Pisang raja – Jenis , Ciri, Manfaat

5 min read

pisang Raja

Pisang raja – Jenis , Ciri, Manfaat

Pisang Raja
Pisang Raja

Saat ini, Negara Indonesia adalah salah satu negara dengan produksi pisang terbesar di Asia, dengan produksi yang dapat mencapai 6 juta ton per tahun atau memenuhi lebih dari 50% dari kebutuhan pisang di wilayah Asia. Sentra penghasil pisang terletak di berbagai daerah seperti Sumatra, Jawa dan Bali.

Memang, Indonesia banyak memiliki varietas pisang paling banyak dibandingkan dengan produsen lain. belasan varietas pisang ditanam di Indonesia, mulai dari pisang kapas, pisang lemon, pisang kepok, pisang uli, pisang ambon, pisang merah-coklat, pisang kaviar, pisang barangan, pisang, pisang genderuwo, pisang tongkat dan masih banyak lagi.

Pisang raja adalah jenis pisang yang aromanya harum dengan tekstur buah yang halus dan rasanya yang manis dan ukurannya tidak terlalu besar atau terlalu kecil. Pohon pisang Raja banyak ditanam di negara-negara Asia Tenggara. Dan ada banyak pisang raja seperti itu.

Terkadang banyak jenis pisang yang ada di pasaran,dan membuat pembeli awam bingung dengan pisang dengan buah dengan tekstur halus ini, terutama Indonesia sendiri memiliki sejumlah bahasa, yang tentu saja menyebutkan beberapa jenis pisang berbeda, yang membuatnya sulit untuk dibedakan. Misalnya, jenis pisang raja, pisang raja itu sendiri, ada berbagai jenis yang ukuran, bentuk, warna dan rasanya hampir sama.

Untuk alasan ini penulis akan  coba berbagi informasi jenis pisang dan manfaatnya dengan semua teman dengan ulasan sederhana dan mudah dipahami ini. Jelas bahwa pisang raja ini memang salah satu varietas pisang yang populer di Indonesia. Ini karena kandungan dan keunggulan pisang raja itu sendiri, selain pisang raja, adalah jenis pisang yang bisa berupa pisang meja dan juga pisang olahan.

Pisang raja sendiri adalah yang paling populer, ada 6 varietas dan berikut ini kita akan secara bertahap menentukan jenis pisang raja.

Jenis-Jenis pisang raja

Pisang Raja Bulu

 

Pisang Raja Bulu
Pisang Raja Bulu

Pisang Raja Bulu adalah pisang dengan mempunyai kulit tebal, warna kulit ketika matang atau masak, akan berubah menjadi kuning dengan bintik-bintik coklat. Selain itu, karakteristik relatif besar, tetapi tidak sebesar pisang jenis tanduk.

Ketika masih dalam keadaan tandan, pisang raja bulu umumnya memiliki sekitar 90 buah, berat bervariasi dari 12 sampai 16 kg. Dan biasanya ada 6 hingga 8 punggung sisir

Sementara itu, jika Anda melihatnya dalam keadaan sudah dalam bentuk sisir (jawa cengkeh), biasanya ada 14-16 bulu Raja Raja.

Sekarang setiap pisang Raja Bulu panjangnya sekitar 12 sampai 18 cm dan memiliki diameter sekitar 3,2 cm.

Selain kulitnya yang tebal, Anda juga bisa mengenali pisang raja bulu dengan bentuk melengkung, sedangkan buahnya agak bulat.

READ  Tanaman Padi – Cara Budidaya, Manfaat, Umur, Ciri Ciri

Saat Anda membuka kulit pisang raja bulu, buahnya dikenali dengan warna kuning kemerahan dengan bau yang kuat. Ketika seorang teman mulai menggigit, rasa pisang raja terasa manis dan legit dengan tekstur lembut dan tidak ada biji di pisang raja bulu.

Pisang Raja Sereh

 

Pisang Raja Sereh
Pisang Raja Sereh

Jenis pisang raja lainnya adalah Raja Sereh, berikut ini adalah jenis pisang raja yang memiliki karakteristik yang harus diketahui teman-teman sehingga tidak keliru dengan pisang raja lainnya.

Kulit pisang raja serai tidak seperti kulit pisang Raja Bulu yang tebal, tetapi kulit pisang serai Raja tipis. Dan warna kulit pisang dari Raja sereh berwarna kuning kecoklatan, tetapi ketika matang atau masak, itu menunjukkan bintik-bintik coklat gelap.

Karena ukuran buahnya tidak sebesar pisang raja bulu , pisang raja serai ini panjangnya hanya 10 sampai 15 cm dengan diameter buah 3 sampai 4 cm. Sekitar 5 hingga 6 sisir per sikat.

Tidak seperti pisang raja bulu, yang rasanya manis dan legit,pisang raja sereh  ini memiliki rasa agak asam, sedangkan warna pisang raja sereh  putih dan lembut, tetapi aromanya tidak terasa tajam.

.
Pisang Raja Uli

 

Pisang Raja Uli
Pisang Raja Uli

Jenis lain dari pisang Raja yang perlu Anda ketahui adalah pisang Raja Uli. Pisang raja uli sangat baik dimakan setelah pisang diproses, digoreng dan dimasak.

Karakteristik pisang raja uli ini memiliki bentuk buah bulat dan memanjang, ujungnya meruncing dan berwarna hijau. Di kulit buahnya raja pisang uli, berwarna kuning kemerahan.

Dagingnya berwarna kuning kemerahan dengan aroma yang harum dan memiliki rasa yang manis.

Panjang pisang Raja Uli berkisar antara 15 hingga 18 cm, sedangkan buahnya berbobot dari 75 hingga 100 gram.

Setiap pisang Raja Uli berisi sekitar 100 hingga 160 buah, masing-masing kelompok mengandung sekitar 5 hingga 8 sisir.

Artikel Kami Lainnya :

Pisang Raja Nangka

 

Pisang Raja Nangka
Pisang Raja Nangka

Jenis pisang raja lainnya adalah raja pisang nangka, sekarang untuk teman-teman yang ingin menyiapkan makanan ringan dengan keripik pisang, pisang raja nangka adalah jenis pisang yang dapat dibuat untuk keripik pisang.

Keripik pisang Raja Nagka juga bagus untuk membuat pisang goreng. Karena itu pisang, termasuk pisang olahan. Ciri-ciri fajar Nangka ini akan sedikit masam setelah digoreng.

Ciri-ciri pisang raja nangka ini, mentah dan matang, akan berwarna hijau di kulit buahnya.

Secara umum, pisang raja nangka ini memilki jumlah 7 sampai 8 sisir pisang, sedangkan berat pertandan pisang raja nangka lebih dari 17 hingga 18 kg.

Pisang Raja Udang

 

Pisang Raja Udang
Pisang Raja Udang

Pisang raja udang , jenis pisang raja ini sangat mudah dikenali karena pisang jenis ini memiliki warna kulit yang berbeda dari yang lain.

READ  Sayuran Organik – Cara Menanam ,Perawatan, Jenis Jenis, Manfaat

memilki warna kulit pisang raja udang berwarna merah atau ungu. Jadi jika Anda menemukannya, belilah segera, karena kandungan dan manfaat pisang raja  udang sangat banyak, termasuk sangat bermanfaat jika mengolah makanan pisang ini untuk teman-teman dalam program diet.

Bentuk pisang raja udang besar lembut dan manis, tetapi sedikit asam. Pisang Raja Udang juga dapat langsung dikonsumsi sebagai pisang meja dan juga dapat diproses, seperti keripik pisang dan banyak lagi. Namun, ketika digunakan sebagai pisang goreng, mereka tidak sepenuhnya bagus atau kurang pas.

Selain disebut sebagai pisang raja udang , ia juga disebut sebagai pisang tembaga serta pisang merah dan pisang kidang.

Pisang Raja Lawe

 

Pisang Raja Lawe
Pisang Raja Lawe

Jenis pisang raja lainnya adalah pisang Raja Lawe, yang berukuran cukup besar karena satu pisang dapat mencapai panjang 30 cm dan ditanam secara besar-besaran di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Ciri-Ciri Pisang Raja

Masyarakat menanam banyak varietas pisang di Indonesia. Tetapi tidak semua pisang memiliki nilai komersial yang tinggi. Salah satunya adalah pisang raja. Pisang raja sangat populer karena rasa dan aroma buah

Berikut adalah beberapa cirri-ciri pisang raja

Ukuran buah relatif besar, diameter 3,2 cm dan panjang 12 hingga 18 cm

Kulit kuning tebal dengan bintik-bintik hitam pada buah matang.

Buahnya biasanya melengkung

Daging buah yang sudah matang berwarna kuning kemerahan ketika rasanya sah dan manis dengan aroma yang harum

Pisang jenis ini mulai mekar pada usia 14 bulan dari petani. Buah jatuh tempo 5,5 bulan setelah munculnya bunga

Biasanya ada 9 sisir atau sekitar 129  buah pisang

Buah sangat cocok untuk dikonsumsi sebagai buah segar atau olahan

Manfaat Pisang Raja untuk Kesehatan

Pisang raja mengandung banyak nutrisi. Nilai gizi pada pisang raja, yaitu protein, fosfor, zat besi, lemak, kalsium, vitamin A, vitamin B dan vitamin C. Konsumsi pisang dapat menyembuhkan sakit maag. Selain itu, pisang raja memiliki manfaat untuk usus besar yang sehat, membantu Anda menurunkan berat badan, makanan terpenting bagi balita, meningkatkan kekebalan tubuh dan berkontribusi bagi tubuh.

Rasa pisang raja yang manis menyebabkan banyak orang memburu pisang raja sebagai buah yang dikonsumsi sehari-hari. Pisang raja juga dapat digunakan untuk menghasilkan berbagai hidangan yang pasti lezat dan manis. Pisang raja biasanya dapat dijadikan atau diolah sebagai pisang keju coklat, kue Nagasari, pisang bola atau kue pisang.

Bermanfaat untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Seperti yang kita katakan, awal dari vitamin A, C dan B6 dapat digunakan untuk merangsang sistem kekebalan tubuh sehingga dapat melawan semua jenis infeksi virus dan bakteri yang masuk atau ada dalam tubuh kita.

Cukup makan satu buah sehari, cukup lindungi tubuh kita dari virus berbahaya.

READ  Kelinci Anggora : Ciri Ciri, Harga, Gambar

Bermanfaat Sebagai Sumber Energi

Setiap pisang memiliki setidaknya 32 gram karbohidrat. Kandungan karbohidrat sangat bermanfaat dalam meningkatkan energi. Terutama jika kita makan pisang sambil melakukan aktivitas fisik yang berat.

Misalnya, olahraga adalah cara terbaik untuk memulihkan energi, makan satu pisang raja dan minum air mineral. Jadi kamu tidak harus minum minuman manis.
Contoh lain saat sarapan dimana umumnya sangat sulit makan di pagi hari. Kemudian cobalah makanan ringan.

Bermanfaat Memperkuat Tulang

Dalam satu pisang mengandung zat prebiotik. Zat ini juga bisa disebut fructooligosaccharide, yang memastikan penyerapan nutrisi untuk memudahkan. Ini berarti bahwa setiap pisang yang kita makan membantu tubuh menyerap kalsium. Untuk menguatkan tulang di dalam tubuh.

Pisang raja memiliki kalium selain zat prebiotik. Zat ini sangat berguna untuk mencegah hilangnya kalsium yang diserap. Ini akan mengurangi risiko osteoporosis nanti.

Bermanfaat Menyehatkan Mata

Karena kandungan vitamin A yang sangat tinggi, penggunaannya dapat mengurangi risiko gangguan penglihatan yang dapat dicegah. Dan ini sangat dianjurkan untuk orang tua di atas 40 tahun.

Menurut ahli gizi, seseorang yang mengkonsumsi 3 atau lebih pisang sehari memiliki peluang lebih kecil untuk mengalami kemunduran atau degenarasi makula dari pada mereka yang hanya makan 1 buah sehari.

Bermanfaat Menurunkan Hipertensi

Hipertensi disebabkan oleh salah satunya adalah kadar garam tinggi dan obesitas. Dokter sering menyarankan pasien untuk mengkonsumsi pisang untuk menurunkan berat badan.

Tingkat kalium yang tinggi dan kadar natrium yang rendah dalam pisang adalah kerja sama yang sangat baik untuk mencegah stroke dan suhu tinggi.

Makan 1 pisang raja sebelum makan utama, jika dilakukan secara rutin, dapat menurunkan berat badan untuk mengatasi hipertensi.

Bermanfaat Memperkuat Fungsi Ginjal

Setiap pisang memiliki senyawa fenolik yang sangat tinggi antioksidan. Ini berfungsi untuk melindungi ginjal. Demikian pula, kalium yang ada di pisang memiliki efek yang baik pada ginjal.

Ketika tubuh mendapatkan kalium yang cukup, itu akan mengontrol pengeluaran kalsium urin. Ini dapat mengurangi risiko gangguan batu ginjal.

Demikianlah sedikit ulasan artikel ini mengenai jenis dan manfaat pisang raja yang mungkin perlu anda ketahui, semogah artikel ini bisa menambah informasi dan wawasan mengenai jenis tanaman pisang raja. Terima Kasih jangan lupa baca artikel kami lainnya.

Artikel Kami Lainnya :