Pohon Sengon – Cara Tanam, Pemeliharaan, Panen, Harga

Posted on

Pohon Sengon – Cara Tanam, Pemeliharaan, Panen, Harga

Pohon Sengon

Pohon sengon merupakan salah satu jenis tanaman yang sering dimanfaatkan  untuk keperluan pembuatan berbagai macam furniture, tanaman sengon juga sering juga disebut juga  dengan nama albazia adalah jenis tanaman kayu yang masih termasuk kegolongan tanaman Fabaceae.

Tanaman sengon juga sering dibudidayakan dikarenakan tanaman pohon sengon yang memiliki banyak manfaat  dan memiliki nilai jual yang tinggi. Tanaman pohon sengon sendiri merupakan jenis tanaman yang cukup ringan tapi mempunyai kepadatan sehingga tidak heran banyak orang yang sering menggunakan kayu jenis ini sebagai tanaman peneduh dan penghasil kayu yang bagus.

Tanaman pohon sengon bisa tumbuh sehat dengan ketinggian lebih kurang mencapai 30 samapai dengan 45 meter, dengan ukuran diameter lebih kurang sebesar 70 samapai dengan 80 cm. Tanaman sengon dapat diolah menjadi beberapa furniture atau perabotan rumah tangga. Tanaman pohon sengon bisa diolah untuk bahan pembuatan kertas. Jadi bisa dikatakan pembudidayaan pohon sengon mempunyai prospek yang sangat tinggi karena setiap melakukan panen bisa menghasilkan penjualan yang sangat tinggi.

Untuk kesempatan kali ini penulis akan coba mengulas bagaimana cara melakukan penanaman atau pembudidayaan pohon sengon .

Cara Tanam Pohon Sengon

1.Persiapan Bibit Pohon Sengon

Pemilihan bibit  pohon sengon, hal pertama sebelum melakukan pembudidayaan pohon sengon, pohon sengon sangat memerlukan ketelatenana dan ketelitian  serta kesabara. Dalam pembudidayaan pohon sengon bibit yang dibutuhkan dengan menggunakan bibit biji. Untuk mengenali bibit biji sengon yang baik adalah dengan cara memperhatikan dengan jelas dari mana lokasi  atau tempat yang berbeda-beda  bibit pohon sengon berasal atau bisa juga dengan membeli bibit pohon sengon yang sudah bersertifikat.

READ  Jamur Tiram – Cara Budidaya,Jenis, Keuntungan, Kerugian, Gambar

Dalam pemilihan bibit pohon sengon kita bisa juga dengan cara melihat atau mengenali cirri-ciri jenis pohon sengon terlebih dahulu. Ciri-ciri bibit pohon sengon yang bagus memiliki cirri-ciri sebagai berikut :

  1. Memiliki cirri batang yang sangat kuat.
  2. Bibit pohon sengon yang tegak lurus.
  3. Warna daun pohon sengon hijau dan segar.
  4. Memiliki akar yang sangat kuat .

Buka Juga Artikel Lainnya : Budidaya Tanaman Cengkeh –  Cara Menanam, Cara Perawatan, Panen

2.Persiapan Lahan

Sebelum melakukan proses penanaman pohon sengon, sebaiknya mempersiapakan tempat atau lahan yang akan dijadikan tempat penanaman pohon sengon terlebih dahulu. Setelah sudah menentukan lahan yang tepat, kemudian bersihakan lahan tempat penanaman pohon sengon yang dapat memperhamabat pertumbuhan pohon sengon seperti rumpu-rumput, atau ganguan hama dan lain sebagainya. Setelah itu lakukan proses penggemburan pada tanah atau lahan yang akan dijadikan tempat penanaman, dengan menggunakan pembajakan atau menggunakan alat cangkul. Hal ini sangat perlu dilakukan agar struktur tanah menjadi lebih baik.

Yang perlu diperhatikan juga saat menetukan lokasi lahan penanaman pohon sengon sebaiknya menggunakan lokasi tanam darat yang mempunyai sumber mata air yang mudah terjangkau. Serta tanah memiliki tingkat kesuburan yang baik terbebas dari tanah liat yang bisa menggangu pertumbuhan pohon sengon.

3.Proses Penanaman Pohon Sengon

Penanaman pohon sengon,langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuat lubang tanam. Pembuatan lubang tanam untuk tanaman sengon cukup pentinng petani perhatikan sebelum melakukan proses penanaman,buatlah lubang tanamn dengan ukuran lubang dengan kedalaman mencpai 3 samapai dengan 4 meter. Antar tanaman. Setelah selesai membuata luabang tanam selanjutnya isilah lubang tanam dengan pupuk dasar.

Setelah proses selesai, selanjutnya tinggal melanjutkan proses penanaman bibit pohon sengot, masukan bibit pohon sengon yang ada pada polybag (jika bibit menggunakan media tanam polybag). Pastikan polybag disobek terlebih dahulu, kemudian masukan kedalam lubang tanam yang sudah diberi pupuk dasar sebelumnya.

READ  Budidaya Kacang Hijau – Di Sawah, Di Polybag

Pemeliharaan Pohon Sengon

Dalam proses pertumbuhan bibit pohon sengon, sangatlah penting melakukan proses perawatan pada tanaman pohon sengon. Hal tersebut agar pertumbuhan serta perkebangan pohon sengon dapat berjalan dengan baik. Beberapa perawatan yang harus dilakukan oleh petani, adalah dengan melakukan penyulaman. Yang dimaksud dengan penyulaman adalah proses penggantian bibit tanaman sengon apablah terdapat bibit tanaman yang mati atau tidak berkembang dapat digantikan dengan bibit tanaman pohon sengon yang baru dan sehat.

Kemudian lakukanlah penyiangan yang dimaksud dengan proses penyiangan adalah membersihakan tanaman – tanaman yang tumbuh disekitar bibit pohon sengon agar tidak mengganggu proses pertumbuhan pohon sengon.

Proses penggemburan tanah hal ini sangat perlu dilakukan agar struktur tanah yang ditanam bibit pohin sengon kembali baik. Proses terakhir proses penjarangan yaitu melakukan penebangan pohon sengon untuk menambah

Panen Pohon Sengon

Pohon sengon baru bisa dipanen ketika memasuki usia lebih kurang5 sampai deng 7 tahun, dikarenakan ketika memasuki usia 7 tahun pohon sengon sudah bisa digunakan untuk menjadi alat pertukangan serta sudah bisa diolah menjadi kertas.

Pada saat melakukan panen atau penebangan pohon sengon dalapat dilakukan dengan menggunakan 3 tehnik yaiutu tehnik arah rebah, tehnik takik balik mau tehnik takik rebah.

Harga Jual Pohon sengon

Pohon Sengon
Pohon Sengon

Harga jual tanaman pohon sengon dari waktu ke waktu cukup mengalami peningkatan yang cukup signifkan, mengingat banyaknya permintaan dari perusahaan – perusahaan terhadap kebutuhan kayu pohon sengon.

Untuk harga perpohon sangat bervariasi tergantung daerah masing-masing maupun dapat dilihat dari diameter besarnya pohon sengon maka harga jual akan lbih mahal. Harga jual pohon sengon yang berumur sekitar 5 tahun bisa dihargai berkisar 1 jutaan.

Sedangkan untuk harga pohon sengon pada tahun 2016 dapat di bedakan berdasarkan ukuran diameter dan panjang kayu sengon. Untuk pohon sengon yang mempunyai diameter 20-24 cm, dengan panjang 100 cm dihargai berkisar Rp. 800.000,-. Sedangkan pohon sengon yang berdiameter 30-39 cm dan panjang 200 cm dihargai lebih kurang  Rp.910.000,- ribu. Sedangkan pohon sengon yang mempunyai diameter 50-59 cm dan panjang 300 cm bisa dihargai bisa mencapai Rp. 1.000.000.

READ  Budidaya Ikan Lele – Tips Agar Cepat Panen

Untuk harga pohon sengon yang dijual per log mempunyai harga yang cukup berbeda. Jika pohon sengon memiliki panjang log sekitar 105 cm dengan diameter 25 cm ke atas pohon sengon bisa dijual dengan harga Rp.1.000.000,-. Sedangkan jika pohon sengon memiliki  panjang log sekitar 205 cm dan berdiameter 25-29 cm dihargai berkisar Rp1,100,000. Pohon sengon yang mempunyai diameter 30-39 cm harganya berkisar Rp1,200,000. Selanjunya pohon sengon yang mempunyai diameter  40-49 cm harganya berkisar Rp1,300,000.  Sedangkan Untuk pohon sengon yang mempunyai  diameter 50 cm ke atas b isa dijual dengan harga  Rp1,400,000.

Harga pohon sengon itu sendiri, diprediksi akan terus mengalami kenaikan dikarenakan bayanknya permintaan kayu pohon sengon yang terus bertambah sementara lahan untuk penanaman pohon sengon mengalami penyusutan. Di karenakan banyak lahan yang di alih fungsikan menjadi pemukiman atau menjadi lahan produktif lainnya.

Demikian sedikit ulasan tentang cara tanam pohon sengon dan cara pemeliharaanya dan harga jual pohon sengon semogah artikel ini bermanfaat untuk kita semua. Terima Kasig dan Selamat Mencoba !!!!!

Buka Juga Artikel Lainnya :