Teknologi Ramah Lingkungan – Pengertian, Contoh, Manfaat

Posted on

Teknologi Ramah Lingkungan – Pengertian, Contoh, Manfaat

Ketika kita mendengar kata Teknologi yang muncul dari pemikiran kita pasti apakah akan membawa dampak yang bagus untuk lingkungan, Mengingat sering kita dengar mengenai pemanasn global baik dalam kehidupan sehari-hari maupun sering kita liat di media online seperti sekarang ini.

Suhu sekarang ini sudah terasa panas, musim yang sudah tidak menentu saat ini terkadang sudah masuk musim hujan tetapi tidak kunjung hujan begitupun sebaliknya ketika sudah memasuki musim kemarau tapi masih sering terjadi hujan yang cukup deras yang mengakibatkan terjadinya banjir.

Untuk artikel kali ini akan menjelaskan  apa yang dimaksud dengan teknologi ramah lingkungan, dan apa manfaatnya bagi lingkungan kita.

Pengertian

Teknologi Ramah Lingkungan ialah sebuah metode atau system untuk mencapai suatu tujuan yang mana dalam pelaksanaannya memperhatikan wawasan lingkungan dan melihat kondisi lingkungan sekitar. Dari pengertian tersebut dapat kita simpulkan sudah banyak teknologi yang diterapkan, yang aman sekaligus ramah terhadap lingkungan dan alam sekitar.

Untuk bisa mendapatakan teknologi yang ramah lingkungan, pasti juga sangat memerlukan biaya yang cukup mahal, kondisi tersebut tentu menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi kita semua dan khususnya bagi para pengembang teknologi ramah lingkungan agar dapat membuat suatu teknologi yang ramah dan  juga harga yang terjangkau.

Contoh Teknologi Ramah Lingkungan :

  1. Mesin Tenaga Surya ( Solar Power)
  2. Mobil Tenaga Listrik (Electric Car)
  3. Sel Bahan Bakar (Fuel Cell)
  4. Kulkas atau Lemari Pendingin Non Freon
  5. Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir
  6. Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi
  7. Mesin Tenaga Angin ( Win Power)
READ  Jambu Kristal – Cara Budidaya Di Pot, Perawatan, Panen

Sebagai mahluk hidup yang beradap, sudah seharusnya kita berperan aktif  dalam menjaga lingkungan kita serta melestarikan alam lingkungan kita. Lingkungan yang bersih merupakan ciri dari  kehidupan kita sehari-hari, jika lingkungan kita bersih maka semua bentuk pencemaran lingkungan baik udara,air, maupun tanah adalah hal utama yang wajib kita jaga dan lestarikan.

Seandainya memang tidak dapat menghindari terjadinya bencana setidaknya kita bisa meminimalisir terjadi kerusakan lingkungan kita.

 Manfaat Teknologi Ramah Lingkungan

Manfaat Teknologi Ramah Lingkungan dampaknya sangatlah besar buat kehidupan maupun lingkungan kita yaitu :

  1. Mengurangi dampak jumlah limbah yang dapat mencemari lingkungan
  2. Mengurangi resiko penurunan kondisi kesehatan bagi mahluk hidup
  3. Teknologi ini juga akan terasa efisien serta efektif dalam hal penggunaan atau pemakaian sumber daya alam dan lingkungan .
  4. Dapat menghemat biaya anggaran produksi ,karena teknologi ini memanfaatkan sumber daya alam yang telah ada dan sifatnya dapat diperbaharui sehingga tidak merusak ekosistem alam.

Dalam penggunaan teknologi rama lingkungan dapat kita mulai dari individu kita masing–masing, dari hal yang sederhana dulu misalnya dalam kehidupan sehari-hari contohnya saat kita biasa menggunakan Vacum cleaner  saat membersihkan rumah dapat menggantinya dengan sapu yang terbuat dari lidi pohon kelapa. Selanjutnya dalam pengunaan listrik lakukan penghematan gunakan dengan seperlunya.

Demikianlah sedikit ulasan menegenai Teknologi Ramah Lingkungan yang dampaknya sangat berguna bagi kehidupan kita dan lingkungan, semogah bermanfaat terima kasih.

Artikel Lainnya :