Bunga Mawar – Cara Budidaya, Jenis, Manfaat, Gambar

Posted on

Bunga Mawar – Cara Budidaya, Jenis, Manfaat, Gambar

Bunga Mawar
Bunga Mawar

Bunga Mawar siapa yang tidak mengenal bunga yang penuh kesan romantis ini. Bunga yang selalu muncul di setiap film romantis itu membuat wanita jatuh cinta ketika ada orang yang memberikannya kepada mereka. Mawar pada dasarnya juga merupakan simbol ratu bunga, yang memiliki makna hidup religius dalam umat manusia. Karena itu, banyak orang yang sangat suka menanam mawar di rumah mereka untuk memperindah taman, karena selain keindahan dan warnanya yang merah menarik mata untuk dilihat.

Sebagian besar bunga mawar di Indonesia berasal dari Belanda. Jenis rata-rata mawar yang tumbuh adalah hibrid tea dan sedang dengan beragam warna yang berkisar dari merah tua hingga putih. Dan rata-rata, tanaman bunga mawar ini memiliki 120-280 kuntum bunga per tahun. Penasaran dengan bunga mawar  dan bagaimana cara mengembangkan tanaman bunga mawar yang dapat  memperindah rumah anda.

Cara Budidaya Tanaman Bunga Mawar

Pada kesempatan ini kami akan menjelaskan cara menanam bunga mawar yang telah terbukti membuat bunga mawar lebih lebat.

Syarat Tumbuh Bunga Mawar :

Tanaman bunga mawar kebanyakan tumbuh terutama di belahan bumi utara (subtropis), sehingga mereka bisa tumbuh dengan baik :

Iklim :

Curah hujan berkisar di 1500 – 3000 mm / tahun
sinar matahari selama 5-6 jam sehari (terutama di pagi hari)
Suhu optimal 18 – 26 ° C
Kelembaban 70 – 80%
Ketinggian 560 – 800 m di atas permukaan laut.

b. Media tanam:

Jenis tanah andosol, Latosol
Tekstur tanah liat berpasir
struktur tanah yang subur, gembur, kaya akan bahan organik, aerasi dan drainase yang baik.
Keasaman tanah (pH) 5,5 – 7,0.

Pemilihan Bibit Bunga Mawar

Langkah pertama dalam menanam mawar dimulai dengan pemilihan bibit mawar. Biji mawar dapat diperoleh dari biji (generatif) atau stek (vegetatif). Pemilihan bibit mawar harus disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan budidaya serta mudah dipelihara.

Pengolahan Media Tanam

Karena tanaman mawar membutuhkan media tanam yang subur, gembur dan kaya bahan organic untuk budidaya skala besar (budidaya tani bunga potong), tanah harus diolah dan ditanam dengan cara ini. Tambahkan bahan organik dalam bentuk kompos atau pupuk kandang 10-20 ton / hektar dan taburi dengan GDM Black Bio Organic Stimulant (dosis sesuai yang disarankan) untuk lebih lanjut menyuburkan tanah.

READ  Cara Menanam Anggur – hidroponik dari biji, dari batang

Untuk skala kecil (tanaman dalam pot), media terbaik adalah campuran tanah 4: 1: 2, pasir dan pupuk kandang yang disemprot dengan GDM Black BOS.

Pemeliharaan Bunga Mawar

Perawatan rutin meliputi penyiraman setiap pagi dan sore hari sesuai dengan kondisinya. Itu juga membutuhkan penyiangan gulma / rumput liar.

Baca Juga Artikel Lainnya :

Pemumpukan Bunga Mawar

Pupuk mawar digunakan hingga 5 gram NPK / tanaman saat tanam dan 7 hari setelah tanam. Semprotkan tanaman bunga mawar dengan GDM dalam konsentrasi 1: 10 setiap minggu sekali. Untuk budidaya bunga mawar (skala besar) pupuk urea harus ditambahkan setiap 3 bulan sekali dengan banyak lebih kurang 200-300 kg / ha, TSP 840 kg / ha, KCl 250 kg / ha.

Jenis– Jenis  Tanaman Bunga Mawar

Bunga Mawar

Bunga Mawar termasuk tanaman hias yang memiliki berbagai warna. Mulai dari merah, putih, ungu, pink atau pink dan juga hitam. Dengan begitu, Anda harus tahu bunga yang satu ini. Karena bunga ini memiliki beragam warna dan spesies yang membuat orang sangat menyukainya.

Perhatikan perbedaan antara jenis bunga mawar dan jenis bunga mawar lain.

Bunga Mawar Berdasarkan Warna

Karena warnanya, mawar memiliki banyak jenis. Dia memiliki keunikan sendiri dari berbagai varietas bunga mawar. Jadi jangan heran jika mawar tidak hanya memiliki aroma yang harum, tetapi juga beragam warna.

Bunga Mawar Merah

Bunga Mawar
Bunga Mawar Merah

Arti bunga mawar merah menunjukkan keistimewaan khusus. Jika bunga mawar ini diberikan kepada seseorang yang sangat dicintainya akan memebrikan arti bahwa seseorang tersebut sangat mencintai dirinya.

Bunga Mawar Kuning

Bunga Mawar
Bunga Mawar Kuning

Bunga berwarna kuning menunjukkan tingkat rasa solidaritas yang sangat tinggi, kekeluargaan, kebahagiaan dan kegembiraan yang tinggi. tergantung pada warna, bunga ini sangat cocok diberikan sebagai hadiah kejutan untuk teman, teman atau keluarga, yang sangat kamu cintai.

Bunga Mawar Merah Muda (Pink)

Bunga Mawar
Bunga Mawar Muda


Bunga mawar merah muda menunjukkan arti kebahagiaan, rasa hormat, kelembutan dan pujian bagi orang-orang. Dapat diartikan sebagai ungkapan kekaguman. Di sisi lain, yang lebih tua bisa diartikan dengan rasa terima kasih kepada seseorang.

Bunga Mawar Putih

Bunga Mawar
Bunga Mawar Putih

Warna putih bunga mawar memiliki arti ingin  menunjukkan rasa cinta sejati, murni, suci dan anggun. Mawar putih ini cocok untuk teman-teman terbaik karena melambangkan persahabatan sejati.

Bunga Mawar Orange

Bunga Mawar
Bunga Mawar Orange

Bunga mawar orange memiliki makna semangat. Ini berarti bahwa seseorang yang memberi bunga sangat mengetahu tentang karakteristik orang yang akan diberi bunga.

READ  Buah Pala - Manfaat, Efek Samping, Untuk Mengatasi Insomnia

Bunga Mawar Biru

Bunga Mawar
Bunga Mawar Biru

Bunga Mawar ini memiliki arti kesempurnaan. Bunga mawar biru ini diperoleh untuk mengekspresikan rasa cinta dan kasih sayang. Di sisi lain, bunga berwarna biru melambangkan misteri, pesimisti, dan juga kemustahilan. Dilihat dari warna mawar ini, ia memiliki warna yang unik. Maka jangan heran jika banyak dari mawar ini yang disukai oleh kalangan remaja.

Bunga Mawar Hijau

Bunga Mawar
Bunga Mawar Hijau

Bunga Mawar ini memiliki makna harmonis, dan kemakmuran. Dan harapan untuk kehidupan yang lebih baik dapat diartikan harapan. Warna hijau itu sendiri adalah tanda kedamaian dan ketenangan. Dan dapat diartikan sebagai harapan untuk membuat hidup baru lebih sukses nantinya. Dan berharap untuk kesehatan yang lebih baik.

Manfaat Tanaman Bunga Mawar

Membantu Menurunkan Berat Badan

Kelopak bunga mawar mengandung senyawa yang meningkatkan metabolisme dan membersihkan racun dari tubuh, sehingga membantu dalam penurunan berat badan. Selain itu, mengkonsumsi beberapa kelopak bunga mawar akan mencegahmu makan terlalu banyak. Selain itu, dapat berdampak pada penurunan berat badan alami.

Caranya  adalah menempatkan sekitar 10-15 kelopak bunga mawar segar kedalam segelas air mendidih. Tunggu sampai air berubah menjadi merah muda. Anda juga bisa menambahkan madu dan sedikit bubuk kayu manis. Jika Anda meminum teh mawar ini secara teratur, terutama di pagi hari, Anda dapat memecah timbunan lemak didalam tubuh.

 Bertindak Sebagai Afrodisiak Alami

Bunga Mawar diyakini bisa membantu seseorang menjadi aktif secara seksual, yang pada gilirannya mengatur jantung, pikiran, dan sistem saraf.

Cara yang perlu Anda lakukan adalah mengambil kelopak bunga mawar, mencucinya dengan baik, dan makan secara langsung setiap hari. Dengan metode ini Anda tidak hanya merasa bersemangat, tetapi juga aktif secara seksual.

Pengurangan Stres dan Depresi

Kelopak bunga mawar dan esensinya dapat menghilangkan stres dan depresi. Menurut sebuah penelitian studi yang dilakukan  salah satu satu  universitas di Negara  Brazil bunga mawar  memiliki efek  yang dapat menenangkan saat dihirup.

Cara yang perlu Anda lakukan adalah mandi dengan air panas dengan kelopak bunga mawar. Air panas ini akan melepaskan aroma mawar dan akan menyebar ke seluruh kamar mandi. Dengan cara ini anda bisa menenangkan pikiran dan tubuh anda.

Membantu Mengatasi Ambein atau Wasir

Bunga Mawar kaya akan serat dan air, yang membantu pencernaan dengan membersihkan dan  membuang racun dari tubuh. Selain itu, mawar juga bisa menangani pendarahan karena wasir.

Caranya adalah dengan mencampur segenggam kelopak mawar dengan 50 ml air dan kemudian tumbuk sampai lebur. Nah, campuran ini dijadikan minuman pada waktu perut kosong, terutama di pagi hari, selama tiga hari. Pendarahan wasir akan  teratasi.

READ  Cara Mencangkok Tanaman – Singkat Cepat

Kandungan Zat Terkenal

Air bunga mawar dipercaya dapat membantu  mengiritasi kulit kulit sensitif, menyeimbangkan kulit berminyak dan melembutkan kulit. Selain itu juga bunga mawar juga bisa menjadi pembersih yang baik, yang tentu saja akan membuat anda akan terlihat lebih muda. Bunga mawar juga terdapat kandungan antioksidan dan senyawa antibakteri.

Cara mudah adalah menyemprotkan air mawar setiap hari pada kulit wajah secara teratur. Lakukan metode ini terutama setelah perawatan kulit rutin. Efeknya membuat kulit Anda lebih bersinar dan menjaga kulit tetap sehat.

Obat Jerawat Alami

Jika diwajah anda tumbuh jerawat, Anda bisa menggunakan dan memanfaatkan air bunga mawar. Kelopak bunga mawar tidak hanya menjadi pelembab yang baik, tetapi juga mengandung sifat antibakteri yang memungkinkan jerawat mengering. Dengan mengandung phenylethanol, senyawa antiseptik, air bunga mawar dapat secara efektif memerangi jerawat.

Caranya adalah dengan memasukkan beberapa biji fenugreek atau tablet (obat-obatan herbal dari Nepal, India, Pakistan, dan daerah sekitarnya yang dapat digunakan sebagai bahan memasak dan untuk kesehatan) ke dalam air semalaman. Setelah itu, bentuk alfabet dicampur dalam pasta dengan air mawar. Oleskan ke wajah, biarkan selama 20 menit dan kemudian bilas dengan air bunga mawar dingin.

Mencerahkan Warna Bibir

Bunga mawar bukan hanya memberikan kesan kemerahan di bibir Anda, mereka juga melembabkan.

Caranya  adalah membuat pasta kelopak bunga mawar segar dengan menambahkan satu sendok teh susu krim dan beberapa tetes madu. Kemudian oleskan tempel ini ke bibir Anda. Biarkan selama lebih kurang 15-20 menit dan kemudian bilas dengan air.

Demikianlah pembahasan mengenai cara budidaya tanaman bunga mawar mulai dari cara budidaya, jenis-jenis bunga mawar sampai manfaat dari bunga mawar yang mungkin perlu anda ketahui. Semogah artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama. Terima Kasih Selamat Mencoba !!!!

Baca Juga Artikel Lainnya :