Fungsi mouse – Pengertian, Jenis, Dan Cara Kerjanya

Posted on

Fungsi mouse – Pengertian, Jenis, Dan Cara Kerjanya

Mastekno.co.id – Zaman sekarang adalah zamannya teknologi canggih, seakan tenaga manusia perlahan akan tergantikan dengan komputerisasi, selain mempercepat pekerjaan dapat menghemat pengeluaran perbulannya untuk para pengusaha. namun untuk menjalankan proses komputerisasi dibutuhkan juga sumber daya yang memiliki kemampuan dibidang komputerisasi, memiliki skill sesuai kebutuhan perusahaan. Nah agar semua golongan dapat mengetahui dasar-dasar dari komputerisasi sebaiknya mengenal dulu perangkat-perangkat pendukung proses komputerisasi, seperti mouse misalanya.

Dikesempatan kali ini kita akan menjelaskan fungsi dari mouse, pengertian mouse itu sendiri, jenis mouse, dan cara kerjanya. Tanpa panjang lebar mari kita simak penjelasannya dibawah ini :

Sudah dapat kita ketahui bahwa komputer terdiri dari hardware dan juga software, keduanya bersifat saling membutuhkan untuk menjalankan proses komputerisasi. Komputer memiliki hardware bawaan dan juga hardware tambahan, yang mana hardware tambahan ini seringkali disebut dengan perangkat peripheral.

Salah satu hardware tambahan pada komputer yang memiliki peranan sangat penting selain keyboard adalah mouse, dalam proses pengolahan data menggunakan komputer, mouse dan keyboard merupakan perangkat hardware tambahan yang sangat penting, tentunya masih ada yang bertanya-tanya apa sebenarnya mouse itu dan apa fungsinya ? Untuk lebih jelasnya mari kita simak pemaparan secara detailnya berikut ini :

Apa Itu Mouse

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, mouse merupakan salah satu perangkat peripheral yang sangat dibutuhkan untuk digunakan dalam pengoperasian komputer. Beda halnya jika kita menggunakan laptop, karena pada laptop sudah dilengkapi dengan trackpad, yang digunakan sebagai pengganti mouse.

Dari tahun ketahun mouse semakin dikembangkan oleh pabrikan pembuatnya, kita bersama ketahui sejak awal kemunculannya mouse masih menggunakan sebuah bola kecil pada bagian bawahnya yang berguna sebagai sensor hingga mouse yang sekarang yang bahkan tidak lagi membutuhkan kabel sebagai media penghubungnya. Dan tentunya juga hal ini bisa kita lihat dari bentuknya yang semakin lama semakin terlihat modern.

READ  Cara Membuat Grafik di Excel 2010 Dengan 3 Variabel
Mouse

Selain perkembangan yang dapat terlihat dari segi bentuknya, mouse tentunya juga mengalami perkembangan yang sangat signifikan dari segi teknologi maupun kegunaannya.

Dapat kita simpulkan bahwa Mouse ialah sebuah hardware atau sering disebut perangkat keras yang tergolong kedalam jenis perangkat input (masukan). Fungsi mouse sendiri pada sebuah kompute merupakan mengatur pada pergerakan kursor dengan secara cepat, selain itu juga agar memberikan  perintah dengan cara menekan tombol kiri atau kanan yang terdapat pada mouse .

Karena bentuk dan design nya menyerupai sebuah tikus maka hardware ini dinamakan mouse, berikut kabel yang terhubung dengan komputer juga menyerupai seperti ekor tikus. Sebagai bahan referensi, komputer yang pertama kali dijual dengan satu paket mouse ialah komputer Xerox Star yang diluncurkan pada tahun 1981.

Mouse memiliki sensor yang berfungsi untuk menggerakkan kursor. Awal keluarnya mouse sensor gerak dihasilkan dari bola yang terdapat dibawah mouse tersebut, dengan berkembangnya zaman, saat ini bola tersebut diganti dengan optik.

Beda halnya pada laptop mungkin fungsi mouse atau kinerja mouse dapat digantikan oleh touchpad. Touchpad merupakan papan sentuh yang berfungsi untuk menggerakkan cursor dan fungsi lainnya. Akan tetapi walau demikian penggunaan mouse tetap digunakan karena bisa dengan cepat menggerakan kursor beda dengan Touchpad.

Mouse terdiri dari dua tombol , yaitu tombol kiri pada mouse biasa digunakan untuk memilih obyek dan text, sedangkan tombol kanan pada mouse bila ditekan akan menampilkan menu menu tertentu. Dan berbeda-beda sesuai dengan aplikasi yang sedang dijalankan. Dibagian atas mouse tepatnya ditengah-tengah terdapat juga sebuah roda yang biasa disebut dengan scroll, scroll ini berfungsi untuk menggulung layar / halaman ( naik turun).

Jenis – Jenis Mouse

Berikut ini adalah beberapa jenis mouse yang mungkin belum kamu ketahui, antara lain seperti yang dibawah ini.

Mechanical Mouse

Mechanical Mouse

Untuk jenis mouse generasi pertama adalah mechanical mouse. Mouse jenis ini merupakan yang paling banyak digunakan pada masanya. Mouse jenis ini mempunyai bola di bagian bawahnya. Mouse tipe ini masih sangat populer dan banyak dijumpai kira-kira sampai tahun 2008.

READ  Cara Membuat Tabel di Excel

Optomechanical Mouse

Optomechanical Mouse

Untuk jenis mouse yang berikutnya adalah Optomechanical mouse. Optomechanical mouse secara prinsip sama dengan mechanical mouse. Bedanya hanya pada sinar yang memancarkan posisi koordinat pada pointer. Oleh karena itu mouse tipe ini harus mempunyai keakuratan yang lebih tinggi dibandingkan dengan  jenis mechanical mouse.

Optical Mouse

optical mouse

Saat ini mouse jenis optical sudah seringkali dijumpai di hampir tiap perangkat komputer dimanapun kita berada. Karena pada dasarnya mouse jenis ini bisa dikatakan memiliki keakuratan yang tinggi dan juga stabil yang bisa digunakan pada komputer.

mouse model ini tidak memakai optical melainkan memakai sinar laser untuk mendeteksi pergerakan mouse. Kelebihan mouse ini membuat beberapa kinerjanya jauh lebih terlihat presisi dibandingkan dengan jenis dua tipe mouse sebelumnya.

Bus Mouse

Bus Mouse

Mouse yang memiliki kabel dengan serial bus tidak terlihat seperti mouse generasi sebelumnya yang mana memiliki semacam roda yang berguna untuk melakukan scroll up dan down. Pada mouse jenis ini hanya terdapat tombol di kanan dan dikiri saja.

Serial Mouse

Serial Mouse

Mouse yang disambungkan menggunakan serial port, yaitu sebuah media komunikasi digital dimana informasinya dikirimkan secara bit per bit. Port yang umum digunakan adalah port tipe D dengan 9 pin (DB9M) yang terdapat pada bagian belakang motherboard. Mouse tipe ini pun sekarang ini sudah sangat jarang beredar.

PS/2 Mouse

PS2 Mouse

Mouse jenis yang satu ini merupakan salah satu jenis mouse yang sempat populer penggunaannya. Pada PS/2 mouse, digunakan konektor berupa 6-pin mini-din. Mouse ini booming mulai tahun 1987. Namun jika kalian membeli sebuah Komputer atau PC, kalian tidak harus terkejut dikarenakan mungkin pada board belakang masih terlihat ada yang menyertakan port untuk jeni tipe mouse ini.

USB Mouse

USB Mouse

Mouse jenis ini menggunakan port usb yang mana tentunya lebih simple jika dibandingkan dengan port ps/2. Mouse jenis ini pengembangan dari mouse Ps/2, bentuknya sama tapi beda di port saja

READ  Cara Mudah Menginstall Ulang Laptop - Tanpa Ribet

Wireless Mouse

Wireless Mouse

Mouse wireles merupakan mouse generasi terakhir untuk saat ini. Mouse jenis ini tidak memerlukan kabel melainkan hanya menggunakan port USB wireles

Fungsi Mouse

Fungsi Mouse

Mouse ialah perangkat peripheral komputer  atau bisa juga disebut perangkar keras yang mana fungsinya ialah untuk melakukan input data pada sebuah komputer. Namun fungsi lain dari mouse ialah sebagai berikut :

  1. Untuk mengeksekusi suatu program
  2. Untuk memilih objek
  3. Melakukan drag dan drop
  4. Mendapatkan informasi melalui hover mouse
  5. Melakukan operasi scroll

Bagaimana Cara Kerja Mouse

Pada bagian mouse memiliki tiga tombol, tetapi pada umumnya hanya ada dua tombol yang bisa berfungsi, ialah tombol paling kanan  dan yang paling kiri . Pengaruh saat penekanan tombol atau juga  yang sering kita tahu  dengan istilah “Click” ini tergantung pada obyek (daerah) yang kita tunjuk. Komputer bisa juga akan mengabaikan penekanan pada tombol (click) bila kalian tidak mengenai pada area atau obyek yang tidak terlalu penting.

Istilah lainnya adalah  “Drag” yang berarti  menarik atau memindahkan. Maksud dari Drag adalah  apabila sahabat mastekno menekan tombol pada sebelah kiri tetapi  mouse dengan tidak melepaskannya kemudian sambil menggesernya, Hal tersebut mengakibat obyek tersebut berpindah atau bisa dibilang menjadi pindah (tersalin) ke obyek yang lain dan juga terdapat kemungkinan lainnya yang bisa tergantung pada jenis program aplikasi apa yang kita jalankan.

Demikian penjelasan kita tentang fungsi mouse, pengertian mouse, jenis mouse, dan cara kerja mouse. semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita tentang hardware komputer.

Artikel Lainnya :