Pohon Apel – Malang, Umur, Daun, Berbuah

Posted on

Pohon Apel Malang, Umur, Daun, Berbuah

Pohon Apel – Buah yang satu ini selain kaya dengan vitamin C, juga banyak mengandung serat dan berbagai macam antioksidan. Buat para gadis yang sedang menjalankan diet, buah apel ini sangat cocok untuk masuk ke dalam menu diet kalian.

Satu buah apel ini bisa mengandung sampai 95 kalori, walaupun tinggi kalori apel bebas dari lemak, natrium dan kolesterol. Mantap jiwa gak tuh ?

Buah Apel Malang

Buat yang sering beli apel kira-kira tau gak penghasil apel terbesar dan jenis apel paling terkenal di Indonesia ? Buat yang jawab Malang, yups kalian benar sekali. Apel malang adalah salah satu jenis kultivar apel lokal yang banyak beredar di seluruh pasar di Indonesia.

Ciri apel ini yaitu kulitnya yang berwarna hijau, terasa sedikit asam manis, dan sedikit mengandung air. Walaupun ukurannya tidak sebesar apel impor, rasanya yang khas membuat buah ini tetap memiliki tempat di hati para pecinta apel.

Ada sedikit rahasia nih, kalian tau gak kalau buah yang berwarna hijau itu memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi daripada buah yang memiliki kulit berwarna merah. Setelah tau rahasia ini mimin yakin deh kalian langsung antri buat beli apel malang dan gak lagi beli apel impor.

Apalagi para gadis muda yang pengen punya kulit mulus penting banget untuk konsumsi buah-buahan yang kaya dengan antioksidan.

Sudah cukup ya bahas tentang khasiat buah apel. Sekarang kita bahas tentang tanamannya.

READ  Kelapa Sawit - Sejarah, Budidaya, Manfaat, Syarat Pertumbuhan

Umur Buah Apel Malang

Apel adalah satu jenis tanaman yang hanya cocok tumbuh di tempat yang dingin. Jadi jangan tanya kenapa gak ada pohon apel di jakarta yah. Pohon apel juga menghendaki bulan hujan yang panjang (6-7 bulan) dan bulan kering yang cukup (3-4 bulan).

Buah apel bisa dipanen pada umur 120-141 hari setelah tanaman berbunga. Perlu diperhatikan bahwa terkadang tanaman berbunga lebih cepat dibandingkan seharusnya, bunga yang tumbuh ini disebut bunga pertama. Bunga pertama ini wajib dibuang untuk membuat pertumbuhan pohon maksimal sehingga hasil buah menjadi maksimal.

Daun Bual Apel Malang

Daun pada pohon apel memiliki ciri khusus seperti daun pada tanaman lainnya. Daun pada tanaman apel biasanya memiliki bentuk oval atau bulat memanjang dengan bagian ujung lancip namun bagian pangkal tumpul.

Daun apel memiliki tulang daun yang menyirip berbentuk seperti susunan tulang ikan. Warna daun pohon apel biasanya hijau muda atau hijau tua tergantung umur dan kultivar apel. Apabila daun pada pohon apel terlalu rimbun, bisa dilakukan pemangkasan secukupnya dan daun tersebut dapat dimanfaatkan menjadi pupuk.

Secara umum daun merupakan bagian penting tanaman. daun berfungsi sebagai tempat proses fotosintesis berlangsung. Dari proses ini nantinya akan dihasilkan berbagai macam senyawa yang dibutuhkan untuk kelangsungan hidup tanaman. kesehatan daun penting untuk dijaga terutama dari serangan berbagai hama dan pathogen.

Buah Apel Malang Yang Sudah Bisa Dipanen

Buah apel yang sudah berbuah tidak dapat langsung dipanen. Buah yang dipanen harus sudah mencapai umur yang optimum di mana ketika buah dipanen memiliki jeda waktu sampai matang fisologis. Hal ini dilakukan karena buah apel salah satu jenis buah klikmakterik yaitu buah yang akan tetap melakukan proses pematangan walaupun sudah dipanen.

READ  Jambu Kristal – Cara Budidaya Di Pot, Perawatan, Panen

Ciri-ciri buah apel yang bisa dipanen biasanya buah masih berwarna hijau atau kuning sedikit kemerahan, dan memiliki tekstur yang masih renyah saat ditekan. Tujuan dari panen awal ini adalah megupayakan buah apel mencapai kematangan yang tepat saat sampai di tangan konsumen. Selain itu untuk menjaga kualitas buah, biasanya buah dilapisi dengan wax yang terbuat dari madu sehingga warna dan rasa buah terjaga dan tetap aman saat dikonsumsi.

Gimana sudah puas ya bahas apelnya. Cukup sekian artikel kali ini, dan jangan lupa konsumsi apel setiap hari. One apple a day make a doctor away, see you next time.

Artikel Lainnya :