Cara Instal Windows 10 Dengan Flashdisk

Posted on

Cara Instal Windows 10 Dengan Flashdisk

Cara Instal Windows 10 Dengan Flashdisk – Untuk menginstal Windows 10 biasanya kita menggunakan CD atau DVD, tapi bagaimana cara install Windows 10 dengan flashdisk? Caranya sebdiri tidak jauh berbeda kok, berikut ini Mas Tekno telah merangkum cara menginstal Windows 10 dengan flashdisk khusus untuk kamu.

Namun sebelum install windows 10 dengan flashdisk, kamu tentu harus menyiapkan flashdisknya terlebih dahulu dan jadikan sebagai bootable drive.

Kamu bisa menggunakan rufus untuk melakukan setting terhadap flashdisk dan mengisinya dengan sistem mengisinya dengan sistem windows 10.

Cara Menggunakan Rufus

Rufus adalah sebuah aplikasi buatan Pete Badard Rai Akeo Consulting, aplikasiini memiliki sebuah lisensi GNU GPL versi 3, sehingga kamu bisa menggunakannya secara gratis.

Langkah pertama sebelum kamu melakukan instalasi adalah dengan menjadikan flashdisk sebagai media bootable kemudian mengisinya dengan sistem operasi windows 10.

Cara Instal Windows 10 Dengan Flashdisk di Laptop

  1. Download Rufus

Apabila kamu belum mempunyai aplikasi ini kamu bisa mendownloadnya terlebih dulu kemudian memasangnya di komputer kamu.

  1. Buka aplikasi rufus

Buka aplikasinya dan jalankan aplikasi tersebut.

  1. Hubungkan flashdisk ke komputer

Lalu jangan lupa untuk menghubungkan flashdisk yang akan kamu jadikan sebagai installer Windows 10. Aplikasi ini akan secara otomatis mendeteksi flashdisk tersebut dan kemudian akan memunculkan berbagai macam informasi dari flashdisk tersebut mulai dari volume label, kapasitas, dan berbagai informasi yang lainya.

  1. Ubah file system

Kemudian ubah file system flashdisk tersbeut menjadi NTFS, centang di bagian Quick Format untuk membuat proses formatting flashdisk berjalan cepat.

READ  Lupa Password Windows 10

Lalu pilih file instalasi Windows 10 yang sebelumnya sudah kamu siapkan, centang pada opsi Create bootable disk using. Lalu pilih file ISO Windows 10 tersebut.

  1. Memulai proses format

Lanjutkan dengan proses pembuatan bootable dengan cara klik start, sehingga akan muncul sebuah jendela peringatan jika semua file yang ada di flashdisk tersebut akan dihapus lalu klik tombol OK untuk dapat melanjutkan proses tersebut.

Tunggu saja hingga proses pembuatan bootable selesai yang biasanya akan memakan waktu dari 10 hingga 15 menit.

Apabila proses sudah selesai makan di menu status akan bertuliskan Ready kemduian tutup aplikasi tersebut.

 

Akhirnya sekarang kamu telah memiliki flashdisk dengan sistem operasi Windows 10 yang akan kamu gunakan untuk proses instalasi akan tetapi sebelum itu kamu harus melakukan setting Primary atau Boot pertama di menu Bios.

Lakukan proses booting dengan menggunakan Hardisk yang akan mengubah settingan booting pertama menjadi ke flashdisk, hal ini dilakukan agar kamu dapat masuk ke proses instalasi.

Cara Instal Windows 10 dengan Flashdisk

Jika kamu sudah berhasil memilih flashdisk sebagai bootable pertama maka selanjutnya kamu akan masuk ke tahap instalasi Windows.

  1. Pencet Sembarang Keyboard

Jika proses restart berjalan maka akan muncul sebuah jendela hitam yang bertuliskan Press any key to boot from CD or DVD lalu tekan tombol apapun pada keyboard.

  1. Atur Waktu dan Tempat

Kemudian setelah kamu berhasil masuk ke jendela Windows Setup maka langkah berikutnya adalah Setting bahasa dan waktu, kemudian pilih English sebagai bahasa instalasi. Kemudian pada opsi Time and Currency formatnya ubah menjadi Indonesian dan pada opsi Keyboard or Input Methode tidak usah dibuah kemudian klik Next.

READ  Paket Internet Murah Semua Operator

Lanjutkan klik Install Now.

  1. Setujui Lisensi

Selanjutnya akan muncul jendela persetejuan instalasi maka klik opsi I accept the license terms, kemduian klik Next untuk lanjut ke tahap berikutnya.

  1. Pilih Custom Advance

Kemudian akan ada dua tipe instalasi yang muncul pilih di tipe Custom : Install Windows Only (advanced).

  1. Partisi Hardisk

Di bagian ini akan muncul jendela partisi hardisk, hapus saja partisi yang berisikan sistem operasi lama yang biasanya terletak di partisi sistem C, cara menghapusnya adalah dengan memilih pasrtisi tersebut lalu klik delete.

Jika sudah dihapus maka selanjutnya tinggal kita buat partisi baru dengan cara klik pada Unallocated Space kemudian klik New lalu akan secara otomatis partisi baru tersebut akan terbantuk dan di dalam partisi baru itu kita akan melakukan proses instalasi Windows.

Lanjutkan dengan klik partisi baru tersebut dan pilih Next untuk memulai proses instalasi, kalu proses instalasi pun akan berjalan dengan otomatis dan proses itu biasanya akan memakan waktu kurang lebih dari 30 menit, apabila proses instalasi sudah selesai maka komputer akan segera melakukan restart.

  1. Cabut flashdisk

Segera cabut flashdisk dari komputer agar kamu tidak masuk ke menu instalasi lagi.

  1. Masukkan product key

Lalu akan muncul jendela Product Key dan masukkan Product Key yang kamu miliki kemudian klik Next akan tetapi jika  tidak emmiliki product Key kamu bisa mengisi product key nanti dengan cara menekan Do this later.

  1. Setting

Kemudian akan muncul dua pilihan yakni Cuztomize dan juga Use Express Setting dan pilih opsi Use Express setting selanjutnya itu klik I own it lalu klik next.

  1. Login Akun Microsoft

Kemudian kamu akan diminta untuk login dengan menggunakan akun Microsoft, kamu dapat melakukan login tersebut sekarang mau pun nanti, caranya sendiri adalah dengan klik opsi Skip this step yang letaknya berada di bagian kiri bawah.

  1. Atur Nama dan Password

Lalu masukkan nama dan password pengguna akan tetapi di bagian password kamu bisa mengosongkannya saja jika kamu tidak ingin menggunakan password setiap kali mengakses komputer tersebut lalu klik Next.

  1. Windows 10 berhasil di instal

Kemudian akan muncul jendela biru dan tunggu hingga jendela tersebut menghilang dan kamu akan dialihkan ke destop yang menandakan jika proses instalasi sudah berhasil.

READ  Cara Mengembalikan Data Yang Terformat – HDD, SD Card dan Flashdisk

 

Jadi sekarang proses instalasi pun telah berhasil, nah semoga cara instal Windows 10 dengan Fashdisk dari Mas Tekno yang dapat kamu coba sendiri di rumah, semoga berhasil.

Artikel Lainnya :