Cara Menanam Jeruk – dari biji dalam pot, dari Cangkok

Posted on

Cara Menanam Jeruk – dari biji dalam pot, dari Cangkok

Cara Menanam Jeruk - dari biji dalam pot, dari Cangkok

Tanaman Jeruk merupakan jenis tanaman yang sudah tidak asing lagi untuk kita, buah yang terkenal manis saat dikonsumsi begitu digemari oleh masyarakat. Buah jeruk sendiri sangat mudah di dapatkan dikarenakan buah jeruk sangat banyak dibudidayakan hampir diseluruh Indonesia bisa kita temukan.

Dalam membudidayakan buah jeruk sendiri dapat dilakukan secara generatif maupun vegetative, yang dimaksud dengan generatif ialah menanam buah jeruk dengan cara menanam dengan biji sedangkan vegetative ialah menanam buah jeruk dengan cara stek atau biasa dikenal dengan cangkok batang.

Dalam hal pemilihan buah dengan kualitas yang baik, sangat dibutuhkan keterampilan dan ilmu pengalaman yang cukup. Untuk lebih jelasnya bagaimana cara untuk menanam jeruk dari biji dan cangkok penulis akan menjelaskannya cara yang baik dan benar.

A. Cara Menanam Jeruk Dari Biji Dalam Pot

Cara Menanam Jeruk - dari biji dalam pot, dari Cangkok

1.Pemilihan Lokasi

Pemilihan lokasi penanaman adalah syarat yang harus dilakukan sebelum menanam buah jeruk, lokasi yang memiliki cuaca yang hangat, dan cukup sinar mataharinya dan menghadap keselatan atau ke barat. Menanam jeruk dengan akan lebih baik dilakukan pada lahan sawah atau tegal yang tidak terhalang oleh tanaman lain yang tidak mengganggu sinar matahari ketanaman jeruk.

2.Pemilihan Bibit

Pemilihan Bibit Jeruk yang berkualitas sangatlah perlu untuk menghasilkan buah jeruk yang manis dengan masa pertumbuhan yang baik. Untuk proses penanaman jeruk, ambillah bibit biji jeruk manis dari dalam daging jeruk manis yang matang dari dalam daging jeruk manis. Usahakan biji jeruk tetap dalam keadaan sehat dan baik.

Selanjutnya jemur biji jeruk dibawah sinar matahari agar lender yang menempel dipermukaan biji jeruk dapat dihilangkan. Setelah proses penjemuran dapat dilakukan selama kurang lebih 2 sampai dengan 3 hari, untuk jumlah biji jeruk yang digunakan dapat disesuaikan dengan kondisi media tanam.

READ  Sawi Hijau – Manfaat,  Kandungan Gizi,  Efek Samping

3.Media Tanam

Persiapkan media tanam yang akan digunakan untuk penanaman bibit jeruk, dibuat menggunakan bahan berupa tanah,kompos, dan pasir. Jika tidak terdapat pasir bisa juga menggunakan arang sekam.

Untuk tahap selanjutnya siapkan tanah yang telah digemburkan, kemudian ayak tanah tersebut hingga tersisa butiran kecil dan pastikan tanah tetap kering dan tidak menggumpal. Dikarenakan kalau posisi tanah membentuk bongkahan akan terasa susah ditembus akar dan susah untuk diacampur dengan bahan-bahan lainnya.

Selanjutnya siapakan jenis pupuk kompos yang telah matang, selanjunya ayak pumpuk kompos sampai halus dan tersisa sampai menjadi butiran kecil. Kemudian siapkan pasir atau arang sekam, selanjutnya campurkan ketiga bahan tersebut dengan rincian perbandingan 2 bagian tanah, 1 bagian pupuk kompos, 1 bagian pasir.

Sebelum media tanam dimasukan, sebaikanya bersihkan lahan tempat media tanam akan diletakkan didalam pot, kemudian diberi lapisan berupa pecahan batu bata dan lapisi bagian dasar pot dengan batu kerikil. Selanjutnya masukan media tanam dengan ukuran 2/3 pot saja dan sisakan lebih kurang 10 cm dibagian atas pot.

4.Penanaman Bibit Jeruk

Jika persiapan media tanam sudah selesai, maka selanjutnya proses penanaman bibit yang telah dilakukan proses pengeringan terlebih dahulu.

  1. Buatlah lobang dengan ukuran kurang lebih dengan kedalaman 5 cm didalam pot.
  2. Maksimal jumlah bibit biji jeruk yang dimasukan kedalam lubang sebanyak 2 buah.
  3. Setelah bibit telah dimasukan kedalam media tanam, tutup kembali media tanam yang telah dibuat.
  4. Lakukan penyiraman dengan secukupnya
  5. Perawatan dan Pemeliharaan

Setelah selesai melakukan penanaman bibit jeruk, sangatlah penting dilakukan perawatan dengan baik dengan teratur agar bisa melihat kondisi pertumbuhan bibit jeruk. Perhatikan pencahayaan dan penyinaran dikarenakan jeruk membutuhkan sinar matahari yang cuku, setidaknya dalam satu haru paling tidak selama lebih kurang 5 jam. Sebaiknya media tanam diletakkan ditempat terbuka agar bisa langsung terkenah sinar matahari.

READ  Tanaman Jagung - Budidaya, Jarak Tanam, Ciri-Ciri, Pemeliharaan, Panen

B. Cara Menanam Jeruk Dari Cangkok

Cara Menanam Jeruk - dari biji dalam pot, dari Cangkok

Cara menanam jeruk dengan cara mencangkok mungkin sudah sering kita temui dan sudah banyak sekali petani yang melakukan budidaya dengan cara cangkok. Adapun yang harus disiapkan sebelum melakukan cangkok sebagai berikut :

  1. Tahap persiapan

Siapakan alat serta bahan yang akan digunakan seperti, pisau yang tajam, Tali raffia, plastic transparan,pupuk kandang, tanah yang subur.

  1. Pemilihan pohon induk

Sebelum mencangkok sangat penting dalam pemilihan pohon jeruk yang berkualitas, karena dapat menentukan kualitas buah dari pohon yang akan kita cangkok. Buah dari pohon yang bagus akan menghasilkan buah dengan kualitas baik buahnya banyak, serta pertumbuhan tanaman akan tumbuh subur.

  1. Pemilihan Cabang Yang Akan Di Cangkok

Pilihlah cabang yang akan dicangkok yang berusia muda  dengan ukuran diameter kurang lebih sebesar/ berdiameter 3 cm, dan batangnya yang berbentuk lurus sehat dan pernah menghasilkan buah.

  1. Tahap Cangkok

Tahap pertama yang harus dilakukan adalah menguliti cabang yang telah terpilih kemudian dkupas secara melingkar dengan ukuran sepanjang 5 sampai dengan 10 cm hingga bersih dengan menggunakan pisau yang disediakan sebelumnya. Tahap selanjuntnya jika lapisan kayu sudah dikelupas ,bersihkan lapisan kayu dari lender atau cambium samapi bersih dan permukaan kayu tidak licin lagi.

Setelah tahap ini selesai bungkus cabang yang telah dibersihkan dengan menggunkan sabut kelapa dan bungkus  dengan plastic transparan, lalu ikat bagian bawah plastic terlebih dahulu. Setelah itu masukan campuran tanah dan pupuk kompos tersebut kedalam plastik dan pastikan bahwa isi tersebut cukup padat. Kemudian ikat plastik menggunakan tali raffia dan pastikan bahwa seluruh bagian cabang telah dikerat lapisan kulitnya. Selanjutnya buatlah lubang kecil pada plastik agar udara dan air dapat masuk kedalam tanah yang telah dibungkus.

  1. Tahap Perawatan
READ  Cara Membuat Pakan Lele – dari dedaunan, dari dedak padi, dari ampas tahu

Dalam tahap ini sangat lah perlu dilakukan agar kita bisa mengontrol perkembangan cangkokan kita, lakukan penyiraman secara rutin dalam waktu 1 minggu sekali agar media tanam tetap lembab. Proses penyiraman lakukan dengan secukupnya saja , dikhawtirkan apabila media tanam terlalu basah dapat membuat calon akar yang tumbuh akan rusak dan menjadi busuk sehingga cangkokan akan menjadi gagal.

Pada umumnya proses pencangkokan memerlukan waktu kurang lebih 4 sampai dengan 6 minggu. Agar proses pencangkokan berhasil ,periksa secara rutin agar dapat memastikan akar yang tumbuh dari cabang sudah cukup banyak atau berkembang atau malah tidak tumbuh akar sama sekali. Proses cangkokan yang berhasil dapat dilihat dari tumbuh akar yang banyak.

  1. Tahap Pemotongan Cangkokan

Tahap selanjunya adalah tahap pemotongan cangkokan , jika akar sudah terlihat banyak tumbuh hingga menembus lapisan plastic penutupnya bisa dipastikan bahwa cangkokan sudah bisa dipotong  dari tanaman induknya.

Sebaiknya dalam proses pemotongan dilakukan dengan menggunakan alat bantu gergaji agar bibit dimedia tanam tidak rusak. Selanjutnya setelah dipotong lakukan pemangkasan pada bagian daun dan ranting bibit untuk mengurangi tingkat penguapan. Setelah proses pemotongan selesai  baru kemudian pindahkan bibit jeruk  kedalam polybag, atau sejenis media tanam lainnya.

Demikian sedikit ulasan Cara Menanam Jeruk – dari biji dalam pot, dari Cangkok semogah bisa bermafaat dan menambah informasi. Terima Kasih Selamat mencoba !!!