Cara Mempercepat Windows 10

Posted on

Cara Mempercepat Windows 10

Cara Mempercepat Windows 10 – Windows 10 merupakan sistem operasi yang saat ini sering digunakan oleh banyak pengguna baik di PC maupun juga di laptop. Karena pada sistem operasi  satu ini memiliki kualitas yang performa yang cukup memuaskan. Namun pernahkah kalian merasa jika perangkat kalian menjadi lebih lambat secara tiba – tiba?

Untuk itu Mastekno kembali mencoba  memberikan tips dan tutorial menarik untuk kalian yang mengalami masalah pada performa windows 10, simak ulasan di bawah ini agar membuat performa pada windows 10 kalian menjadi lebih keren.

Cara Mempercepat Windows 10

  1. Mempercepat Prosesor

Windows memiliki 3 pengaturan standar pada pengaturan daya prosesor. Di antaranya adalah High Performance, Balanced, dan Power Saver. Apabila kalian sudah menggunakan Power Saver pada Windows 10, maka sebaiknya kalian ubah saja ke Balance atau High Performance karena menggunkan Power Saver justru akan membuat windows 10 kalian akan menjadi lebih lambat.

Cara merubah pengaturannya yaitu dengan menuju ke Control Panel kemudian klik pilih Hardware and Sound dan kluk Power Option. Kalian akan diberikan dua pilihan yaitu Power Saver dan Balanced (recommended) , sementara itu untuk melihat setting  Performance, kalian bisa klik tanda panah Show Additional Plans.

  1. Matikan Program Yang Tidak Perlu

Sadarkah kamu jika salah satu alasan PC Windows 10 akan menjadi lebih lelet dikarenakan terlalu banyak program yang berjalan pada background, Oleh karena itu tak jarang program program ini  jarang sekali digunakan. Oleh sebab itu sebaiknya program ini dihentikan operasinya saja dengan menggunakan Task Manager, dengan cara  menekan “Ctrl + Shift + Esc” bisa juga dengan pilih pojok kanan bawah layar kemudian kalian pilih Task Manager, klik More Details agar dapat mengakses Task Manager dengan lebih lengkap.

READ  Cara Menyambungkan Hotspot - Android , iPhone, Windows Phone

Selanjutnya pilih tab Starup, di sinilah kalian akan melihat beberapa daftar program yang sedang bekerja di starup, setelah itu klik kanan kemudian pilih disable untuk program yang menurut kalian tidak terlalu penting.

  1. Nonaktifkan  Shadow, Efek KhususbDan  Animasi,

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Windows 10 adalah tampilannya yang lebih bagus jika dibanding dengan program Windows sebelumnya. Penggunaan  banyak visual efek bisa juga mempengaruhi kinerja pada sistem, terutama bagi kalian yang masih mempergunakan PC lama dengan spesifikasi yang  biasa saja, oleh karena itu agar meminimalisir penggunaannya adalah dengan cara sebagai berikut ini.

Ketik “sysdm.cpl” di kotak pencarian Windows 10, kemudian tekan Enter, nanti akan muncul kotak dialog System Properties. Kemudian klik tab Advanced dan klik Setting pada bagian Performance. Kalian akan coba mastekno  untuk melihat berbagai daftar menu shadow, efek khusus dan juga animasi . Kemudian pilih menu Adjust For the Best Performance yang terletak pada  bagian atas layar kemudian  klik OK agar menonaktifkannya.

  1. Matikan Search Index

Terdapat fitur pencarian yang dikenal dengan search index, pada fitur ini memungkinkan kalian untuk bisa mengakses aplikasi, file dan lain -lain dengan cepat tidak harus menuju pada sumber folder, meskipun sangat membantu namun tahu kah kalian jika kalian terlalu sering mempergunakan fiturini justru akan membuat proses loading pada PC menjadi sedikit melambat. Oleh karena itu sebaiknya kalian harus  matikan fitur ini, berikut ini cara mematikannya menu tersebut.

Ketik atau tulis “service.msc” pada pencarian Start di Menu kemudian jendela Service akan muncul kemudian Cari Windows Search  atau Indexing Service  pada daftar layanan kemudian klik dua kali, selanjutnya klik Stop dan reboot.

  1. Berantas Bloatware

Bloatware atau adware juga menjadi penyebab   kinerja PC menjadi lambat, selain itu juga Bloatware ini bisa juga membuat hardisk banyak dipenuhi aplikasi yang kalian tidak diinginkan. Untuk menghilangkannya kalian bisa dengan cara uninstall program tersebut secara manual dengan cara Pilih dan klik kanan dari menu Start kemudian pilih Control Panel, selanjutnya sorot menu dan klik Program dan klik Uninstall A pada Program.

READ  Cara Me-Nonaktifkan Kartu Simpaty

Ada juga cara lain yang bisa kalian lakukan agar bisa membersihkan bloadware atau adware menggunakan tool seperti McAfee LiveSafe atau  Notron Security . Kamu juga bisa menggunakan berbagai macam aplikasi anti – malware bawaan dari Windows 10 yang telah terbukti bisa memberantas bloatware atau hardware dikarenakan software tersebut secara otomatis akan bisa menampilkan daftar aplikasi yang menganggu di PC kalian dan kalian juga bisa memilih aplikasi mana yang ingin kalian uninstall.

 

Demikian sedikit ulasan kali ini mengenai bagaimana cara mempercepat Windows 10 yang telah Mastekno rangkum khusus untuk kalian. Silahkan dicoba!

Artikel Lainnya :