Pepaya California – Cara Tanam, Bibit, Pemasaran, Prospek

Posted on

Pepaya California – Cara Tanam, Bibit, Pemasaran, Prospek

Pepaya California – Pepaya merupakan salah satu buah tropis yang banyak ditemukan di Negara Negara Asia Tenggara dan Negara beriklim tropis lainnya, seperti Indonesia.

Buah dengan ciri khas daging buah yang berwarna kuning kemerahan dan daging buah yang lembut menjadi salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi di Indonesia. Buah pepaya menjadi salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin C tertinggi. Jadi sangat cocok untuk dikonsumsi saat kita sedang menderita sariawan atau panas dalam.

Jenis pepaya di Indonesia sendiri sangat banyak, namun ada 5 jenis pepaya yang sering kita jumpai di pasar. Ada pepaya bangkok yang memiliki ukuran yang sangat besar hingga mencapai 3kg dan pepaya california serta hawaii yang memiliki ukuran kecil hingga sedang yaitu berkisar 500 gram sampai 2kg.

Selain 3 jenis tadi ada juga pepaya Red Lady yang memiliki bentuk dan ukuran yang mirip dengan pepaya bangkok namun memiliki kulit yang lebih mulus dan ada juga pepaya gunung yang banyak dijumpai di dieng dan wonosobo.

Biasanya pepaya gunung banyak diolah menjadi manisan atau biasa disebut carica. Pepaya california menjadi favorit bagi masyarakat, karena ukurannya yang tidak terlalu besar dan bisa habis dalam sekali konsumsi sehingga tidak disimpan terlalu lama dan menjadi busuk.

Selain itu juga bagi petani pepaya jenis ini menjadi kultivar yang ungggul  karena memiliki kulit buah yang cukup tebal sehingga tidak mudah untuk terserang penyakit.

READ  Pupuk Kompos - Manfaat, Kandungan, Bahan, dan Cara Pembuatannya

Pepaya California

Pepaya california merupakan jenis pepaya hasil dari penelitian IPB dan mulai dikembangkan hingga saat ini. Harga jual yang tinggi dan cara budidaya yang cukup mudah menjadikan budidaya pepaya california salah satu usaha pertanian yang memiliki prospek cerah. Saat ini permintaan pasar seluruh Indonesia  terhadap pepaya california sangat tinggi. Selain itu tanaman ini cukup adaptasi di berbagai jenis tanah dan iklim sehingga tidak sulit mencari tempat yang cocok bagi pertumbuhan tanaman.

Cara Tanam Pepaya California

Supaya tanaman pepaya cepat berbuah ada cara khusus untuk menanamnya :

Pertama kita perlu menyirami tanaman pepaya secara rutin dengan jumlah air yang tepat. Air yang berlebihan tidak akan membuat tanaman cepat tumbuh melainkan akan membuat tanaman menjadi layu.

Kedua, pemberian pupuk yang rutin dan sesuai dengan dosis anjuran menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam bertani. Pupuk kandang sebanyak 40kg perlu diberikan saat awal penanaman yang kemudian saat tanaman mulai besar NPK perlu diberikan secara bertahap.

Ketiga dan yang paling penting adalah proses pemangkasan. Proses pemangkasan ini dilakukan ketika tanaman sudah mencapai umur 1 bulan. Nantinya akan muncul tunas-tunas baru, ketika tunas baru ini muncul pupus tanaman dipotong lagi hingga tersisa 15 cm.

Kegiatan ini dilakukan agar mendapatkan pepaya dengan batang yang besar dan kokoh serta tanaman yang tidak terlalu tinggi dan berbuah lebat. Sebaiknya kegiatan ini dilakukan pada musim kemarau.

Bibit Pepaya California

Bibit pepaya california saat ini sangat mudah diperoleh. Biasanya dijual di berbagai toko pertanian atau kita juga bisa dapatkan secara online melalui online shop terpercaya.

Jika ingin tidak mengeluarkan biaya maka kita bisa langsung memanfaatkan biji pepaya yang telah kita konsumsi untuk ditanam kembali.

READ  Karet – Pengertian Tanaman, Ciri- Ciri, Kegunaan, Cara Budidaya, Manfaat

Pemasaran dan Prospek

Saat ini berbisnis pertanian sudah tidak terlalu sulit. Pemasaran produk pertanian dipermudah karena bisa dipromosikan melalui internet baik melalui media sosial ataupun website pribadi.

Selain itu juga petani bisa menjual hasil pepaya ke tengkulak atau langsung ke pasar jika memiliki link. Perlu diperhatikan saat kita menjual produk kita ke tengkulak makan harganya akan sangat rendah namun produk kita juga cepat laku.

Untuk bisa meraih modal maksimal perlu dilakukan tindakan innovatif dalam melakukan penjualan. Misal, kita bisa promosi melalui sosial media dan dibagikan ke berbagai grup jual beli sehingga pepaya kita dapat terjual langsung ke konsumen dengan harga yang lebih tinggi.

 

Cukup sekian artikel mengenai pepaya california mulai dari manfaat, keuntungan, hingga cara budidaya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan sampai jumpa.

Artikel Lainnya :