Cara Menanam Kentang – Di Polybag, Di Kebun

Posted on

Cara Menanam Kentang – Di Polybag, Di Kebun

Kentang merupakan jenis tanaman yang bisa dikatakan sangat mudah kita temukan di pertanian, tanaman yang satu ini juga sangat mudah dibudidayakan dan sangat menguntungkan bagi para petani di indonesia. Tanaman   kentang   juga memiliki sumber protein ,kalori dan vitamin yang sangat baik bagi tubuh manusia. Tanaman kentang juga banyak di ekspor keberbagai negara diluar indonesia, sehingga para petani juga diuntungkan jika melakukan budidaya tanaman kentang.

Pada kesempatan ini penulis ingin berbagi bagaimana cara budidaya tanaman kentang di Polybag, Dikebun yang mungkin masih ada yang belum tahu cara membudidayakan tanaman ini.

Cara Menanam Kentang Di Polybag

  1. Proses Penanaman Tanaman Kentang Di Polybag

Hal pertama yang harus anda lakukan sebelum budidaya  kentang, tentukan lahan yang benar-benar cocok untuk memulai menanam tanaman ini Pilihlah tanah yang gembur untuk digunakan dalam menanam tanaman kentang. Tanaman kentang sangat cocok sekali ditanam pada dataran tinggi dan ditanam pada saat musim hujan, hal ini dikarenakan tanaman kentang mebutuhkan saluran air yang cukup dan sinar matahari yang cukup pula.

  1. Pembibitan

Pemilihan bibit kentang adalah sesuatu yang sangat penting yang harus dilakukan sebelum menanam kentang, dikarenakan pemilihan bibit yang bagus akan berdamapak saat panen nanti dan menentukan apakah hasilnya bagus atau menyebakan terjadinya kegagalan saat budidaya tanaman kentang. Untuk menentukan bibit yang bagus cari lah bibit kentang yang menghasilkan benih yang bagus carilah umbi yang telah berumur 150 sampai dengan 180 hari dan umumnya berbobot 30-50 gram. Hal yang utama dalam menentukan bibit  yang harus diperhatikan dan dipastikan bibit tersebut tidak terkenah penyakit, bibit yang terkenah penyakit dapat dilihat dari kulit benih terlihat bintik-binti, lembek dan terdapat busuk bisa dipastikan bibit tersebut tidak bagus.

  1. Cara Menanam Kentang Dipolybag
READ  Cara Membuat Pakan Lele – dari dedaunan, dari dedak padi, dari ampas tahu

Siapkan media tanam polybag dengan ukuran 50 x 80, kemudian lihat dan pastikan polyag mempunyai lubang saluran drainase air. Mengingat tanamn kentang membutuhakan kadar air yang cukup tinggi untuk menujang pertumbuhan tanaman kentang, dan perlu diketahui jangan sampai pada media tanam jangan sampai terlalu becek akan membuat umbi kentang menjadi mudah busuk dna mati. Gunakan tanah yang gembur dan telah dicampur dengan pupuk kompos, isilah media tanam polybag dengan ukuran kurang lebih 2/3 volume dalam polybag. Kemudian untuk sisa polybag dapat dilipat dan dirapikan.

Siapkan bibit kentang yang akan ditanam , untuk pembibitan dapat diisi dengan ukuran 20 sampai 30 cm didalam media tanam polybag. Kemudian tanam benih tanaman kentang  dan letakan di atas media tanam. Setelah tunas-tunas telah tumbuh dengan panjang lebih kurang 2 – 3 cm mulai dapat dilihat dan dibedakan mana benih yang baik dan yang tidak bagus sebaiknya dipotong saja. Setelah itu lakukan penyiraman secara teratur dan juga sering memperhatikan drainase pada polybag, sampai sepuluh hari setelah ditanam akan terlihat pertumbuhan tanaman kentang yang merata.

  1. Perawatan

Perawatan sangatlah penting dilakukan untuk mengontrol tanaman kentang, ketika tanaman sudah memasuki umur satu bulan. Tambahkan media tanam sedikit demi sedikit untuk mengikuti tinggi tanaman, hal ini dilakukan bertujuan untuk mencegah masuknya sinar matahari secara langsung yang dapay menyebakan bibit umbi kentang berubah menjadi rusak dan beracun.

Tambahkan pupuk, pemberian pupuk dilakukan dengan cara diberikan pada kiri kanan pada tanamn kentang. Dan lakukan penyiraman setelah melakukan pemupukan agar pupuk tersebut cepat larut dan diserap oleh tanamn kentang. Untuk pemanenan kentang dapat dipanen saat berumur 3 sampai 4 bulan.

READ  Cara Budidaya Ikan Gurame – Di Kolam Terpal Agar Cepat Besar

Cara Menanam Kentang Di Kebun

  1. Pengolahan Lahan

Dalam pemilihan lahan sangat penting umumnya tanaman kentang dapat tumbuh hampir disetiap jenis tanah, terkecuali tanah yang mengandung kadar garam. Tanah untuk tanaman kentang wajib dibajak terlebih dahulu lebih kurang sedalam 30 sampai 40 cm hinggah lahan benar-benar bersih dari akar tanaman lain.

Setelah dilakukan pembajakan biarkan lahan selama lebih kurang 2 minggu, selanjutnya buatlah bedengan dengan tinggi 30 sm, dan lebar 70 cm, kemudian buat saluran pembuangan air lebih kurang lebar 50 cm dan kedalaman 50 cm.

  1. Penanaman

Pilihlah benih umbi tanaman kentang yang baik dan bebas dari penyakit, dan taburkan benih umbi tanaman hingga kedalaman 5 sampai 10 cm. benih umbi yang baik biasanya mempunyai berat 30 gram sampai 40 gram, dengan penggunaan bibit benih yang baik dan berkualitas dapat meningkatkan hasil panen nanti sebesar 40 samapi 50 persen dibandingkan dengan benih petani sendiri.

Untuk kepadatan penanaman kentang dapat dilihat dari ukuran benih umbi yang dipilih, dan jarak antara baris  para petani kebanyakan menggunakan ukuran 80 x 40 .

  1. Perawatan Tanaman

Tanaman kentang yang telah ditanam dalam proses pengembanagan akan memakan waktu selama empat minggu, da gulma harus diperhatikan untuk memeberikan tanaman yang kompetitif. Dikarenakan jika gulma tummbuh lebih banyak maka harus dibersihakan sebelum operasi ridging ( pembumian) dimulai.

Pada saat melakukan tahapan pembumian akan membuata tanaman tegak dan tanah akan terlihat lebih gembur, dapat mencegah hama untuk merusak umbi tanaman,dan mencegah pertumbuhan gulma. Ridging harus dilakukan dua atau tiga kali pada interval 15 sampai 20 hari. Yang pertama harus dilakukan saat tanaman tinggi sekitar 15-25 cm; yang kedua sering dilakukan untuk menutupi umbi tumbuh

  1. Pemumpukan
READ  Budidaya Ikan Lele – Tips Agar Cepat Panen

Pemumpukan sangat perlu dilakukan agar dapat memberikan keseimbangan nutrisi yang baik untuk mepertahankan struktur tanah dan mempercepat pertumbuhan tanaman. Pemumpukan tanaman kentang biasanya dilakukan setiap 20 hari sekali, disarankan untuk jenis pupuk menggunakan pupuk NPK atau UREA dilakukan saat  umbi sudah mulai tumbuh sekitar usia 30 hari sejak penanaman. Usia tumbuh tanaman kentang berkisar di umut 40-90 hari diberikan pupuk secara rutin dengan takaran disesuaikan dengan lahan tanaman kentang.

Untuk pemanenan tanaman kentang itu sendiri dapat dilakukan ketika tanaman kentang berusia 80 hari sejak usia tanam dengan ukuran biasanya sebesar telur bebek disesuaikan dengan kondisi kultur masing-masing tanaman.

Demikian sedikit ulasan Cara Menanam Kentang – Di Polybag, Di Kebun, semogah bermafaat  dan selamat mencobah. Terima Kasih.