Cara Menghilangkan Virus Shortcut

Posted on

Cara Menghilangkan Virus Shortcut

Cara Menghilangkan Virus Shortcut – Virus Shortcut adalah salah satu virus yang paling banyak ditemui dan cukup mengganggu karena sering menyerang perangkat keras komputer yang memiliki kapasitas sebagai storage drive, contohnya seperti harddis dan juga flash drive. Virus ini pun banyak muncul dan menyerang flash drive USB.

Virus ini termasuk dalam jenis virus Directory karena virus ini menginfeksi direktori dan file di komputer serta storage device kamu sehingga bisa menyebabkan beberapa gangguan pada direktori kamu.

Memang virus ini tidak termasuk dalam virus yang berbahaya dan hanya menyebabkan beberapa gangguan seperti tidak membuat file dan data menjadi corrupt, hanya ditujukan untuk membuat kepanikan pada user selain itu virus ini terbilang sebagai virus yang mudah untuk diatasi.

Virus ini sendiri bekerja dengan cara membuat usernya menjadi panik sehingga tak jarang memungkinkan user langsung melakukan proses formatting pada storage device dan menghilangkan file file yang di dalamnya. Atau bahkan membeli storage device baru yang tentu harganya cukup mahal.

Terdapat beberapa gejala yang muncul diakibatkan dari infeksi virus shortcut ini pada storage device komputer kamu. Ada beberapa cara pula yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui apakah komputer kamu telah terjangkit virus shortcut atau tidak. Sehingga beberapa gejala bisa kamu amati pada saat kamu membuka storage drive kamu di komputer

Beberapa gejala tersebut seperti drive yang berubah menjadi shortcut, file dan data tidak bisa dibuka atau pun diakses, hingga ada beberapa bahkan semua data mengalami hidden atau disembunyikan oleh virus tersebut.

READ  Paket Internet Telkomsel 4G – Terbaru dan Update

Cara Menghilangkan Virus Shortcut

Secara umum virus shortcut ini sebenarnya dapat diberantas dengan cara yang cukup mudah terutama jika kamu cukup jeli dalam menghadapi gangguan dari virus shortcut ini. Terdapat beberapa langkah yang bisa kamu lakukan guna menghilangkan virus shortcut ini.

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan virus shortcut ini :

  1. Mulai Dengan Proses Unhidden Files

Proses unhidden files ini sendiri dapat kamu lakukan dengan menggunakan menu dari windows, dalam hal ini bertujuan guna memastikan apakah storage device kamu memang benar benar telah terinfeksi virus shortcut.

Berikut ini adalah langkah – langkahnya.

  • Langkah pertama adalah dengan membuka control panel pada windows kamu, menu control panel dapat kamu akses dari menu start.
  • Selanjutnya pilih saja folder option, kemudian masuk ke dalam tab Views.
  • Pada tab Views, coba carilah bagian Hidden Files and folders, kemudian jangan lupa untuk pastikan option yang terpilih adalah “Show Hidden files, folder anda drives”.
  • Selanjutnya klik OK.

 

Jika telah melakukan cara ini seharusnya file yang terhidden akan muncul. Akan tetapi apabila masih tidak muncul juga maka bisa dipastikan jika storage device kamu sudah terserang oleh virus shortcut.

 

  1. Lakukan Proses Remove Attribute pada Storage Device

Langkah selanjutnya adalah kamu harus membuat semua files yang terhidden agar dapat tampil seperti sebelumnya. Caranya sendiri cukup mudah, lakukan dengan langkah langkah di bawah ini.

  • Pertama adalah dengan memilih Command Prompt dari start menu.
  • Kemudian jika muncul jendela command promt silahkan ketikkan drive letter dari drive storage kamu yang bermasalah, contohnya saja adalah drive D, maka ketikkan saja D kemudian jangan lupa untuk menekan enter.
  • Selanjutnya command prompt telah menampilkan drive F maka kamu dapat melakukan penghapusan attribute.
  • Cara untuk menghapus attribute sendiri cukup mudah kok, yakni dengan menuliskan command ini pada window command prompt : Attrib –s –h –r /s /d. Kemudian tekan enter.
READ  Cara Mempercepat Android

 

Keterangan Tambahan:

-s; merupakan command untuk menghilangkan atribut file shortcut.

-h; untuk menghilankan atribut hidden files.

-r; untuk menghilangkan atribut read-only.

 

Setelah melakukan cara ini, seharusnya file dan data kamu yang terhidden dan juga telah menjadi shortcut dikarenakan telah terjangkit virus akan segera muncul kembali dan dapat digunakan seperti semula.

Namun harus kamu ingat jika langkah ini hanya dapat berfungsi untuk menghilangkan atribut saja dan bukan untuk menghilangkan virus yang menyebabkan gangguan pada storage device kamu.

 

  1. Saatnya Menghapus Virus dari Storage Device

Jika masalah file dan data yang terhidden dan berubah menjadi shortcut yang dikarenakan oleh virus shortcut maka langkah selanjutnya adalah tentu saja dengan membuang virus dari storage device kamu. Caranya adalah dengan melakukan langkah langkah yang ada di bawah ini.

  • Menggunakan aplikasi antivirus, biasanya antivirus sudah dapat melakukan pendeteksian sehingga kamu dapat melakukan proses scanning biasa pada drive storare kamu, pada saat terdeteksi virus makan akan secara otomatis dilakukan pembersihan oleh aplikasi ini.
  • Cara yang kedua adalah dengan menghapus file secara manual.

 

Demikian cara mengilangkan virus shortcut secara mudah yang telah Mas Tekno ulasa khusus untuk kamu semua, selamat mencoba.

Artikel Lainnya :