Cara Menanam Bawang Merah –  Agar Panen Melimpah

Posted on

Cara Menanam Bawang Merah –  Agar Panen Melimpah

Bawang merah merupakan jenis tanaman yang sering kita temui saat ini, dikarenakan bawang merah merupakan tanaman yang banyak dibutuhkan untuk bumbu dapur dalam kehidupan sehari-hari. Budidaya bawang merah sudah banyak dilakukan di setiap provinsi diindonesia, tanaman bawang putih juga termasuk kejenis tanaman hortikutura yang sudah lama dibudidayakan oleh para petani dengan baik dan intensif. Budidaya bawang putih oleh petani juga bisa berdampak terhadap perkembangan ekonomi disuatu daerah.

Meskipun terkandang dalam budidaya bawang merah masih juga terdapat kendala terutama dari segiteknis, untuk mengurangi resiko tersebut budidaya bawang merah secara baik dan benar harus menjadi perhatian bagi para petani bwang merah, agar saat panen dapat menghasilakan panen yang melimpah. Musim hujan juga bisa menjadi kendala saat budidaya bawang merah tetapi ketika para petani sudah menguasai secara teknis cara menanam bawang merah maka musim hujan bukan menjadi hambatan.

Berikut Cara Menanam Bawang Merah Agar Panen Melimpah :

  1. Pemilihan Jenis Benih Bawang

Dalam pemilihan benih bawang merah yang berkualitas sangatlah penting untuk meningkatakan kualitas bawang merah saat panen nanti. Saat memilih benih carilah benih bawang merah yang bagus, sehat dan dipanen tua , antara 80 samapai dengan 100 hari. Benih bawang merah yang bagus biasanya setidakanya telah disimpan selama 2 sampai 3 bulan, dengan ukuran benih sekitar 1,5 sampai 2 cm dengan bentuk yang bagus, tidak cacat dan berwarna merah tua berkisar 1,4 – 2,5 ton. Tergantung dengan ukuran benih serta jarak tanam yang petani pakai.

  1. Pemilihan Lahan dan Pengolahan Tanah
READ  Pohon Apel - Malang, Umur, Daun, Berbuah

Pengolahan tanah untuk penanaman benih bawang merah, sebaikanya dilakukan pembajakan lahan dengan kedalaman maksimum 20 cm. Setelah itu buatlah gulutan dengan ketingian lebih kurang 50 cm, dengan lebar lebih kurang 100 cm dengan jarak antara bedeng lebih kurang 50 cm. setelah bedengan jadi gunakan dan taburkan pupuk kandang diatasnya kurang lebih 10 sampai 20 ton per hektar ( tergantung lebar tanah ) kemudian siram dengan GDM Black Bos dengan dosis 1 gelas air mineral pertangki. Setelah itu tutuplah bedengan dengan mulsa plastik. Fungsi dari GDM Black Bos berfungsi untuk meningkatkan kualitas tanah dan mencegah terjadinya jamur dan bakteri, dan mempercepat proses pengomposan dalam tanah, meremediasi residu kimia dan logam berat di dalam tanah sehingga menjadikan tanah sangat gembur dan subur.

  1. Jarak Tanam Bawang

Dalam menentukan jarak tanam sangat perlu dilakukan oleh petani agar tidak menggagu pertumbuhan bawang itu sendiri. Jarak tanam untuk penanaman bawang merah saat musim hujan adalah 20 x 20 cm, sedangkan pada musim kemarau adalah 15 x 15 cm.

  1. Cara Menanam Bawang Merah

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum menanam benih bawang merah sebaikanya rendam umbi bawang merah lebih kurang 15 sampai dengan 30 menit. Dengan menggunakan pupuk organic cair khusus tanaman pangan sayur, yang bertujuan untuk menghilangkan penyakit pada benih bawang merah. Sehingga dapat mempercepat prosespertumbuhan umbi bawang merah tersebut.

  1. Pemupukan

Setelah proses penanaman benih bawang selesai dilakukan dan bawang merah mulai tumbuh, ketika benih bawang merah sudah berumur  7 hari setelah tanam. Lanjutkan dengan penyemprotan POC GDM dengan dosis 2 gelas air mineral pertangki dan lakukan setiap 1 minggu sekali. Untuk penyemprotan sebaikanya dilakukan pada pagi hari sebelum pukul 09.00 WIB atau pukul 16.00 WIB. Sebelum melakukan penyemprotan sebaikanya cuci tangki terlebih dahulu agar terbebas dari sisa-sisa kimia yang masih menempel pada tangki agar bakteri GDM tidak mati dan bisa bekerja secara baik dan maksimal sehingga pertumbuhan dapat meningkat saat panen nanti.

  1. Pengairan
READ  Cara Menanam Jeruk - dari biji dalam pot, dari Cangkok

Proses pengairan sangat perlu dilakukan untuk menjaga kestabilan serapan air sesuai kondisi tanah dan tanaman bawang merah. Serta jaga kebersihan gulma untuk menghindari adanya persaingan dalam memperoleh nutrisi antara gulma dan tanaman. Lakukan penyianagan sebanyak 2 sampai 3 kali dengan melihat kondisi pertumbuhan gulama dilahan sebelum melakukan pemumpukan susulan.Hal ini dilakukan agar meminimalisir serangan hama dan penyakit tanaman lainnya.

  1. Jangka Waktu Panen Bawang Merah

Dalam hal ini ,umur panen bawang merah umumnya dipanen umur 55-90 hari tergantung dari varietas yang ditanam, dan juga kondisi jenis tanah dan ketinggian tempat. Tanaman bawang merah yang sudah siap dipanen dapat dilihat  dari umbi bawang merah yang sudah terbentuk,umbi sebagian besar sudah muncul dipermukaan tanah. Selanjutnya prosentase daun bawang yang rebah sudah mencapi 80 % dan sebagian besar daun berwarna kuning pucat.

Demikian sedkit innformasi Cara Menanam Bawang Merah – Agar Panen Melimpah, semgogah bermanfaat Terima kasih .Selamat mencoba…!!