Cara Hapus URL Situs Website di Google Penelusuran

Posted on

Cara Hapus URL Situs Website di Google Penelusuran

Cara Hapus URL Situs Website di Google Penelusuran
Cara Hapus URL Situs Website di Google Penelusuran

Web Crawl tidak dapat membedakan konten mana yang bersifat publik atau berisi informasi pribadi, jadi tidak jarang orang terasa menggangu dengan halaman yang sudah diindeks oleh mesin telusur.

Jadi apakah ada cara untuk menghapus URL dari Google?

Perlu diingat bahwa tidak semua URL yang diindeks pada halaman mesin pencari dapat dihapus dengan cara ini. Bagaimanapun, Anda harus memperhatikan beberapa persyaratan dan proses yang ada dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini sehingga Anda dapat melakukan langkah-langkah implementasi yang benar.

  1. Apakah konten yang ingin Anda hapus dari situs Anda?
  2. Apakah konten ada di situs orang lain?

Pada dua alur di atas, masing-masing juga memerlukan perlakuan yang sangat berbeda dalam menghapus URL. Oleh karena itu, pastikan sahabat gramsci untuk membaca artikel cara hapus url dari pencarian Google ini harus sampai selesai ya.

Cara cek URL Yang Sudah Di Indeks di Google Penelusuran

Cara cek URL Yang Sudah Di Indeks di Google Penelusuran
Cara cek URL Yang Sudah Di Indeks di Google Penelusuran

Selain memasukkan kata kunci terkait konten tertentu, ada cara sederhana namun efektif untuk mengetahui dan menentukan apakah konten Anda telah diindeks atau tidak.

Caranya adalah dengan menggunakan inurl “site: alamat website” yang dimasukkan di kolom pencarian Google.

READ  Tanda WhatsApp Diblokir

Hasil pencarian menunjukkan halaman konten mana yang masih diindeks oleh Google dan halaman mana yang tidak diindeks oleh pencarian.

Setelah Anda memastikan bahwa konten masih diindeks sehingga Anda dapat menghapusnya, Anda dapat menggunakan salah satu metode beriku :

4. Cara Untuk Menghapus URL di Google

1.Hapus Isi Konten

Cara termudah untuk menghapus konten yang telah diindeks oleh Google adalah dengan menghapus konten tersebut. Jika Anda adalah pemilik situs web, segera hapus konten tersebut kemudian alihkan tautan permanen ke 404 tidak ditemukan atau 410 (hilang).

Pilihan ini sangat berguna untuk menghapus konten, karena indeks Google tidak lagi terlihat oleh pembaca atau robot mesin pencari dalam waktu singkat.

Namun, ini akan menjadi masalah jika Anda bukan pemilik situs atau jika Anda tidak lagi memiliki akses ke halaman tertaut dengan nama login.

2.Google URL Removal Tool

Google URL Removal Tool
Google URL Removal Tool

Google menawarkan Alat Penghapusan bersama dengan alat pengindeksan konten. Sobat Gramsci

bisa memanfaatkan kesempatan ini secara gratis dengan mengunjungi halaman Google Search Console yang sudah ditautkan ke website.

Di sisi lain, cara kerja alat penghapusan URL sayangnya masih dianggap tidak efektif untuk saat ini karena memerlukan waktu tunggu yang lama dan Google mungkin akan mengindeks ulang konten yang sama di masa mendatang.

Saat menyelesaikan, Anda dapat melacak konten, dan jika konten yang diindeks ditemukan di masa mendatang, Anda dapat segera mengatasinya.

Sekali lagi, metode ini hanya berfungsi dengan baik jika Anda memiliki situs atau situs yang ingin Anda hapus dari mesin telusur.

3. Hapus menggunakan Plugin Yoast SEO

Hapus menggunakan Plugin Yoast SEO
Hapus menggunakan Plugin Yoast SEO

Ada trik khusus yang bisa digunakan untuk menghilangkan indeks konten di mesin pencari. Namun, trik ini hanya berlaku untuk pengguna situs web yang dihosting sendiri dengan platform WordPress.

READ  Download IpTv Pro Apk

Caranya adalah dengan menggunakan fitur Noindex yang termasuk dalam plugin Yoast SEO. Plugin ini tersedia secara gratis dan dapat digunakan langsung di artikel tertentu untuk menghapus URL dari pencarian Google tertentu.

4.Tambahkan Tag Noindex

Tambahkan Tag Noindex
Tambahkan Tag Noindex

Cara kerja tag Noindex pada dasarnya sama dengan metode nomor 3 menggunakan plugin SEO Yoast. Namun, cara ini bisa diterapkan ke berbagai jenis situs, tidak hanya situs yang menggunakan platform WordPress.

Untuk mencegah artikel atau konten diindeks oleh Google, teman-teman Qwords bisa menambahkan tag metadobot noindex, seperti gambar di bawah ini.

<meta name = “robots” content = “noindex”>

Perhatikan bahwa jika Anda memasukkan tag meta noindex di bagian <header> seperti pada contoh di atas, tidak semua halaman web akan diindeks oleh mesin telusur. Karena itu, berhati-hatilah saat menggunakan cara ini.

Hapus URL yang diindeks oleh Google di situs milik pengguna lain

Dalam beberapa kasus, kami sering menemukan penggunaan konten berhak cipta, penyebaran data pribadi tanpa izin, atau masalah lain yang terkait dengan perlindungan data pribadi pengguna.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengirim atau mengklaim penghapusan konten ini dari hasil pencarian Google.

1. Hubungi pemilik situs web

Cara paling efektif untuk menghapus jejak digital dari indeks mesin pencari adalah menghubungi pemilik situs web yang sesuai. Gunakan pendekatan verbal dan nonverbal agar blogger atau pemilik situs ingin menghapus konten dari mesin pencari.

Cara ini tidak selalu berhasil karena faktor sosial atau perasaan ketidakpedulian pemilik situs. Namun, metode ini patut dicoba dan dipertimbangkan.

2. Klaim DMCA

Digital Millennium Copyright Act (DMCA) telah lama dikenal sebagai lembaga yang memantau dan memberlakukan masalah pelanggaran hak cipta di Internet, termasuk menghapus URL dari Google.

READ  Cara Mengaktifkan Kartu Simpaty

Anda dapat mengajukan keluhan hak cipta dengan memasukkan bukti terkait di situs web DMCA. Jika permintaan banding Anda disetujui, konten yang diindeks di situs orang lain akan dihapus secara permanen dari situs Google dan hasil pencarian.

Kesimpulan

Untuk menghapus konten yang sudah terindeks di Google bisa dibilang gampang. Untungnya, Google sendiri memiliki sistem yang cukup bagus untuk menemukan aplikasi apa pun, khususnya melalui halaman Alat Penghapusan URL Google Search Console.

Selain melakukan crawl Google Search Console, Anda juga dapat mencoba metode lain yang tercantum di atas agar proses penghapusan URL di Google dapat berjalan sesuai harapan.

Artikel ini merupakan  pembahasan tentang cara menghapus URL dari Google pada kesempatan kali ini. Jika sahabat Grmasci menyukai artikelnya, pastikan untuk mengklik share sehingga lebih banyak orang dapat melihatnya.

 

Baca Juga Artikel Kami Lainnya :