Cara Budidaya Ikan Gurame – Di Kolam Terpal Agar Cepat Besar

Posted on

Cara Budidaya Ikan Gurame – Di Kolam Terpal Agar Cepat Besar

Cara Budidaya Ikan Gurame – Di Kolam Terpal Agar Cepat Besar

Ikan Gurame ikan yang identik dengan harga yang cukup mahal, tetapi sangat digemari oleh masyarakat dikarenakan rasanya yang gurih dan enak saat dikonsumsi bersama keluarga. Sedangkan untuk dibudidayakan tidak terlalu sulit dan tidak perlu mengeluarkan modal yang terlalu besar, dengan cara memanfaat kondisi lahan yang tidak terlalu besar.

Dalam membudidayakan ikan gurame dapat juga dilakukan dengan media kolam terpal, kebanyakan dalam budidaya ikan gurame selama ini identik dengan memanfaatkan lahan yang luas berbentuk kolam , dengan kedalaman dengan air yang mengalir.

Media kolam terpal mungkin tidak seideal dengan model kolam tanah yang biasanya sering dilakukan, sebenarnya pada intinya media kolam terpal sama media kolam tanah sama saja yang terpenting ikan gurame terasa nyaman dan pertumbuhanya baik tidak terganggu.

Pembuatan Kolam Terpal

Dalam pembuatan media kolam terpal untuk budidaya ikan gurame  cukup fleksibel, karena hanya perlu menyesuaikan dengan kondisi lahan jika lahan yang digunakan berupa pekarangan, kebun atau sawah maka pembuatan media kolam terpal harus memperhatikan luas kolam dan kedalam media kolam terpal.

Pembuatan media kolam terpal dengan ukuran 1 m² dengan kedalaman mencapai 90 cm, sebaiknya untuk jumlah ikan yang dimasukan sebanyak 10 ekor dengan ukuran berat ikan rata-rata 2.5 ons.  Bila bibit ikan gurame lebih besar atau lebih kecil jumlah bisa disesuaikan saja.

Setiap pembuatan kolam terpal dalam membudidayakan gurame , harus memeilik filter untuk mengaliri kolam dengan arus buatan. Untuk budidaya ikan gurame dalam terpal tidak jauh berbeda dengan proses budidaya ikan air tawar lainnya, Cuma ada sedikit yang membedakan kolam terpal sangat memerlukan sirkulasi air.

READ  Cara Menanam Bawang Putih - Untuk Pemula, Dibotol Aqua,Di Paralon Tanpa Tanah

Tahapan-tahapan cara pembuatan Media kolam Terpal :

  1. Siapkan terpal dengan ukuran disesuaikan dengan strktur media kolam
  2. Pilihlah jenis terpal outdor, dikarenakan jenis tersebut lebih tebal dan tahan lama.
  3. Siapkan kerangka kolam untuk pembuatan media kolam dengan berdinding kayu atau dengan batu bata.
  4. Jika kolam deilakukan dengan metode penggalian, maka buatlah lubang dengan ukuran kedalaman lebih kurang 1 sampai dengan 1.5 meter dengan panjang bisa disesuaikan dengan ukuran terpal yang anda miliki.
  5. Setelah itu , sebelum terpal dipasang sebaiknya terpal dicuci terlebih dahulu agar apabila ada zat pewarna yang masih menempel bisa dibersihkan terlebih dahulu, kemudian pasang terpal.
  6. Pemasangan terpal harus menutupi sisi kolam, untuk mempermudah pemasangan terpal.
  7. Saat pemasangan terpal lebihkan terpal agar bisa memasang pemberat pada bagian tepi kolam.
  8. Setelah tahap pemasangan terpal selesai, masukan air secara bertahap, sebaikanya jangan menggunakan air menggunakan kaporit. Dikarenakan dapat menyebabkan bibit budidaya ikan gurame mati sehingga menyebakan gagal panen. Maka dari itu sebaiknya gunakan air sumur atau air sungai yang mengalir dan bersih, berikan garam dengan takaran lebih kurang 2 ons/m² untuk membunuh pathogen yang menempel atau terbawa terpal.
  9. Tahap selanjutnya pasang filter pada ujunng pojok kolam , untuk mengatur kondisi air yang mengalir.
  10. Setelah itu diamkan media kolam selama 3 sampai dengan 6 hari , sebelum memasukan bibit ikan gurame.

Proses Pembibitan

  1. Setelah media kolam sudah didiamkan selama 6 hari, masukan bibit ikan gurame kedalam media kolam terpal.
  2. Pemberian pakan ikan gurame secara teratur, makanan utama yang baik selain daun-daunan juga ikan gurame dikasih pakan dengan pellet diberikan dalam sehari 2 kali pakan pada pagi dan sore hari.
  3. Pemeliharaan, hal ini sangat diperlukan agar dapat mengontrol kondisi pertumbuhan bibit ikan gurame, agar kita bisa tahu apakah ikan gurame terkena penyakit atau tidak.
  4. Lama pembesaran ikan gurame , dalam proses ini ikan gurame dengan ukuran lebih kurang 500 gram/ekor dapat didapatkan setelah masa pertumbuhan selama 90 sampai 100 hari. Dalam jangka waktu ini, ikan gurame biasanya sudah siap untuk dipanen.
READ  Budidaya Cabai – Merah, Rawit

Demikian sedikit informasi bagaimana Cara Budidaya Ika Gurame – Di Dalam Kolam Terpal Agar Cepat Besar, semoga isi artikel ini bermafaat bagi peternak ikan gurame. Terima Kasih Selamat Mencoba !!!!!.

Artikel yang lainnya :

Budidaya Ikan Lele – Ciri Ciri, Makanan, Manfaat, Dumbo, Gambar
Budidaya Ikan Lele – Tips Agar Cepat Panen
Cara Membuat Pakan Lele – dari dedaunan, dari dedak padi, dari ampas tahu