Cara Menanam Anggur – hidroponik dari biji, dari batang

3 min read

Cara Menanam Anggur – dari biji, dari batang, hidroponik

Cara Menanam Anggur –hidroponik  dari biji, dari batang

Pada kesempatan ini penulis akan mencoba berbagi cara dan tips cara menanam tanaman anggur. Tentu kita sudah banyak tahu tanaman anggur karna buah anggur salah satu tanaman yang banyak digemari, karena memiliki  rasa yang khas yang enak dikonsumsi oleh banyak orang. Tanaman anggur juga memiliki berbagai macam kandungan senyawa yang lebih dikenal dengan sebutan resveratol dan polifenol, yang berguana untuk meta bolisme tubuh untuk mencegah pertumbuhan sel kanker.

Untuk lebih jelasnya penulis akan menjelaskan bagaimana cara menaman buah anggur dengan metode menggunakan hidroponik dari biji,dari batang.

1. Cara Menanam Anggur dari Biji

Pertama yang harus dilakukan sebelum menanam anggur dengan memanfaatkan bji anggur, pilihlah varietas anggur yang tepat. Ada ribuan variates anggur didunia ini, agar berhasil menanam anggur, pilihlah variates yang terbaik untuk ditanam dengan memperhatikan kondisi iklim didaerah kita . Dikarenakan setiap variates anggur berbeda dan lebih cocok untuk wilayah geografis dan kondisi iklim tertentu.

Setelah kita mengetahui variates anggur yang kita ingin tanam, selanjutnya carilah biji anggur, anda bisa mendapatakannya dengan cara membeli dari pusat pembibitan atau dari petani yang sudah membudidayakan tanaman anggur.

Pastikan bahwa biji anggur tersebut layak untuk ditanam, periksa biji anggur dan pastikan dalam keadaan sehat dan kondisi baik untuk ditanam. Langkah yang harus anda lakukan :

a.Bersihkan biji anggur

Bersihkanlah biji anggur dengan lembut agar kotoran yang menempel dibuah bisa dihilangkan , setelah dibersihan kita akan dapat membedakan buah biji anggur yang sehat dan akan terasa keras dan tetap bagus saat disentuh.

READ  Cara Budidaya Ikan Gurame – Di Kolam Terpal Agar Cepat Besar

b.Perhatikanlah warna biji anggur

Biji anggur yang sehat akan terlihat berwarna abu-abu pucat atau berwarna putih di bawah kulit biji anggur.

c.Masukan biji-biji anggur kedalam air

Dalam proses ini sangat penting dilakukan agar kita dapat memperhatikan biji anggur yang bagus untuk ditanam, Bila terdapat biji yang mengapung saat dimasukan kedalam air, sebaikanya dibuang dikarenakan biji tersebut tidak sehat dan tidak baik untuk ditanam atau dibudidayakan. Setelah itu ambilah biji anggur yang bagus lalu cuci secara menyeluruh untuk menghilangkan ampas dan kotoran. Kemudian rendamlah biji anggur didalam sedikit air yang telah disuling selama lebih kurang  24 jam.

d. Proses strafikasi pada biji anggur

Banyak biji anggur memerlukan suhu dingin  untuk memulai proses perkecambahan. Secara alami hal itu dapat dicapai jika biji berada didalam tanah pada saat musim dingin. Untuk biji anggur itu sendiri, waktu terbaik untuk memulai stratifikasi adalah bulan Desember atau musim dingin di belahan bumi utara.

  • Siapkan sebuah bedeng untuk benih Anda. Isilah kantung udara atau kapsul dengan media yang lembut seperti kertas tisu yang basah atau pasir, vermiculite (media tanam terbuat dari mineral steril dengan porositas tinggi, mampu menyerap air dalam jumlah banyak juga mudah dikeringkan secara cepat) atau peat moss (gambut) yang telah dibasahi. Peat moss adalah pilihan terbaik untuk benih anggur karena media tersebut memiliki sifat anti jamur sehingga akan mengurangi jamur yang akan merusak benih.
  • Selipkan benih ke dalam bedeng. Tutup benih tersebut dengan media tumbuh sekitar 1,25 cm.
  • Dinginkan benih. Temperatur ideal untuk proses stratifikasi adalah stabil pada angka 1-3ºC, sehingga kulkas merupakan tempat terbaik untuk proses ini. Simpanlah benih di dalam kulkas selama dua sampai tiga bulan. Perhatikan, jangan sampai benih tersebut membeku.
READ  Pohon Jati – Cara Budidaya, Jenis, Manfaat, Gambar

e.Penanaman Biji Anggur

Untuk proses ini sebaiknya dilakukan pada awal musim semi, ambilah biji dari kulkas dan tanamlah didalam pot yang telah diisi tanah yang bagus. Pastikan bahwa benih Anda berada dalam kondisi cukup hangat. Untuk perkecambahan yang bagus, benih anggur memerlukan temperatur harian minimal 20ºC dan temperatur pada malam hari sekitar 15ºC. Gunakan teknik rumah kaca atau alas pemanas untuk menjaga dalam temperatur yang tepat.

Jagalah agar tanah tetap basah namun tidak terlalu basah hingga tergenang. Berikan pengembunan pada permukaan benih menggunakan penyemprot air yang halus ketika tanah terlihat mulai kering. Amati pertumbuhannya. Benih anggur umumnya memerlukan waktu sekitar 2-8 minggu untuk berkecambah.

2. Cara Menanam  Anggur Dari Batang

Menanam tanaman anggur dengan metode stek batang, dalam hal ini sudah sering banyak kita lihat diberbagai jenis tanaman yang dapat dilakukan penyetekan, dalah satunya tanaman anggur. Stek tanaman anggur dapat dilakukan dengan tanpa perangsang akar sekalipun, untuk stek tanaman anggur itu sendiri kuncinya pada saat kita melakukan pemilihan batang atau cabang tanaman anggur yang akan kita lakukan penyetekan. Bahan yang harus disiapkan sebelum melakukan penyetekan tanaman anggur :

    1. Siapkan tanaman induk yang akan kita ambil untuk distek.
    2. Gunting tanaman atau potong dengan menggunakn pisau.
    3. Siapkan Polybag ukuran sedang
    4. Media tanam mengunakan tanah dan sekam padi.
    5. Siapkan batang anggur yang akan distek, disarankan pilih batang anggur yang sehat dan produktif, dan pertumbuhannya bagus dan bebas dari serangan hama dan penyakit serta pilih batang yang berwarna coklat atau sudah berkayu. Pangkas semua ranting dan daunnya, kemudian potong-potong batang tersebut  dengan panjang sekitar 20 cm atau minimal memiliki 2 ruas mata tunas, adapun cara pemotongannya adalah pada potongan atas batang stek dipotong miring sedangkan pada bagian bawahnya ( bagian yang akan ditancapkan ke tanah ) jika terdapat mata tunas pangkas saja, karena akan menjadi tempat munculnya akar.
    6. Siapkan gelas atau wadah sejeninya untuk merendam bibit kurang lebih selama 2 jam. Selanjutnya siapakan media tanam batang stek dengan komposisi tanah yang subur dan sekam padi, setelah itu aduk sampai merata. Kemudian masukan media tanam  menggunakan tanah dan sekam padi, kedalam gelas plastik bekas air mineral hingga penuh. Selanjunya tancapkan batang stek pada media tanam yang telah disediakan, untuk memeprcepat pertumbuhan akar. Sebaikanya olesi batang stek dengan perangsang akar berupa bawang merah atau dengan perangsang jenis lainnya. Setelah itu siram media tanam dan batang stek secara rutin dan letakkan di tempat atau kondisi teduh.
READ  Pisang raja – Jenis , Ciri, Manfaat

Setelah 2-3 bulan batang stek biasanya sudah mulai tumbuh tunas baru dan diikuti pertumbuhan akar baru, jika sudah mulai tumbuh besar sebaiknya dipindahakan ketempat media tanam yang lebih besar.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai cara menanam tanaman anggur menggunakan metode hidroponik dari biji dan dari batang Semoga bermanfaat. Terima Kasih selamat mencoba !!!!.