Cara Cepat Atasi IDM Tidak Muncul Saat Download Terbaru

Posted on

Cara Cepat Atasi IDM Tidak Muncul Saat Download Terbaru

Cara Cepat Mengatasi IDM Yang Tidak Muncul Saat Download – Internet Download Manager (IDM) merupakan salah satu program download terkenal yang digunakan oleh banyak orang. Padahal, hal tersebut tidak mengherankan, mengingat IDM memiliki beberapa keunggulan. Salah satunya adalah kemampuan mengunduh dengan kecepatan maksimum.

Namun sangat disayangkan, karena Anda sering mengalami beberapa masalah. Contoh sederhananya adalah perangkat lunak ini tidak muncul saat Anda mencoba mengunduh file di browser. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui bagaimana menangani fakta bahwa IDM tidak muncul.

Cara Cepat Atasi IDM Tidak Muncul Saat Download Terbaru
Cara Cepat Atasi IDM Tidak Muncul Saat Download Terbaru

Penyebab IDM Tidak Muncul Saat Download

Secara umum, ada beberapa faktor yang membuat IDM tidak muncul saat Anda mendownload file, diantaranya sebagai berikut:

IDM Terserang Virus

Salah satu penyebab IDM tidak berfungsi adalah virus. Virus biasanya menyerang mantan, tetapi kemungkinan besar menginfeksi IDM. Hal inilah yang membuat IDM menjadi error sehingga tidak muncul saat di download.

Menggunakan Versi Trial

Perlu Anda ketahui bahwa IDM menawarkan versi trial nanti pada awal instalasi. tetapi dengan jangka waktu yang terbatas, jadi ketika masa trial berakhir, Anda perlu membeli versi lengkapnya. Oleh karena itu disarankan untuk menggunakan IDM versi lengkap.

READ  Cara Menghapus Virus di Android

Browser Tidak Mensupport IDM

Alasan lain mengapa IDM tidak muncul adalah karena browser yang Anda gunakan tidak mendukungnya. Jadi, pastikan untuk menginstal browser terbaru yang didukung.

Ekstensi File yang Diunduh Tidak Dikenal

Masalah umum lainnya adalah ekstensi file yang tidak diketahui. Meskipun IDM mendukung berbagai ekstensi unduhan seperti mp3, mp4, 00i, avi, mkv, dll. Tetapi dengan pengaturan IDM default, IDM tidak mendukung format gambar seperti jpg, gif dan png.

Cara efektif mengatasi IDM yang tidak muncul saat download

Apakah Anda ingin mendownload sesuatu melalui browser, tetapi IDM tidak muncul? Jangan khawatir, karena ada beberapa cara untuk mencegah IDM muncul saat download, berikut ini mungkin solusinya.

Restart IDM

Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk memulai kembali dan menonaktifkan selama IDM. Apalagi jika performa IDM Anda sudah tidak maksimal lagi. Jika sudah dinonaktifkan beberapa saat, Anda dapat mengaktifkan kembali IDM.

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan saat melakukan restart IDM :

  • Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka IDM di Task Manager
  • Kemudian cari “IDMAN.exe”
  • Kemudian klik “Stop”
  • Tunggu
  • Jika ya, buka kembali Pembaruan IDM

Update IDM

bisa jadi langkah awal agar software ini bisa muncul kembali. Karena ada kemungkinan versi IDM yang Anda gunakan tidak tersinkronisasi dengan browser Anda atau mengalami error.

Berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengupdate IDM :

  • Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah membuka IDM dari taskbar
  • Kemudian pilih menu “Bantuan”
  • Kemudian klik “Periksa pembaruan”
  • Jika sudah, tunggu proses verifikasi • Kemudian klik “Perbarui sekarang”.

Instal ulang IDM

Menginstal ulang bukan hanya solusi untuk mengatasi fakta bahwa IDM tidak muncul. Namun, itu juga dapat memperbaiki beberapa file yang rusak. Agar proses install ulang berjalan lancar, Anda harus uninstall IDM terlebih dahulu.

READ  Cara Menyambungkan Hotspot - Android , iPhone, Windows Phone

Kami menyarankan Anda menginstal perangkat lunak pembersih di komputer atau laptop Anda untuk memastikan bahwa tidak ada file registri. Anda dapat memulai proses penginstalan ulang IDM seperti yang Anda lakukan saat penginstalan pertama.

Pembaruan Browser

Masalah juga dapat terjadi karena browser yang tidak mendukung IDM. Satu-satunya solusi adalah memperbarui browser Anda. Berikut adalah contoh pembaruan browser di Mozilla Firefox :

  • Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka browser
  • Kemudian buka menu di pojok kanan
  • Kemudian klik “Periksa pembaruan”

Mulai Ulang Windows

Walaupun ini mungkin terlihat sepele, siapa sangka bahwa langkah ini dapat menyelesaikan beberapa masalah yang muncul. Salah satunya adalah mengatasi IDM, yang tidak muncul selama pengunduhan. Caranya juga sangat sederhana dan harus diketahui oleh setiap pengguna PC.

Mulai ulang proses Explorer.exe

Explorer.exe adalah program utama sistem navigasi di Windows. Bilah tugas juga merupakan bagian dari exe ini. Interupsi di exe explorer pasti akan mempengaruhi IDM, apalagi jika tidak ada notifikasi saat download.

Untuk mengatasinya, Anda harus menghentikan explorer.exe untuk sementara. Prosesnya adalah sebagai berikut :

  • Langkah pertama yang perlu Anda mainkan adalah membuka “Task Manager”
  • Kemudian pilih “Task Explorer.exe atau End Process”
  • Kemudian buka kembali dengan “Tugas Baru”

Periksa Format File Yang Didukung Oleh IDM

Internet Download Manager juga mendukung hampir semua jenis format file. Khusus untuk file yang ingin Anda gunakan, seperti rar, zip, mp4, mp3, dll. Namun, masih ada beberapa format yang tidak didukung oleh software ini.

Ini juga akan mencegah munculnya pemberitahuan unduhan. Cara mengatasinya tidak terlalu sulit. Yang harus Anda lakukan adalah mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Langkah pertama adalah membuka aplikasi IDM
  • Kemudian klik “Options” di daftar menu
  • Kemudian pilih “Jenis file”
  • Kemudian tambahkan format file sesuai keinginan.
READ  Cara Isi Saldo Shopeepay di Semua Bank Terlengkap Aman Dan Cepat

Status Extension IDM di Browser Masih Disable

Hal ini biasa terjadi pada pengguna IDM, dimana IDM tidak ingin ditampilkan ketika ingin mendownload file. IDM biasanya aktif, tetapi tidak bisa diakses dari browser. Untuk mengatasinya, Anda harus mengubah pengunduh default ke IDM.

Bagaimana cara memeriksa ekstensi Pengelola Unduhan Google Chrome? Berikut langkah-langkahnya:

  • Langkah pertama adalah membuka menu “Pengaturan”.
  • Kemudian pilih “Alat lainnya”
  • Kemudian pilih “Ekstensi”
  • Di bagian Ekstensi, verifikasi bahwa status IDM adalah “Diaktifkan”

Demikianlah sahabat Gramsci, pembahasan kita kali ini adalah tentang cara efektif mengatasi IDM yang tidak muncul saat download, semoga artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.

 

Baca Juga Artikel Kami Lainnya :