Pohon Bidara – Cara Menanam, Dari Biji, Cara Pemeliharaan, Panen, Manfaat, Gambar

Posted on

Pohon Bidara – Cara Menanam, Dari Biji, Cara Pemeliharaan, Panen, Manfaat, Gambar

Pohon Bidara
Pohon Bidara

Pohon bidara mempunyai bentuk semak atau pohon kecil, biasanya ditekuk hingga ketinggian 15 m dan batang hingga 40 cm, memiliki daun hijau mengkilap dan kulit abu-abu muda. Buah berbentuk oval berbentuk lonjong hijau dan menjadi cokelat gelap dari waktu ke waktu. Dagingnya buahnya berwarna putih, dengan rasa agak asam hingga manis, menepung pada buah yang matang penuh. Biji terlindungi dalam tempurung dengan alur tidak teratur yang berisi 1-2 init biji yang berwarna coklat berbentuk lonjong.

Pohon Bidara adalah tanaman yang bandel. Pohon yang disebutkan dalam Al Qur’an dapat hidup di lingkungan dengan suhu panas dan kering. Karena pohon ini asalnya dari Timur Tengah, yang memiliki cuaca panas.

Pohon bidara mulai ditanam di Indonesia karena masyarakat mulai melihat manfaatnya bagi kesehatan mereka. Selain kesehatan, masyarakat sudah mulai memahami Sunnah melalui penggunaan daun Bidara.

Di antara sunnah adalah untuk pengobatan Ruqyah Syar’iyyah, memandikan jenazah, mandi ketika bersuciketeika selesai haid dan lain sebagainya.

Syarat Tumbuh Pohon Bidara

Pohon Bidara dapat tumbuh di daerah dengan ketinggian hingga 1000 meter di atas permukaan laut, memiliki curah hujan hanya 300-400 mm per tahun dengan suhu maksimum 37-48 ° C dan suhu minimum untuk tumbuh pohon bidara adalah 7-13 ° C, tetapi pohon Bidara masih tahan terhadap embun beku yang ringan.

Persiapan Menanam Pohon Bidara

Untuk memperbanyak pohon Bidara, ada berbagai cara yang bisa digunakann, termasuk melalui mencangkok  dan pembibitan melalui semai dari biji.

Bibit transplantasi atau cangkok cenderung menghasilkan hasil yang sangat cepat, karena mereka berasal dari bibit pohon dewasa. Sebaliknya, butuh bertahun-tahun dari biji untuk menghasilkan buah. Tapi jangan khawatir, karena yang digunakan daun bidaranya  dan bukan buah Bidara yang digunakan.

Yang benar-benar perlu diperhatikan adalah memastikan bahwa benih yang Anda tabur adalah benih pohon Bidara Arab, bukan yang lain. Karena ada tanaman di pasaran yang sangat mirip dengan pohon Bidara dalam hal bentuk daun, sehingga batang memiliki duri yang sama.

READ  Ikan Koi – Cara Budidaya,Pemeliharaan, Pakan,  Jenis, Gambar

Pedoman Budidaya Pohon Bidara

Perbanyakan bibit Bidara dapat dilakukan dengan biji atau zat vegetatif seperti penempelan atau penyambungan. Benih bidara harus ditaburkan terlebih dahulu. Jarak yang bisa digunakan untuk menanam pohon Bidara adalah sekitar 5 hingga 9 meter.

Cara Menanam Pohon Bidara Dari Biji

 

Pohon Bidara
Pohon Bidara

Persiapan Penyemaian

1.Siapkan biji Bidara dan keringkan di bawah sinar matahari selama sekitar 4-5 jam
2.Setelah biji mengering, gunakan lesung batu atau alat bantu lainnya untuk memecah cangkang secara perlahan dan hati-hati agar biji tidak pecah. Penanaman tanpa pecah biji benih juga bisa dilakukan, tetapi membutuhkan waktu lebih lama untuk tumbuh.
3.Rendam benih yang telah terurai semalam untuk membuat proses pengecambahan lebih cepat
4.Untuk merendam benih, siapkan air bersih dan bawang merah sebagai ZPT atau zat atau perangsang pertumbuhan. Kemudian hancurkan bawang merah sampai halus dan larutkan dalam air
5.Tiriskan biji bidara setelah satu malam direndam

Tahap Penyemaian

1.Siapkan alat dan bahan, sperti nampan, sapu tangan, plastik gelap
2.Buat alas baki atau nampan dengan menggunakan 3 lembar tisu, dan kemudian semprotkan dengan penyemprot air sampai basah
3.Tempatkan satu persatu biji pohon bidara diatas tisu dan kemudian siram biji dengan air menggunakan sprayer
4.Tutup rapat persemaian dengan menggunakan plastik gelap dengan kencang
5.Setelah 2-3 hari, pembibitan dapat dibuka dan biasanya akar tumbuh dan bijinya dapat ditransplantasikan atau ditanam  ke polybag

Baca Juga Artikel Lainnya :

Tahap Pindah Tanam

 

Pohon Bidara
Pohon Bidara

1.Siapkan media tanam dalam berupa campuran tanah humus, sekam padi dan pupuk kandang dan kemudian masukkan ke dalam polybag

2.Taruh beberapa abu sekam di atas media tanaman dalam polybag dan kemudian siram media tersebut

3.Buat lubang tanam dalam polybag yang terbuat dari kayu seukuran jari sedalam 2-3 cm

4.Tanam benih yang telah tumbuh akar ke bawah dan cobalah untuk membuat bagian atas biji masih sedikit terlihat, kemudian bilas lagi

READ  Cara Menanam Kentang – Di Polybag, Di Kebun

5.Jika penanaman ditanam di lahan terbuka, berikanlah naungan untuk mengurangi intensitas sinar matahari pada bibit. Namun, buka setiap pagi antara jam 7 pagi dan 10 pagi untuk memberikan bibit yang baru dengan sinar matahari di pagi hari untuk menghindari etiolasi bibit pohon bidara. sehingga batang lebih kokoh dan tidak mudah rebah  ( Yang dimaksud Etiolasi adalah pertumbuhan tanaman yang sangat cepat di tempat gelap namun kondisi tumbuhan sangat lemah, batang tidak kokoh, daun kecil dan tumbuhan tampak pucat. Gejala etiolasi ini terjadi karena tidak terkena langsung cahaya matahari ).

6.Setelah 6-7 hari, benih biasanya tumbuh dan mengeluarkan 2 daun muda.

Pemeliharaan Pohon Bidara

Pohon Bidara yang baru ditanam terikat pada sebuah tiang. Lakukan juga pemangkasan atau pemotongan untuk membuat 4 atau 5 cabang penyangga dalam kondisi baik. Pohon dengan asal klon dapat berbuah pada tahun kedua dan menghasilkan cukup buah pada tahun keempat. Pohon itu terutama mengeluarkan bunga dari pucuk baru dan harus dipangkas untuk memastikan bahwa pucuk ini cukup subur untuk menghasilkan buah berkualitas tinggi. Pemangkasa dilakukan sebaiknya  setelah panen .

Berikan pupuk kandang  setelah pertumbuhan vegetatif berlangsung dan pupuk nitrogen diberikan pada saat pembentukan buah sebagai pupuk tambahan. Tanaman yang menghasilkan buah mungkin tidak boleh kekurangan air dan perlu diketahua  untuk meskipun pohon bidara berakar dalam sekali , mereka harus dibersihkan secara teratur dari gulma, agar tanaman pohon bidara bersih dari gangguan tanaman lain danbuat pengairan secara teratur.

Panen  Pohon Bidara

 

Pohon Bidara
Pohon Bidara

Panen Buah Bidara tidak dapat matang pada saat yang sama, sehingga harus dipanen setidaknya empat kali untuk menyelesaikan panen. Buah-buahan, yang masih diambil mentah, berbau tidak enak jika tidak matang dengan benar, dan buah-buahan yang terlalu matang kehilangan daya tarik warnanya dan tekstur akan keriput.

Manfaat Tanaman Pohon Bidara

 

Pohon Bidara
Pohon Bidara

1.Baik Untuk Lambung

Daun pohon bidara sangat bagus untuk lambung, terutama bagi sesorang yang memiliki riwayat penyakit maag. Daun pohon bidara akan meredakan berbagai macam penyakit yang ada didalam lambung karena tidak berdampak negative terhadap asam lambung.

READ  Karet – Pengertian Tanaman, Ciri- Ciri, Kegunaan, Cara Budidaya, Manfaat

2.Mengobati Jerawat

Daun pohon bidara dapat digunkan untuk membersihkan dan menjaga kesehatan kulit,
beberapa masalah kulit biasanya banyak dialami oleh kaum remaja. Kebanyakan para remaja mengalami keluhan pada kulit wajah sering tumbuhnya jerawat dan itu sangat menggangu.

Daun pohon  bidara memiliki manfaat untuk mеngаtаsi mаsаlаh jеrаwаt, cаrаnyа dengan cukuр mudаh. Реrtаmа, kalian аmbil bеbеrара lеmbаr daun bidara, kеmudiаn tumbuk sаmраi daun hаlus. Kemudian tаmbаhkаn sеdikit аir dаn cаmрur sаmраi аgаk kеntаl. Lаlu, setelah selesai оlеskаn раdа wаjаh yаng bеrjеrаwаt, sереrti mеnggunаkаn mаskеr wаjаh biаsа.

3.Menyehatkan Mulut

Mulut, yang tidak sehat biasanya ditandai dengan timbulnya sariawan dan bibi terlihat  pecah-pecah. Untuk mengatasinya, Anda dapat memanfaatkan daun Bidara. Daun pohon bidara mampu menjaga kesehatan mulut dari berbagai infeksi yang dialami mulut.

4.Mengatasi Menstruasi, Yang Tidak Lancar

Manfaat daun pohon  bidara yang tidak kalah  bagusnya untuk para wanita yаitu dараt mеncеgаh hаid yаng tidаk lаncаr. Kаndungаn sеnyаwа yang terdapat dаlаm daun ini mаmрu mеmbuаt hоrmоnе kаmu sеimbаng dаn mapu mеlаncаrkаn hаid.

5.Mengobati Keputihan Pada Wanita

Keuntungan daun pohon bidara selanjutnya  untuk wanita. yaitu untuk mеncеgаh terjadinya kерutihаn. Daun pohon bidara ini аkаn mеnghilаngkаn jаmur yаng аdа di dаlаm miss V. Jаmur аdаlаh реnyеbаb utаmа dаri munculnyа kерutihаn dаn dараt mеnggаnggu kesehatan tubuh.

Demikian artikel pembahasan tentang  cara menanam pohon bidara  dan informasi mengenai berbagai manfaat bagi kesehatan  dari pohon bidara, semogah artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan  dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Terima Kasih Selamat Mencoba !!!!

Baca Juga Artikel Lainnya :