Cara Membuat Email Lewat Ponsel

Posted on

Cara Membuat Email Lewat Ponsel

Hai, Sahabat Tekno, kembali lagi dengan Mas Tekno di sini yang kali ini akan membahas tentang cara membuat email lewat ponsel. Sebelum itu, Mas Tekno ingin menyapa Sahabat Tekno yang sedang membaca artikel ini, bagaimana kabarnya? Mas Tekno sehat-sehat saja disini. Semoga Sahabat Tekno yang di sana juga selalu sehat ya.

Nah, sebelum masuk ke cara membuat email lewat ponsel, Sahabat Tekno harus tahu apa, sih, email itu? Mari kita bahas. Email ini punya pengertian berupa layanan surat elektronik yang biasa di gunakan untuk mengirim atau menerima surat secara online, kegunaannya mirip dengan pos, email punya alamat yang berfungsi sebagai perantara baik dari penulis maupun penerima.

Email punya fungsi enggak Cuma sebagai sarana pertukaran pesan elektronik, loh, Sahabat Tekno. Di zaman yang serba teknologi dan canggih ini, email sering digunakan untuk keperluan di media sosial, membuat blog, belanja online dan lain sebagainya semuanya mulai membutuhkan email.

Ada beberapa jenis layanan membuat email yang melayani pembuatan email ini, tapi Mas Tekno menyarankan untuk menggunakan Gmail dan Yahoo! karena penggunaan yang umum, mudah di mengerti, dan gratis.

Sahabat Tekno, Gmail sendiri ini milik Google LCC dimana penggunanya bisa mengakses Gmail ini dalam bentuk surat web HTTPS, protokol POP3 atau IMAP4.

Kalau Yahoo! Mail ini milik Yahoo! dan penyedia surat elektronik terbesar di internet, loh, Sahabat Tekno. Penyaingnya ada Windows Live Hotmail, Gmail dan AOL Mail.

READ  Lupa Password Windows 10

Mas Tekno juga mau bahas sedikit tentang kelebihannya Gmail, nih, Sahabat Tekno. Gmail punya 9 kelebihan, yaitu:

Penyaringan Spam

Gmail melakukan penyaringan terhadap upaya adanya spam, virus, dan phising iklan yang bisa di bilang efektif dibandingkan dengan penyedia layanan email lainnya, Sahabat Tekno.

Merger pakai Google Hangouts

Google hangouts punya kelebihan dimana kita bisa melakukan videocall bersama banyak orang di waktu yang sama. Untuk mengetahui siapa saja kontak yang memakai hangouts ini Sahabat Tekno bisa melihat tampilan desktop gmail yang menampilkan kontak hangouts di sisi kiri layar.

Akses Offline

Kalau Sahabat Tekno mau mengakses Gmail tanpa sambungan data, Sahabat Tekno bisa memasang ekstensi Gmail offline chrome pada web browser

Bisa login ke beberapa akun sekaligus

Google mengizinkan Sahabat Tekno untuk bisa login ke beberapa akun sekaligus bagi Sahabat Tekno yang punya email Gmail lebih dari satu. Jadinya, Sahabat Tekno tidak perlu repot membuka windows browser yang banyak hanya untuk membuka email lainnya.

Kapasitas penyimpanannya lumayan besar

Kapasitas penyimpanan yang gratis di berikan oleh Gmail sebesar 15 GB. Tapi, kalau ternyata Sahabat Tekno merasa kapasitas itu kurang, Sahabat Tekno bisa mengupgrade kapasitasnya jadi 100 GB. Tentu saja dengan membayar $1,99/bulannya.

Bisa melihat tampilan secara langsung

Dengan fitur ini, Sahabat Tekno bisa melihat file tanpa harus keluar dari Gmail. Bahkan bisa menyimpan lampiran secara langsung ke Gdrive, loh.

Berbagi lebih banyak dengan Gdrive hingga 10 GB lewat email

Enggak perlu di refresh

Sahabat Tekno baru masuk aplikasi Gmail, enggak perlu repot tuh dengan yang namanya refresh karena Gmail akan merefresh dengan sendirinya setiap kita masuk ke aplikasi Gmail.

READ  Situs Download lagu

Fitur Snooze, bisa menunda email yang baru masuk untuk di baca

Nah, sekarang kita beralih, yuk, ke cara membuat email lewat ponsel.

Perhatikan baik-baik, ya, Sahabat Tekno.

 

Cara Membuat Email di Yahoo! Mail

Ikuti langkah ini, ya, Sahabat Tekno.

  1. Sahabat Tekno harus mengetik http://mail.yahoo.com di tab browser dan akan muncul tampilan seperti ini.
  2. Pilih bentuk persegi yang bertuliskan “Daftar” untuk membuat akun Yahoo! Mail.
  3. Kemudian, isilah data pribadi Sahabat Tekno pada formulir pendaftaran yang tertera seperti di bawah ini.
  4. Nah, setelah semuanya terisi, pilihlah “Lanjutkan.” Jangan pilih dia, ya.
  5. Jika data sudah terisi, maka akan muncul tampilan seperti ini.
  6. Kalau Sahabat Tekno sudah mengirimkan captcha diatas, selamat akun Sahabat Tekno sudah berhasil dibuat.

 

Cara Membuat Email di Gmail

Mas Tekno beralih ke Gmail sekarang. Perhatikan dan baca baik-baik ya, Sahabat Tekno.

  1. Sahabat Tekno lakukan hal yang sama pada cara di Yahoo! Mail. Yaitu, mengetik www.gmail.com di tab browser.
  2. Klik bagian “Buat Akun.”
  3. Nah, isi data pribadi Sahabat Tekno secara lengkap seperti tampilan berikut.
  4. Setelah semuanya selesai, Sahabat Tekno harus memilih, “Langkah Berikutnya.”
  5. Nantinya akan muncul kode verifikasi akun gmail. Biasanya kode ini akan di kirimkan ke nomer telepon yang Sahabat Tekno cantumkan dalam formulir data pribadi yang Sahabat Tekno submit sebelumnya. Sahabat Tekno bisa memilih metode dengan mengirim pesan atau lewat panggilan telepon.
  6. Setelah mendapat kode verifikasi, masukkanlah kode tersebut.
  7. Wah! Selamat! Sahabat Tekno telah berhasil membuat akun Gmail.

 

Cara yang di gunakan dalam membuat email di PC dan di ponsel tidaklah jauh berbeda, Sahabat Tekno. Mungkin yang berbeda hanyalah tampilannya yang saja jadi lebih kecil ya. Semoga apa yang Mas Tekno jabarkan di sini dapat membantu Sahabat Tekno dalam membuat email ya. Selamat mencoba, Sahabat Tekno.

READ  Download Aplikasi Avee Player Pro Premium Mod Apk

Artikel Lainnya :