Cara Membuat Pakan Lele – dari dedaunan, dari dedak padi, dari ampas tahu

Posted on

Cara Membuat Pakan Lele – dari dedaunan, dari dedak padi, dari ampas tahu

Ikan lele merupakan jenis ikan tawar yang sangat sering kita jumpai, banyak sekali petani di Indonesia yang sudah membudidayakan jenis ikan tawar ini. Dikarenakan sangat menguntungkan dengan harga dipasaran yang relatif stabil, yang menjadi daya tarik sendiri petani Indonesia.

Dalam memberikan pakan makanan ikan lele juga sangat lah perlu diproses dengan baik, agar dapat meningkatkan pertumbuhan ikan lele itu sendiri. Banyak juga pakan tambahan untuk ikan lele seperti hewan-hewan kecil seperti anak katak,cacing, bekicot dan masih banyak lagi.

Ada juga jenis pakan ikan lele buatan pabrik yang sering digunakan oleh peternak , seperti pellet yang sering digunkan karena dalam budidaya lele menjadi lebih cepat dalam pertumbuhanya dengan kurun waktu lebih kurang 2 bulan. Namun terkadang memiliki kendala yang sering dikeluhkan oleh pembudidaya karena harga pakan lele buatan pabrik semakin mahal sedangkan harga jual lele belum bisa ditentukan.

Untuk mengatasi hal tersebut, maka harus ada solusi yang harus dilakukan oleh peternak lele agar bisa mengurangi beban biaya dengan hasil yang sama. Untuk lebih jelasnya penulis ingin berbagi cara membuat pakan lele dari dedaunan, dari dedak padi, dari ampas tahu.

Cara Membuat Pakan Lele dari Dedauan

Hal pertama yang harus disiapkan untuk membuat pakan lele, peternak harus menyiapakan, Daun kangkung, Daun Pepaya, Daun Turi, Daun Lamtoro.  Dalam proses pembuatan pakan resep ini juga masih  tetap  membutuhkan protein pakan  dari pelet, dalam hal ini jumlah pelet yang digunakan tidak banyak. Lebih kurang dalam waktu 2 bulan dengan bibit lele dengan jumlah 1000 ekor hanya membutuhkan pelet pabrikan lebih kurang 42 kg. Sementara biasanya budidaya lele i menggunakan bahan pakan pelet, untuk 1000 ekor lele sampai panen membutuhkan pelet sebanyak lebih kurang sebanyak 80 kg.

READ  Budidaya Kacang Hijau – Di Sawah, Di Polybag

Cara Pemberian Pakan Lele

  1. Pada minggu I, benih lele ukuran 5-7 cm diberi pakan pelet sebanyak 2 kg,
  2. pada minggu II diberi pakan pelet sebanyak 3 kg,
  1. pada minggu III diberi pakan pelet sebanyak 4 kg.
  2. Pada minggu IV ini lele sudah mulai diberi makan daun-daunan dan masih tetap diberi pakan pelet. Pada minggu IV diberi pakan berupa pelet 4 kg, daun turi 2 kg, lamtoro, 1 kg, pepaya 2 kg, dan kangkung 1 kg. Daun-daunan tersebut harus dipotong kecil-kecil agar lele mudah untuk memakannya.
  3. Pada minggu V diberi pakan pelet 5 kg, turi 2 kg, lamtoro 1 kg, pepaya 2 kg, dan kangkung 2 kg.
  4. Pada minggu VI diberi pakan pelet 6 kg, turi 3 kg, lamtoro 2 kg, pepaya 3 kg, dan kangkung 3 kg.
  5. Pada minggu VII diberi pakan pelet 8 kg, turi 4 kg, lamtoro 2 kg, pepaya 4 kg, dan kangkung 4 kg.
  6. Pada minggu VIII diberi pakan pelet 10 kg, turi 5 kg, lamtoro 3 kg, pepaya 5 kg, dan kangkung 5 kg.

Setelah lele berumur IV minggu, pemberian daun-daunan dapat langsung diberikan tanpa dipotong kecil-kecil, karena pada umur IV minggu lele sudah mulai besar dan kuat. Daun kangkung dapat diganti dengan daun enceng gondok atau daun singkong.

Cara Membuat Pakan Lele Dari Dedak Padi

Dedak padi merupakan hasil proses pemisahan beras dari sekamnya, melalui proses penggilingan padi yang sering digunakan untuk memebri pakan ikan lele. Dedak padi itu sendiri memeliki kandungan protein dan nutrisi dangat cocok untuk pakan budidaya ikan lele.

Pertama siapkan  alat dan bahan untuk membuat pakan :

  1. Kompor
  2. Panci
  3. Tempat Baskom
  4. Dedak Padi sebanyak 1 Kg
  5. Ragi tape 2 butir
  6. Air Bersih
  7. Kantong Plastik

Setelah itu campurkan dedak padi dengan air bersih, kemudian diaduk sampai rata hingga kalis bila dikepal  atau diremas tidak keluar air lagi dan tidak mudah hancur. Selanjutnya adonan dedak yang telah dikalis masukan kedalam panic yang telah disediakan tadi, kemudian kukus selama lebih kurang 15-30 menit. Kemudian hakuskan ragi tape, angkat kukusan dedak padi, selanjutnya campurkan dedak padi dengan ragi yang telah kita haluskan tadi. Selanjutnya masukkan dedak padi kedalam kantong plastic terus tutup rapat dan diamkan selama 3 sampai dengan 5 hari, setelah proses selesai buka dan keringkan/jemur dibawah sinar matahari. Setelah proses semua sudah selesai pakan sudah siap untuk diberikan budidaya ikan lele.

READ  Cara Menanam Jeruk - dari biji dalam pot, dari Cangkok

Cara Membuat Pakan Ikan Lele Dari Ampas Tahu

Ampas tahu juga sering digunakan untuk memeberi pakan ikan lele dikarenakan ampas tahu juga mengandung protein yang lumayan tinggi dan bagus untuk pertumbuhan ikan lele.

Pertama Siapakan bahan untuk membuat pakan ikan lele

  1. Ampas Tahu sebanyak 5 kg
  2. Dedak sebanyak 6 kg
  3. Tepung jagung sebanyak 4 kg
  4. Tepung ikan sebanyak 1.5 kg
  5. Em4 sebanyak 0.5 liter.
  6. 20 butir minyak ikan
  7. Siapakan 2 bungkus suplemen vitamin
  8. Siapkan air bersih secukupnya

Setelah semua telah disiapakan langkah selanjutnya campurkan semua bahan  dan aduk sampai rata samapai menjadi seperti adonan kue. Selanjutnya adonan tersebut diamkan sampai 5-7 hari, setelah proses selesai buka adonan terus cetak atau ptong-potong adonan dan jemur sampai kering. Setelah proses sudah selesai pakan siap digunakan untuk budidaya ikan lele.

Demikian cara membuat pakan ikan lele – dari Dedauanan, Dedak Padi, dan Ampas Tahu semogah bermanfaat dan menambah informasi bagi peternak terima kasih dan selamat mencoba.

Baca Artikel Lainnya :

Budidaya Ikan Lele – Ciri Ciri, Makanan, Manfaat, Dumbo, Gambar
Cara Budidaya Ikan Gurame – Di Kolam Terpal Agar Cepat Besar
Budidaya Ikan Lele – Tips Agar Cepat Panen