Cara Menanam Bawang Putih – Untuk Pemula, Dibotol Aqua,Di Paralon Tanpa Tanah

Posted on

Cara Menanam Bawang Putih – Untuk Pemula, Dibotol Aqua, Di Paralon Tanpa Tanah

Cara Menanam Bawang Putih – Di balik bau dan rasanya yang khas, bawang putih punya banyak manfaat di bidang kesehatan. Salah satunya sebagai anti inflamasi dan juga obat sariawan. Biasanya bawang putih akan digunakan sebagai bahan campuran masakan sebagai penyedap rasa.

Kurang lengkap rasanya kalau masak tidak menggunakan bawang putih. Buat ibu-ibu pasti paham banget deh betapa pentingnya kehadiran si putih ini di dapur kita. Terkadang harganya yang mahal menjadi sebuah kendala untuk menghadirkan si putih ini di dapur kita. Eiiitss, jangan khawatir di artikel kali ini saya akan berbagi tentang bagaimana cara menanam bawang putih yang simpel bagi pemula. Simak baik-baik penjelasan berikut ini.

Cara Menanam Bawang Putih Untuk Pemula

Bagi anda yang ingin menanam bawang putih sendiri di rumah, memang tidak mustahil dilakukan meskipun dilakukan oleh seorang pemula karena ada beberapa metode menanam bawang putih yang mudah dan tentu saja bisa dilakukan dengan bantuan beberapa barang barang bekas seperti botol aqua.

Mau tahu bagaimana caranya? Simak di bawah ini yuk!

Menanam Bawang Putih di Botol Aqua

Bagi ibu-ibu yang ingin persediaan bawang putih nya eksis terus tapi gak mau ribet bisa mencoba menanam bawang putih dengan menggunakan botol plastik bekas. Caranya dengan memotong bagian satu sisi botol sehingga menyerupai sebuah kapal.

READ  Ayam Kate - Jenis, Karakteristik, Pakan, Harga, Gambar

Lubangi sisi yang satunya secukupnya untuk membuang air yang berlebih. Selanjutnya isi botol dengan tanah dan campuran kompos sampai botol terasa padat. Kemudian sebelum bawang putih ditanam ke dalam media, bibit perlu disemai terlebih dahulu dengan menggunakan media air. Caranya adalah dengan merendam sedikit bagian bawah bawang sampai muncul tunas.

Proses penyemaian ini biasanya memakan waktu kurang lebih 4 hari. Setelah muncul tunas bibit siap ditanam di media. Jangan lupa untuk memberi air secara rutin setiap hari. Dalam 1 botol media tanam bisa memuat 2-3 tanaman. Perbanyak persediaan bila dirasakan perlu untuk memenuhi kebutuhan 1 bulan.

Karena bawang putih biasanya baru bisa dipanen saat umur tanaman mencapai 1,5 bulan. Cara ini cukup mudah dan murah bagi pemula yang ingin menanam bawang putih di rumah.

Menggunakan Media Paralon dan Tanpa Tanah

Selain menggunakan media botol, menggunakan paralon dengan sistem hidroponik juga bisa menjadi pilihan. Sistem hidroponik merupakan cara menanam yang hanya menggunakan air tanpa menggunakan tanah sedikit pun. Untuk media benihnya biasanya menggunakan rockwool atau stonewool.

Cara untuk melakukan sistem hidroponik ini cukup rumit dan memakan biaya yang lebih banyak dibandingkan dengan cara yang sebelumnya. Pertama kita perlu menyiapkan paralon yang nantinya kita rangkai sedemikian rupa sehingga menyerupai bentuk undakan.

Kemudian kita perlu pompa air untuk mengalirkan air secara berkala. Air yang digunakan dalam sistem ini tentunya bukan hanya air biasa melainkan air yang telah diberi campuran AB mix. AB mix adalah larutan pengganti pupuk yang di dalamnya sudah mengandung berbagai mineral yang dibutuhkan oleh tanaman dalam bentuk cair.

Setelah itu lubangi paralon yang telah kita buat rangkaian tadi seukuran diameter net pot. Nantinya net pot ini bisa kita isi dengan berbagai media tanam yang kita sukai.

READ  Jamur Tiram – Cara Budidaya,Jenis, Keuntungan, Kerugian, Gambar

Umumnya dalam hidroponik menggunakan rockwool sebagai media tanam. Jika sudah siap maka bibit bawang putih yang sudah kita siapkan sebelumnya bisa langsung kita tanam di dalam rockwool yang telah disiapkan. Perawatan rutin hanya perlu mengganti air secara berkala sekitar 4-5 hari sekali.

Walaupun cara hidroponik akan memakan biaya lebih banyak namun cara ini bisa dilakukan terus menerus dan bisa digunakan untuk menanam tanaman lain. Hasil umbi bawang putih pun akan terlihat lebih besar bila dibandingkan dengan cara yang sebelumnya. Hal ini dikarenakan ruang yang ada akan lebih luas karena setiap lubang paralon hanya akan diisi oleh 1 bibit bawang putih.

 

Mudah bukan untuk menanam bawang putih sendiri di rumah. Selain menghemat keuangan untuk membeli bawang putih kita juga bisa mengajarkan anak-anak kita untuk bercocok tanam sederhana di rumah.

Cara ini bukan hanya bisa dilakukan untuk bawang putih tetapi juga untuk bawang merah, bawang bombay, bawang daun dan sayur-mayur lainnya.

Sekian untuk artikel kali ini, semoga bermanfaat untuk kita semua. Sampai jumpa lagi!

Artikel Lainnya :