Tanaman Adenium – Cara Menanam di Pot, Sifat, Manfaat, Harga

Posted on

Tanaman Adenium – Cara Menanam di Pot, Sifat, Manfaat, Harga

Tanaman Adenium

Bunga hias memang sangat sering di budidayakan dikalangan pecinta tanaman hias, dikarenakan bentuk yang indah diliat. Tanaman adenium sering disebut juga bunga kamboja jepang, merupakan jenis tanaman hias yang cantik dan mempunyai warna bunganya yang begitu menarik.

Tanaman adenium memiliki bentuk akar  yang sangat menonjol  dan sangat  indah apabila di buat dengan bonsai . Tanaman  adenium  sendiri dikenal dengan  julukan nama mawar gurun  dikarenakan memeliki jenis bunga dengan bentuk yang menarik dan memiliki  warna – warni yang cantik.

Tanaman adenium atau bunga kamboja jepang  berasal dari dataran gurun Afrika, yang memiliki suhu yang sangat panas dan kering. Biasanya tanaman adenium akan cocok dan tumbuh subur di daerah yang kering dan panas, jika anda ingin merawat tanaman adenium tidak perlu membutuhkan banyak air dalam merawatnya.

Untuk lebih jelasnya penulis akan mencoba berbagi informasi cara membudidayakan tanaman adenium ( Bunga Kamboja Jepang).

Cara Menanam Tanaman Adenium

Menentukan Bibit Tanaman Adenium

Pemilihan bibit sebelum menanam tanaman adenium , dapat dilakukan dengan genaratif atau mengunakan bibit biji. Untuk bibit tanaman adenium dapat diperoleh dari hasil proses penyerbukan yang terjadi pada dasar bunga dan akan berlanjut tumbuh menjadi bakal buah. Bibit tanaman juga bisa didapatkan dengan cara menggunakan metode cangkok tanaman adenium, stek atau dengan cara grafting.

Untuk cara pembibitan bisa disesuaikan dengan kebutuhan atau keinginan pembudidaya ingin menggunakan bibit biji atau menggunkan dengan car stek atau menanam dengan batang  tanaman adenium.

Proses Penaman Tanaman Adenium

Siapakan media tanam yang subur dan harus memiliki sifat porous, untuk bahan media tanam yang akan digunkan sebelum menanam tanaman adenium yaitu dengan menggunakan media tanam pasir, sekam padi, dan siapkan pupuk kandang dengan menggunkan perbandingan 2:2:1. Kenapa harus menggunakan  media tanam pasir, dikarenakan media tanam tanah yang sangat cocok untuk menanam bunga hias ini adalah pasir dan sekam padi. Untuk media pasir yang akan digunakan, sebaiknya dicuci lebih dulu sebelum digunakan untuk menaman tanaman adenium.

READ  Kelapa Sawit - Sejarah, Budidaya, Manfaat, Syarat Pertumbuhan

Setelah itu media tanam tanaman adenium dapat dicampur dengan cara yang bervariasi dan tentunya harus bersifat kering dan juga porous. Campuran media tanam tanah yang baik untuk proses tanam kamboja jepang ini adalah arang sekam, pasir, cocopeat, zeolit, dan juga pupuk kandang lengkap dengan menggunakan perbandingan 37 : 30 : 30 : 2 : 1. Di karenakan komposisi inilah yang dapat menunjang pertumbuhan tanaman adenium.

Baca Juga Artikel Lainnya : Cara Menanam Kentang – Di Polybag, Di Kebun

Langkah-langkah penanaman tanaman sebagai berikut:

1.Masukan media tanam pasir,sekampadi, dan puk kandang yang telah dicampur kedalam pot.

2.Buatlah lubang dibeberapa didasar pot, kemudian lubang ditutup dengan menggunakan pecahan genteng agar  pada saat dilakukan penyiraman media tanam tidak keluar.

3.Menanam Bibit Tanaman Adenium

Dalam hal ini saya akan menjelaskan cara menanam dengan menggunakan  bibit Adenium secara generatif (Penyerbukan). Cara ini dilakukan dengan proses perkawinan dengan cara diawali menyatunya kepala putik bunga  selaku organ kelamin betina dengan serbuk sari kelamin jantan. Proses inilah disebut sebagai penyerbukan, penyerbukan itu sendiri dapat terjadi secara alami ketika  terkena angin atau serangga. Tetapi proses secara alami biasanya tidak menghasilkan pertumbuhan yang signifikan.

Pilihlah salah satu tangkai bunga kamboja yang kondisi fisiknya sangat sehat. Untuk bunga yang akan diserbuk, pilihlah bagian yang sudah mekar dengan usia lebih kurang 3 hari. Setelah itu buka bagian bunga kamboja jepang dan ambil bagian serbuk sari dengan menggunakan kuas berukuran kecil. Setelah itu oleskan serbuk sari pada putik kepala putik bunga kamboja. Kemudian buang bagian benang sari yang bunganya akan diserbuki. Setelah proses penyerbukan, sekitar 4 hari bunga akan menjadi layu dan kemudian rontok dan apabila proses penyerbukan ini berhasil maka akan muncul bakal buah.

READ  Jambu Madu - Cara Pemangkasan, Harga, Manfaat Garam, Tabulampot, Cepat Berbuah Lebar

Ketika buah sudah masak maka biji buah tersebut dapat dijadikan sebagai bibit bunga kamboja yang siap untuk ditanam. Setelah Anda menyediakan media tanam yang dapat diketahui diatas baik dengan menggunakan pot atau langsung ditanam dalam tanah tanpa pot. Kemudian Anda dapat menanam biji bunga yang usianya sudah menginjak 4 samapai dengan 6 bulan. Jika sudah maka lakukanlah penyiraman secara rutin 1 kali dalam sehari dan diusahakan terkena sinar matahari secara langsung. Selanjutnya tinggal melakukan perawatan hingga bunga kamboja bertumbuh dan berkembang

Agar tanaman bunga adenium cepat berbunga maka yang perlu dilakukan adalah dengan meletakkan tanaman adenium pada daerah yang langsung terkena matahari lebih kurang selama 5 jam dalam sehari. Namun untuk usia tanaman kamboja yang masih berusia 2 bulan sebaiknya tidak diletakkan pada tempat yang langsung terkena cahaya dan letakkan pada tempat yang agak ternaungi. Bunga adenium ini dapat tumbuh dan hidup dalam pada suhu yang mencapai 5 sampai dengan 52 derajat celcius. Salah satu hal yang sangat berperan penting bagi tanaman ini agar cepat berbunga lebat yaitu dengan melakukan pemupukan. Anda dapat menggunakan pupuk kandang atau pupuk kompos  kemudian ditambahkan langsung di atas media tanam sebanyak 1 kali dalam sebulan.

Sifat Tanaman Adenium

Tanaman Adenium, sebelum melakukan budidaya tanaman adenium sebaiknya kita harus mengenali bagaimana sifat tumbuh dari tanaman adenium itu sendiri. Bunga adenium tidak akan bisa tumbuh dengan subur apabila tanaman cantik ini di tanam di sauti daerah dengan suhu yang lembab. Dikarenakan tanaman adenium sangat cocok dibudidayakan dengan tempat yang mudah terkena sinar matahari secara langsung, maka dipastikan tanaman adenium akan tumbuh subur dan sehat didaerah tersebut.

Tanaman Adenium

Manfaat Tanaman Adenium

1.Bisa digunakan untuk mengobati luka

Tanaman Adenium dapat dimanfaat sebagai obat menyebuhakan luka, seperti luka lecet dengan cara memanfaatkan getah dari batang tanaman adenium. Getah tanaman adenium mengandung Fuvoplumerin yang berfungsi mencegah infeksi yang terjadi pada luka.

READ  Cara Menanam Anggur – hidroponik dari biji, dari batang

2.Merawat Telapak Kaki

Tanaman adenium dapat juga dimanfaatkan untuk menghilangkan kapang atau jamur yang akan merusak lapisan kaki, atau biasanya menyebakan bagian telapak menjadi pecah-pecah. Caranya dengan memilih batang tanaman adenium yang muda, haluskan dengan car menumbuk batang tanaman adenium, kemudian campurkan dengan sedikit air sehingga akan membentuk seperti pasta yang sangat lembut, lalu trepakan pada bagian telapak kaki saat waktu menjelang tidur, diamkan sampai esok hari. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan perawatan lebih kurang selama satu minggu hingga dua minggu.

3.Mengobati sakit Gigi

Tanaman Adenium dapat dimanfaatkan untuk mengobati sakit gigi, pertama ambil beberapa pohon adenium, kemudian ambil getah dari batang tanaman adenium, setelah itu tempelkan getah pada bagian gigi yang sakit atau berlubang. Getah tanamn adenium akan membunuh semua bakteri yang menyebabkan sakit gigi.

Tanaman adenium sendiri mengandung senyawa seperti tannin, triterpenoid dan alkolid yang memiliki dampak yang baik untuk mengobati penyakit sakit gigi.

Harga Tanaman Adenium

Tanaman Adenium, jenis tanaman adenium untuk harga jual tanaman adenium di luar negeri bisa dijual dengan harga yang sanagt tinggi. Sedangkan di Indonesia Tanaman Adenium dijual dengan harga berkisar Rp. 50.000,- samapai dengan Rp.1000.000,-.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai Tanaman Adenium, mulai dari cara menanam di pot, sifat tanaman adenium sampai dengan manfaat tanaman adenium, semogah bermanfaat terima kasih. Selamat mencoba !!!.

Baca Juga Artikel Lainnya :