Makanan Kelinci –  Jenis Makanan, Jadwal

Posted on

Makanan Kelinci –  Jenis Makanan, Jadwal

Pada umumnya kelinci sama halnya dengan hewan lainnya yang memerlukan  asupan makanan yang mengandung protein agar dapat  menjaga kesehatan pertumbuhan kelinci. Selama  ini  cenderung  banyak yang  bilang  bahwa makanan kelinci selalu identik dengan sayuran, sebenarnya sayuran  merupakan makanan  pelengkap makanan kelinci dan bukan sebagai makanan pokok kelinci. Pada dasarnya, makanan kelinci cukup mudah didapatkan bahkan tanpa harus membelinya. Beberapa makanan kelinci yang bisa di dapatkan secara cuma-cuma adalah rumput liar atau rumput kering.

Selain itu ada juga makanan yang harus dibeli terlebih dahulu seperti sayur-sayuran, buah, ubi-ubian, hingga pelet. Setiap jenis makanan ini juga memiliki kandungan nutrisi yang berbeda-beda bagi kelinci. Namun sama halnya manusia dan hewan-hewan lainnya, kelinci juga memiliki tingkat toleransi tertentu terhadap makanan. Karena setiap jenis kelinci dari ras, hingga ukuran kelinci pasti akan berbeda-beda tingkat toleransinya. Cara sederhana untuk mengetahui tingkat toleransi ini bisa dilakukan dengan mencoba memberikan makanan kelinci dalam jumlah yang kecil kemudian melihat reaksinya.

Cara ini mungkin sedikit sulit  bagi pemula yang baru pertama kali ingin mememlihara kelinci sebagai budidaya atau hanya sebagai hewan peliharaan. Dikarenakan Kelinci budidaya dan kelinci peliharaan juga berbeda perawatan dan pemberian makannya.

Untuk lebih jelasnya tentang jenis makanan untuk budidaya kelinci dan manfaatnya, berikut jenis makanan untuk kelinci yang direkomendasikan penulis :

A.jenis Makanan Kelinci

1.Sayur – Sayuran

Kebutuhan nutrisi kelinci dapat dipenuhi oleh beberapa jenis sayuran. Tak hanya nutrisi,  dalam sayuran juga terkandung air untuk melancarkan proses pencernaan. Untuk menguji apakah sayuran tersebut aman, kita berikan dalam porsi sedikit terlebih dahulu. Jika kotoran kelinci tidak lunak berarti sayuran tersebut aman untuk diberikan. Berikutnya kita tinggal menambah porsinya sedikit demi sedikit. Perlu untuk kita ketahui bahwa semakin rendah kalsium pada makanan sayuran kelinci, maka semakin baik juga sayuran tersebut untuk kelinci.

READ  Budidaya Ikan Lele – Tips Agar Cepat Panen

2.Buah-buahan

Dalam hal ini, Kelinci juga bisa diberi makan buah-buahan. Namun pada dasarnya buah-buahan bukan termasuk jenis makanan kelinci yang utama, Sama seperti sayuran, tidak semua buah akan cocok diberikan untuk kelinci. Dengan kata lain ada beberapa jenis buah yang justru bisa menyebabkan kelinci sakit. Jenis buah yang tidak cocok untuk pakan kelinci dikarenakan buah tersebut mengandung kadar gula yang terlalu tinggi sehingga mengganggu keseimbangan mikro-organisme di caecum didalam tubuh kelinciSebaikanya carilah jenis  buah yang mengandung serat yang tinggi seperti buah Pisang, Strawberry, Pear, nanas, Pepaya.

3.Rumput

Diantara jenis-jenis makanan kelinci, rumput merupakan makanan utama kelinci. Dikarenakan rumput terkandung banyak serat efektif untuk melancarakan saluran pencernaan kelinci. Rumput juga sangat baik untuk perkembangan dan pertumbuhan gigi kelinci untuk proses pencernaan makanan.

4.Pelet ( Makanan Buatan)

Selain makanan alami seperti sayuran, buah, dan rumput, pelet adalah makanan buatan pabrik yang khusus diproduksi untuk pakan kelinci. Umumnya pelet atau makanan buatan ini kandungan nutrisinya sudah disesuaikan dengan pertumbuhan kelinci dengan aturan pakai menurut usia kelinci . Sama seperti rumput , kita bisa mendapat kan pelet kelinci di petshop terdekat. Namun sebaiknya pelet diberikan sebagai makanan selingan saja, artinya jangan terlalu sering diberikan dengan porsi melebihi pemberian makanan alami. Pelet juga telah dibuat untuk memenuhi kebutuhan pakan yang diperlukan oleh kelinci,pelet kaya akan vitaminproteinasam amino dll yang sangat penting untuk tubuh kelinci. Begitu kayanya komposisi pelet membuat lebih mudah bagi kita untuk manambah berat badan kelinci lebih ideal, oleh karena itu memang ini alasan banyak peternak kelinci menggunakan pelet untuk menjadi pakan primer. Walaupun begitu terdapat masalah yang sering dikeluhkan oleh banyak peternak budidaya kelinci dimana pelet sering merusak gigi dari kelinci itu sendiri.

READ  Budidaya Tanaman Cengkeh -  Cara Menanam, Cara Perawatan, Panen

5.Wortel

Kelinci pada dasarnya sangat menyukai wortel, pakan ini merupakan jenis pakan yang sangat sehat untuk dikonsumsi kelinci. Kandungan : Terdapat Vitamin A yang cukup tinggi sebesar 12.000 Sl, Kalori 42 Kal, Lemak 0,3 gram, Protein 1,2 gram, Hidrat arang 9,3 gram, Kalsium 39 miligram, besi 0,8 miligram, vitamin C 6 miligram, vitamin B1 0,06 miligram. Vitamin A yang ada di dalam pada kandungan wortel memiliki khasiat yang akan memperkuat pandangan untuk mata kelinci. Selebih dari itu vitamin A tersebut juga dapat mempercepat proses penyembuhan luka serta dapat menekan  segala bentuk pertumbuhan sel kanker pada kelinci.

B.Jadwal Pemberian Makan Kelinci

1.Pakan padat, jam 8 pagi.

Pemberian makanan padat kepada kelinci bisa diberikan pagi hari pada jam 8 pagi. Makanan padat untuk kelinci bisa berupa pelet, ampas tahu, atau bekatul. Sediakan juga air minum berupa air mineral untuk menambah asupan kebutuhan akan air pada makanannya.

2.Pakan Sayuran, jam 13.00

Pemberian makanan sayuran bertujuan untuk melancarkan pencernaan kelinci. Selain itu bias juga memberikan wortel sebanyak 1 batang untuk satu ekor kelinci peliharaan.

3.Pakan Rumput , jam 19.00

Pemberian makan kelinci  yang terakhir dilakukan pada pukul 19.00. makan yang bias kita berikan bisa berupa rumput. Jika peternak kesulitan dalam mencari rumput, peternak bisa memberikan jenis makanan padat seperti ampas tahu atau pellet.  Sebaiknya pemberian makanan kelinci pada malam hari diberikan dengan porsi lebih banyak dari pada sebelumnya, dikarenakan kelinci merupakan hewan yang  lebih sering beraktivitas pada malam hari.

Demikan beberapa jenis makanan kelinci, dan jadwal pemberian makanan kelinci semoga bisa menambah informasi dan bermanfaat terima kasih.