Informasi Mengenai Teknologi Nano

Posted on

Informasi Mengenai Teknologi Nano

Mastekno.co.id – Teknologi Nano muncul diawal tahun 1980 dimana ukuran menjadi perhatian utama. Kebutuhan akan alat-alat yang ukurannya kecil menjadi pendorong munculnya Teknologi Nano. Teknologi ini muncul sebagai bukti dari keberhasilan penelitian dalam bidang Ilmu Material yang kemudian menjadi bagian integral dari kemunculan Teknologi Nano.

Banyak sekali terapan Nano dalam bidang Teknologi Informasi diantaranya sebagai berikut :

Teknologi Quantum

Teknologi Quantum diperkenalkan pertama kali pada tahun 1982 oleh Profesor asal CalTech USA yaitu Profesor RICHARD FEYNMAN kemudian dipublikasikan di “Simulating Physics With Computers”. Profesor RICHARD FEYNMAN mengembangkan Teknologi Quantum dengan menerapkan rumus dalam fisika kuantum yaitu masa kali kecepatan cahaya kuadrat sama dengan energi.

Dengan keterbatasan desain CPU, maka dibutuhkan desian CPU yang bisa melebihi kemampuan dari artsitektur Von Neuman saat ini Mengacu kepada tulisan Longdell, J. J.; Sellars, M. J.; Manson, N. B. (September 23, 2004). “, yang mengatakan bahwa Quantum Computer memiliki karateristika yang disebut sebagai superposisi. Tidak seperti komputer konvesioal, komputer kuantum tidak menggunakan Bits tetapi QUBITS (Quantum Bits) dan komputer digital melakukan perhitungan secara linier, sedangkan komputer kuantum melakukan semua perhitungan secara bersamaan (simultan).

Komputer yang umumnya digunakan sehari-hari merupakan komputer digital. Komputer digital sangat berbeda dengan komputer kuantum, Komputer digital bekerja dengan bantuan microprocessor yang berbentuk chip kecil yang tersusun dari banyak transistor.

Penelitian yang dilakukan di CERN Teoritical Physcs yang kemudian dipubliksikan oleh beberapa pakar diantaranya : Enrique Martin Lopez, Anthony Laing, Thomas Lawson, Roberto Alvarez, Xiao-Qi Zhou, Jeremy L. O’Brien (2011). “Implementation of an iterative quantum order finding algorithm”. Nature Photonics 6 (11): 773–776. arXiv:1111.4147. doi:10.1038/nphoton.2012.259. menyebutkan bahwa komputer kuantum juga memiliki beberapa gate seperti yang terdapat pada komputer konvensional yang berfungsi dalam pengaturan qubit.

READ  Cara Me-Nonaktifkan Kartu Simpaty

Dengan semakin meningkatnya kebutuhan akan waktu proses kmputas, maka teknologi sudah menghasilkan komputer kuantum sampai 7 qubit, tetapi menurut penelitian dan analisa yang ada, dalam beberapa tahun mendatang teknologi komputer kuantum bisa mencapai 100 qubit.

Bertambahnya kecepatan komputer dari waktu ke waktu, meningkatnya kapasitas hardisk dan memori, semakin kecil dan bertambahnya fungsi telepon genggam, adalah contoh-contoh kongkrit dari perkembangan teknologi nano di bidang IT. Dalam tulisan ini akan dipaparkan kontribusi teknologi nano pada pengembangan IT secara garis besar, yang sampai saat ini dapat dibagi menjadi tiga.

Hal ini mengacu kepada penelitian dari Bao, Xiao-Hui; Xu, Xiao-Fan; Li, Che-Ming; Yuan, Zhen-Sheng; Lu, Chao-Yang; Pan, Jian-wei (November 13, 2012). “Quantum teleportation between remote atomic-ensemble quantum memories”. arXiv. arXiv:1211.2892.

1. Penambahan kepadatan jumlah divais. Contoh sederhananya jika ukuran satu buah transistor bisa dibuat lebih kecil maka kepadatan jumlah transistor pada ukuran chip yang sama secara otomatis akan menjadi lebih besar. Dalam pembuatan LSI (large scale integrated), sedapat mungkin jumlah transistor dalam satu chip bisa diperbanyak.

Untuk meng antipasti perkembangan Teknologi Quantum, Perusahaan INTEL telah menciptakan 70 Megabit SRAM (static random access memory) yang dikembangkan dengan Nano Proses tipe 65 nanometer (nm). Pada produk SRAM ini, di dalam satuchip berisi lebih dari 500 juta buah transistor, dimana lebih maju dibanding teknologi processor tipe 90 nm yang dalam satu chipnya berisi kurang lebih 200 juta transistor. Diperkirakan ke depannya, sejalan dengan terus majunya teknologi nano, ukuran transistor terus akan mengecil sesuai dengan hukum Moore dan processor tipe 45 nm akan masuk pasar tahun 2007, dan selanjutnya tahun 2009 akan diluncurkan processor 32 nm.

READ  Cara Registrasi Kartu XL

2. Peningkatan dari algoritma Quantum yang secara signifikan. Penignkaan dari Algorutma Kuantum bisa mempengaruhi terhadap Comlexity Algorithm sebagaimana dibawah ini.

3. evolusi arsitektur komputer ke bentuk superposisi. Model bisa dilihat di bawah ini.

Nah demikian artikel kami tentang teknologi quantum, semoga bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan kita dibidang ilmu komputerisasi.

Artikel lainnya :