Selada –  Budidaya , Hidroponik, Manfaat, Jenis Daun

4 min read

Selada

Selada –  Budidaya , Hidroponik, Manfaat, Jenis Daun

 

Selada
Selada

Tanaman selada (Lactuca sativa) adalah sayuran berdaun yang termasuk dalam genus Lactuca. Selada ini termasuk jenis tanaman tahunan yang memiliki bentuk berbeda, terutama bentuk daun. Tanaman ini banyak ditanam dalam skala besar oleh petani, terutama di dataran tinggi atau pegunungan.

Cara Budidaya Selada Hidroponik

Budidaya selada hidroponik adalah metode baru budidaya yang dilakukan tanpa media tanah. Teknik ini pada dasarnya hanya menggunakan air sebagai media untuk pertumbuhan tanaman. Sistem hidroponik menggunakan air lebih efisien, membuatnya cocok untuk digunakan di daerah dengan pasokan air terbatas. Dibandingkan dengan penanaman konvensional, hidroponik dapat menawarkan keuntungan seperti penggunaan tanah sempit, pemeliharaan tanaman yang relatif sederhana dan hasil higienis, sehingga sayuran yang dipanen lebih bersih dan lebih sehat.

Persiapan Larutan Nutrisi

Nutrisi yang paling umum digunakan dalam hidroponik adalah nutrisi A dan nutrisi B karena nutrisi ini mengandung berbagai nutrisi.

Dalam hal hidroponik, nutrisi A dilarutkan dalam 5 liter air, nutrisi B juga dilarutkan dalam 5 liter air. Selanjutnya, 5 ml setiap nutrisi A dan B ditarik dan kemudian dilarutkan dalam 1 liter air. Solusi ini digunakan sebagai pakan langsung untuk tanaman.

Pembenihan Tanaman Selada

Rendam benih dalam air selama sekitar 2 hingga 4 jam dan kemudian pilih benih yang berkualitas dengan membuang benih yang mengambang. Benih dilepaskan dan ditanam dalam campuran sekam yang diletakkan dinampan dengan ukuran sedang atau plastik lain sesuai jumlah benih atau bibit yang diinginkan. Pembibitan biasanya berlangsung 5 hari dan membutuhkan tempat yang lembab untuk memungkinkan benih tumbuh lebih optimal.

Penanaman Tanaman Selada

Penanaman dilakukan dalam pembangunan hidroponik menggunakan sistem NFT (Nutrient Film Technique). Konsep sistem NFT ini adalah bahwa beberapa akar tanaman terendam dalam air yang sudah mengandung nutrisi, dan beberapa di atas permukaan air yang terus mengalir. Lapisan air yang mengalir sangat tipis seperti lapisan film, sehingga teknik ini disebut NFT. Air dalam konstruksi hidroponik dapat diarahkan menggunakan pompa akuarium.

READ  Tanaman Obat – Pengertian, Jenis, Manfaat, Kebun Mini

Pemindahan benih terjadi ketika bibit di cincin jamur berumur sekitar 5 hari. Di dalamnya terdapat kain flanel dan flannel dan kapas (dacron) sebagai tempat untuk pertumbuhan akar dan penyerapan air. Cincin baglog direndam didalam konstruksi hidroponik dengan membungkusnya dalam streofoam yang dilubangi pada jarak sekitar 25 hingga 30 cm. Kami menyarankan Anda menempatkan hanya satu tanaman per baglog sehingga Anda tidak mengganggu pertumbuhan tanaman.

Artikel Kami Lainnya :

Panen Tanaman Selada

Panen dapat terjadi ketika tanaman selada sudah berumur sekitar 40 hingga 45 hari setelah semai, panen dilakukan dengan memotong atau mengekstraksi akar, kemudian akar selada dicuci bersih dan daun yang rusak dihilangkan. Perlu dicatat bahwa tanaman selada  ini tidak tahan panas dan penguapan, oleh karena itu penyimpanan sayuran ini harus lebih diperhatikan.

Manfaat Tanaman Selada

Kita tahu tanaman selada sebagai salah satu tanaman sayuran yang digunakan sebagai sayuran atau campuran hamburger, salad dan gado-gado. Selada tidak hanya memiliki rasa yang menyegarkan, tetapi juga selada yang kaya nutrisi seperti vitamin A, vitamin K, zat besi, kalium, kalsium, serat dan asam folat telah ditemukan.

 

Selada
Selada

 

Penelitian itu bahkan menyatakan bahwa makan secangkir daun selada dapat memenuhi 82 persen dari kebutuhan harian vitamin A dan 60 persen dari kebutuhan harian vitamin K. Salain itu juga masih banyak lagi manfaat besar untuk kesehatan dari daun selada.

Manfaat Tanaman Selada Untuk kesehatan

Berikut ini berbagai manfaat salad untuk kesehatan Anda:

Bermanfaat Untuk Kesehatan Jantung

Kadar asam folat yang tinggi dalam selada dapat mengurangi risiko stroke, penyakit jantung koroner, dan emboli paru-paru. Kandungan vitamin A dan C salad juga dapat bertindak sebagai antioksidan yang dapat mencegah penyakit jantung.

Bermanfaat Untuk Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin A dan C dapat membuat kulit lebih sehat, lebih halus dan lebih kencang. Tidak hanya itu, selada Manfaa yang kaya air menjaga kulit tetap terjaga kelembabannya.

READ  Cara Mencangkok Tanaman – Singkat Cepat

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin selada dapat memperkuat sel-sel kekebalan tubuh, jadi akan lebih baik dalam memerangi berbagai virus dan bakteri penyebab penyakit. Sebagai contoh, vitamin A dapat mengatasi peradangan, infeksi dan kerusakan sel dalam tubuh.

Bermanfaat Untuk Kesehatan Mata

Telah diketahui bahwa vitamin A dalam selada dapat meningkatkan kesehatan mata. Konsumsi selada secara teratur mencegah timbulnya penyakit seperti glaukoma, katarak, dan gangguan penglihatan pada lansia.

 

Bermanfaat Mencegah Pemgeroposan Tulang

Tingginya kadar vitamin K dan kalsium dalam selada dapat membantu mencegah keropos tulang, seperti osteoporosis dan osteopenia.

Bermanfaat dan  Baik Untuk Wanita Hamil

Kandungan asam folat dapat mengurangi risiko melahirkan anak cacat. Selain itu, kadar perdarahan vitamin K dapat mencegah perdarahan. Karena alasan ini, wanita hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsi daun selada.

Bermanfaat Membantu Penurunan Berat Badan

Daun selada mengandung serat dan selulosa. Manfaat selada dapat memperlancar pencernaan. Memperbaiki pencernaan mungkin kedengarannya bukan hal yang baik untuk menurunkan berat badan, tetapi pada kenyataannya, penting untuk mengontrol berat badan dalam jangka panjang.

Serat juga membantu menghilangkan garam empedu dari tubuh. Ketika tubuh menggantikan garam-garam ini, kolesterol rusak untuk melakukannya. Karena itu, salad juga baik untuk hati.

Bermanfaat Mengatasi Insomnia

Cairan putih yang keluar dari selada disebut lacipcarium. Cairan ini memiliki sifat seperti yang akan membuat kita lebih rileks dan tenang mirip dengan opium, tetapi tidak memiliki efek samping yang signifikan. Hanya makan sedikit daun atau minum jus selada bisa mengatasi insomnia.

 

Bermanfaat Membuang Racun

Mineral dalam tanaman selada membantu menghilangkan racun dan dapat memastikan keseimbangan asam dan basa. Setelah menyeimbangkan pada tingkat ini, ada sejumlah manfaat, termasuk lebih banyak energi, pemikiran yang lebih jernih, tidur nyenyak dan peremajaan kulit.

Bermanfaat Untuk Kontrol Gula Darah

Daun selada juga memiliki indeks glikemik dengan rata-rata 15, tetapi karena mereka memiliki kandungan kalori yang sangat rendah, beban glikemik dianggap nol. Makanan dengan indeks glikemik rendah sangat bagus untuk siapa saja yang mengatasi gula darah atau mengatur berat badan. Secara alami, selada tidak memiliki gula putih atau gula halus dan ada banyak masalah yang menyertainya.

READ  Jahe Merah – Cara Budidaya, Di Polybag, Di Lahan Terbuka, Manfaat

Jenis Daun Selada

  1. Butterhead, yang memiliki daun longgar dan memiliki tekstur seperti mentega. Varietas ini ditanam dalam skala besar di Eropa.
  2. Celtuce, juga disebut varietas Cina. Memiliki daun harum yang kuat yang panjang dan menyempit.
  3. Crisphead, dalam bentuk bulat padat dan terlihat seperti kubis. Ini juga disebut selada gunung es karena kandungan airnya yang tinggi. Bentuk lain dari crisphead adalah salad mentega atau butterhead yang terlihat seperti kubis. Salad Boston adalah bentuk lain dari salad mentega.
  4. Looseleaf, daun selada dengan daun harum lembut dan halus. Beberapa variasi termasuk daun ek hijau dan daun ek merah.
  5. Romaine lettuce daun selada yang memiliki kepala panjang daun padat. Ini adalah jenis selada paling bergizi dan populer yang digunakan di Amerika Serikat. Salad romaine juga disebut cos.
  6. Summer crisp daun selada yang membentuk kepala yang relatif padat dengan tekstur renyah. Ini adalah campuran tanaman selada varietas jenis criphhead dan looseleaf.
  7. Selada Lamb Lettuce , selada yang memiliki daun berbentuk sendok panjang dan rasanya sangat tajam.

 

Demikianlah sedikit artikel mengenai cara budidaya tanaman selada hidroponik dan juga manfaatnya yang mungkin perlu diketahui, semogah artikel ini bisa menambah wawasan dan informasi mengenai tanaman selada. Terima Kasih jangan lupa baca artikel kami lainnya

Artikel Kami Lainnya :