuk).
Tubuh atau badan  panjang, jantan (lebih disukai atau diutamakan).
Tegap dan sehat.

Anak-anak kambing di atas usia 6 bulan dipilih karena pada usia ini telah menjalani fase pembentukan daging di mana ia menjadi lebih cepat gemuk. Anak kambing yang berumur kurang dari 6 bulan tidak digunakan karena masih dalam fase pembentukan tulang, sehingga proses penggemukannya memakan waktu lama.

Pakan kambing

Keunikan kambing sebagai ruminansia adalah sistem pencernaan yang kompleks (polygastric). Sistem pencernaan ini mampu mengubah bahan pakan kaya serat (rumput, jerami, dll.) Sebagai sumber energi utama dan mengubah senyawa nitrogen non-protein (NBP). Misalnya, konversi urea menjadi protein dengan nilai biologis tinggi untuk kebutuhan produksinya.

Makanan kambing yang diberikan kepada kambing modern, khususnya pakan penggemukan, pakan terkonsentrasi atau pakan fermentasi. Fermentasi makanan kambing ini bermanfaat sebagai pengganti pakan ternak (PMT).

Kombinasi yang baik dari makanan kambing adalah kombinasi dari makanan kambing yang difermentasi dan konsentratnya.

Pakan dan substrat kambing fermentasi dapat memenuhi permintaan protein dan serat mentah yang dibutuhkan saat menggemukkan kambing. Fermentasi juga sangat berguna untuk menyeimbangkan pengeluaran yang tinggi dari pakan konsentrati (efisiensi). Ini karena pakan fermentasi adalah makanan yang bisa diperoleh dengan harga murah.

Penggunaan pakan yang efisien diukur dengan rasio antara jumlah pakan yang dikonsumsi oleh kambing dan daya yang dihasilkan.

Penggunaan makanan kambing yang efisien dapat dicapai melalui manajemen pakan yang tepat. Ini termasuk pengelolaan alokasi pakan yang optimal, formulasi konsentrat yang efisien, pemilihan bahan baku yang seimbang dan sesuai secara ekonomi, dan waktu dan frekuensi pemberian pakan yang strategis.

Kontribusi penggunaan makanan kambing secara efisien sangat tinggi terhadap keuntungan seluruh bisnis produksi secara keseluruhan.

READ  Pepaya California - Cara Menanam, Pemeliharaan, Panen

Pemeliharaan  Kambing

Yang paling penting untuk diingat saat memelihara kambing adalah pemeliharaan fasilitas sanitasi dan kambing. Kandang kambing harus selalu bersih dan bebas dari kotoran 1-2 kali sehari karena kotoran dapat menjadi tempat berkembangnya kuman.

Sebelum masuk ke kandang, ada baiknya memeriksa kesehatan kambing. Bebaskan dari parasit seperti cacing dengan memberikan obat cacing. Juga, mandikan kambing sebelum memasukkannya ke dalam kandang untuk pertama kalinya.

Khusus untuk jenis kambing perah dapat diperah setelah 4 sampai 7 hari setelah lahir. Frekuensi memerah susu bisa dua kali sehari di pagi dan sore hari.

Peralatan pemerahan harus steril, bahan terbaik adalah stainless steel atau kaca. Bersihkan puting dengan air hangat sebelum memerah susu.

Reproduksi kambing

Indukan kambing yang baik dapat berkembang biak setidaknya tiga kali setahun. Kambing betina menikah pada usia 6-10 bulan. Namun, perkawinan harus dimulai pada usia 10-12 bulan atau ketika berat mencapai 55-60 kg, mana yang lebih dulu.

Kambing yang merasa sedang mengalami birahi ,akan terlihat tanda-tanda nafsu makan berkurang, sering mengibas-ngibaskan ekor, sering buang air kecil, alat kelamin bengkak dan. Siklus birahi kambing biasanya berselang 17-21 hari, dengan lama birahi selama 24-45 jam.

Masa kehamilan kambing adalah 144-156 hari. Masa melahirkan penyapihan dan istirahat sekitar 2 bulan.

Keuntungan Ternak Kambing

Peternakan kambing memiliki banyak keunggulan yang bisa diraih oleh masing-masing pelaku usaha ternak kambing . Berikut ini beberapa keunggulan dalam ternak  kambing :

Lahan Sempit

Bahkan dengan modal lahan kecil di desa dan bahkan di kota Anda dapat melakukan bisnis dengan pemeliharaan kambing. Terutama jika seseorang memiliki area yang luas di desa dengan banyak rumput, ini bahkan lebih diuntungkan dalam peternakan kambing di sekitarnya.

Mudah Bradaptasi

Kambing adalah spesies yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Ini membuatnya sangat mudah untuk dikembangkan dan memelihara hewan kambing di rumah, sistem kandang yang tradisional dan modern. Daerah yang berbeda dengan kondisi lingkungan yang berbeda seperti dataran tinggi dan dataran rendah dengan udara kering dan lembab masih dapat mengoperasikan bisnis pemeliharaan kambing yang menguntungkan.

Panen cepat

Bisnis pemeliharaan kambing akan menghasilkan keuntungan dengan cepat. Karena kambing termasuk hewan yang menguntungkan dalam waktu singkat. Dari asalnya, lima kambing dapat membiakkan 25 kambing dalam satu tahun. Harga per kambing adalah 1,5 juta Rp. Bisnis mana yang lebih menguntungkan daripada memelihara kambing?

Banyak Manfaat

Kambing memiliki banyak manfaat dari berbagai aspek. Dalam hal daging kambing, yang merupakan produk utama, memiliki kandungan protein yang tinggi. Kemudian kotoran kambing dapat dijadikan uang dengan membuat pupuk kompos untuk tanaman. Dari bulu kambing atau bulu maka berbagai kerajinan untuk sepatu, tekstil dan industri lainnya dapat diproduksi.

READ  Budidaya Kacang Hijau – Di Sawah, Di Polybag

Pakan Mudah Didapatkan

Keuntungan paling penting dari pemeliharaan kambing adalah ketersediaan pakan di alam. Di sekitar desa Anda dapat dengan mudah mendapatkan makanan untuk kambing, meskipun sekarang sedang musim kemarau. Karena makanan kambing dapat menggunakan daun atau rumput hijau di alam liar, limbah pertanian memanen kacang dan jagung, dll. Ketersediaan pakan hijau gratis untuk kambing di lingkungan pedesaan dapat mengurangi biaya pakan. Ini berbeda dengan pemeliharaan ayam yang harus membeli pakan ayam dengan biaya yang cukup tinggi.

Modal Kecil

Keuntungan lain dari memelihara kambing dan ternak adalah modal awal yang relatif rendah. Sapi kambing bisa mulai dengan modal Rp. 5 juta. Ini sangat berbeda ketika Anda memulai bisnis kerbau dan ternak yang membutuhkan modal awal yang besar.

Tabungan Yang Menjanjikan

Di desa penulis, beternak kambing adalah jenis bisnis yang sifatnya tabungan. Dimana nantinya penghematan nilai lebih besar. Jika uangnya Rp. 2 juta disimpan di bank dan pemilik tabungan menerima bagian sebesar Rp. 20 ribu per bulan. Dengan 2 juta , seorang petani kambing dapat menghasilkan Rp.100.000 per bulan. Jelas, bisnis pemeliharaan kambing lebih merupakan tabungan yang layak daripada tabungan di bank. Selain itu, penjualan kambing sangat mudah.

Mengurangi Penganguran

Menekuni usaha  di bidang pengembangbiakan kambing dapat mengubah seseorang menjadi jutawan dan miliarder dalam waktu singkat. Seperti yang telah dipelajari Bangun Dioro dan Andi Nata. Peternakan kambing dalam skala besar dapat membutuhkan banyak pekerjaan. Jadi Anda berpartisipasi dalam penciptaan lapangan kerja baru dan pengurangan kemiskinan di daerah pedesaan.

Jadi jelas sekali untung ruginya ternak kambing memiliki sangat banyak.  Namun lebih banyak manfaatnya. Sehingga bisnis ternak kambing dan ekspansi di masa depan membawa keuntungan besar yang menjanjikan. Survei menunjukkan bahwa banyak orang kaya berasal dari peternakan kambing. Ini adalah peluang bisnis yang menguntungkan untuk masa depan.

Demikianlah tips cara ternak kambing agar cepat panen, semogah dapat menambah informasi dan menambah wawasan tentang cara membudidayakan ternak kambing. Terima Kasih Selamat Mencoba !!!!

Baca Juga Artikel Lainnya :