Sawi Hijau – Manfaat,  Kandungan Gizi,  Efek Samping

Posted on

Sawi Hijau – Manfaat,  Kandungan Gizi,  Efek Samping

Sayuran merupakan termasuk bahan pokok yang biasanya harus ada untuk kebutuhan memasak  di dapur, terutama ibu rumah tangga. Dikarenakan karena sayuran juga rasanya yang enak dan sangat baik untuk kesehatan, sayuran sendiri sangat mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional maupun swalayan, sayuran sering kita temukan atau dikonsumsi  lebih seperti sayuran jenis kangkung, bayam, maupun sayuran lainnya.

Sawi Hijau merupakan salah satu tumbuhan yang juga sering kita konsumsi, sayuran sawi hijau juga masih satu keluarga atau satu jenis dengan sayuran cruciferous. Jenis sayuran yang masih meliputi kale, bok, choy lobak,kubis, brokoli,rutabaga.

Sawi hijau merupakan jenis sayuran yang mudah diolah untuk dijadikan berbagai macam masakan, seperti dimasak tumisan, sayur berkuah dan asinan. Sayuran sawi hijau juga memiliki jenis warna selain warna hijau, ada juga sawi yang memiki warna putih kehijauan dan warna hijau gelap.

Tanaman sawi hijau memiliki nama lain seperti nama sawi bakso dikarenakan sering juga untuk melengkapi penyajian makanan bakso,  meskipun begitu walaupun sering disajikan tanaman sawi hijau juga sangat banyak memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Untuk lebih jelasnya mengenai manfaat tanaman sawi hijau penulis akan coba berbagi tenatang tanaman sawi hijau ini.

Baca Juga Artikel Lainnya : Tanaman Adenium – Cara Menanam di Pot, Sifat, Manfaat, Harga

Manfaat Tanaman Sawi Hijau

Tanaman sayuran sawi hijau, mungkin dari kebayakan orang masih ada yang belum tahu bahwa tanaman sawi hijau mempunyai manfaat yang baik buat tubuh kita. Karena tanaman sawi hijau memiliki banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh manusia.

READ  Cara Mencangkok Tanaman – Singkat Cepat

1.Detoksifikasi Tubuh

Tanaman sawi hijau yang pertama memiliki manfaat untuk mengeluarkan racun dalam tubuh. Pada saat beraktivitas kebayakan dari kita banyak yang tidak bisa mengontrol apa saja yang masuk ke dalam tubuh kita. Tanpa disadari banyak berbagai zat berbahaya, yang masuk secara langsung kedalam tubuh kita.

Tanaman sawi meskipun tidak secara langsung dengan jumlah banyak mengeluarkan racun didalam tubuh, tanaman sawi hijau mamapu menetralisis racun yang ada dalam tubuh kita. Dikarenakan sawi hijau memiliki serat yang cukup tinggi serta kandungan klorofil  yang bagus untuk melindungi dan membantu menghilangkan racun-racun yang berada didalam system  pencernaan tubuh.

2.Antioksidan

Tanaman sawi hijau yang kedua mempunyai  sumber antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Tanaman sawi hijau memiliki kandungan vitamin A dan Vitamin C yang sangat tinggi dan ditambah dengan senyawa lainnya, akan membuata tanaman sawi hijau menjadi sayuran yang sangat bagus untuk menangkal radikal bebas dan mampu melindungi terjadinya kerusakan di sel tubuh manausia.

3.Mencegah Kanker

Tanaman sawi hijau yang ketiga memiliki manfaat dapat mencegah betumbuhnya sel kanker didalam tubuh manusia, hal itu dikaranakan tanaman sawi hijau memiliki kandungan vitamin, mineral dan antioksidan yanga sangat baik bagi tubuh kita.

Selain itu ada beberapa sayuran yang juga memiliki aroma yang sangat tajam seperti sayuran lobak dan sayuran sawi hijau yang memiliki kandungan komponen  glucosinolate yang memiliki manfaat yang baik salah satunya untuk mencegah pertumbuhan sel kanker didalam tumbuh manusia.

4.Mengontrol Kadar Kolestrol

Tanaman sawi hijau yang keempat memiliki manfaat untuk mengontrol kadar kolestrol yang ada didalam  darah. Ada beberapa penyebab meningkatakan kadar kolestrol disebabkan dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari.

READ  Alat Pertanian – Nama nama, harga, gambar

Maka dari itu sebaiknya sangat penting memperhatikan apa yang kita makan atau kita konsumsi. Sebaiknya makanlah makanan yang mengandung kandungan antioksidan sperti tanaman sawi hijau yang baik untuk mengontrol kolestrol didalam tubuh kita.

5.Baik Untuk Ibu Yang Sedang Mengandung/ Hamil

Tanaman sawi yang kelima memiliki manfaat yang baik untuk ibu yang sedang mengandung/hamil. Tanaman sawi hijau merupakan tanaman yang bagus untuk menanmbah asupan folat yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil, asam folat itu sendiri sangat berperan penting untuk untuk menunjang pertumbuhan  dan perkembangan calon bayi, dikarenakan sangat berpengaruh pada pembentukan sel dan DNA.

Kandungan Gizi Sawi Hijau

Tanaman sawi hijau jika dikonsumsi juga memilki kandungan yang sangat baik bagi kesehatan tubuh kita. Tanaman sawi hijau memiliki kandungan energy sebesar 20 kilokalori, protein 1,7 gram, fosfor 40 miligram, zat besi 1,9 miligram, lemak 0,4 gramkalsium 123 miligram kalsium 123 miligram,  karbohidrat 3,4 gram.  Selain itu di dalam Sawi Hijau juga memiliki kandungan vitamin A sebanyak 0 IU, serta vitamin B1 0,04 miligram dan vitamin C 3 miligram yang baik bagi kesehatan tubuh manusia.

Tanaman sawi hijau juga mempunyai kandungan gizi yang kaya akan vitamin A,Vitamin B, Vitamin C, Vitamin E dan Vitamin K. Serta tanaman sawi juga mengandung protein, karbohidrat, dan lemak yang baik untuk kesehatan tubuh.

Sumber Informasi Gizi diadapat dari : Berbagai publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta beberapa sumber lainnya.

Efek Samping Tanaman Sawi

Sayuran sawi selain memilki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh, ada juga efek samping yang dapat menyebabakan hal yang tidak baik bagi tubuh kita. Tanaman sawi hijau berisi goitrogens yang dapat menyebabkan pembengkakan pada kelenjar tiroid. Oleh karena itu, jangan terlalu sering mengkonsumsi makanan sayur mentah dan  harus dihindari bagi yang mempunyai  masalah disfungsi tiroid. Namun, tanaman sawi hijau dapat dikonsumsi  secara bebas bagi orang yang tidak menderita disfungsi teroid sehat.

READ  Cara Budidaya Ikan Gurame – Di Kolam Terpal Agar Cepat Besar

Selain itu tanaman sawi juga harus dikonsumsi dengan hati-hati bagi orang-orang yang menderita sakit batu ginjal oksalat. Dalam 100 g sawi hijau mentah dapat menyediakan lebih kurang dari 500 mg vitamin K, diatas nilai harian yang biasa direkomendasikan. Oleh karena itu, tanaman sawi hijau, sebaiknya dikonsumsi secara tidak terlalau berlebihan pada orang yang memakai antikoagulan seperti warfarin.

Tanaman sawi hijau disarankan dikonsumsi secara wajar saja agar dapat memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh , sedangkan jika tanaman sawi hijau dikonsumsi secara berlebihan akan dapat menimbulkan penyakit atau efek samping bagi kesehatan tubuh kita.

Demikian sedikit informasi ulasan  tanaman sawi hijau dan manfaat sawi hijau bagi kesehatan tubuh kita  semogah bermanfaat . terima kasih

 Baca Juga Artikel Lainnya :