Bunga Kamboja – Mitos, Jenis, Manfaat

5 min read

Bunga Kamboja

Bunga Kamboja – Mitos, Jenis, Manfaat

Mitos Bunga Kamboja

Bunga Kamboja – Identik denga kata mistis , Untuk beberapa alasan, saya sangat menyukai pohon kamboja, dan terlebih lagi saya suka menaiki pohon kamboja untuk memetik bunganya. Lalu saya menaruhnya di telingaku. Sebuah pohon rapuh tidak memiliki efek menyeramkan bagi saya, itu indah dan saya suka aromanya. Saya juga suka bunga pohon kamboja yang memiliki warna kuning. Ini sangat indah, terutama jika sudah banyak bunga yang mekar, pohon itu terlihat indah.

Kamboja dengan banyak akar pohon dengan daun tunggal dan tidak terbagi. Daunnya hijau dan lonjong. Memiliki batang coklat dan kenyal saat memotong dan membuka. Pohon kamboja ini bisa tumbuh sepanjang 2-8 meter. Getah dari Pohon Kamboja lengket dan gatal jika terkenah kulit.

 

Bunga Kamboja
Bunga Kamboja

Daun biasanya sangat rimbun di ujung cabang 30-50 cm. Daun pohon kamboja rontok selama musim ketika udara dingin. Spesies pohon mekar berbunga. Bunganya biasanya berwarna putih dan bagian tengahnya bisa kuning atau merah muda

Asal usul pohon kamboja itu ditemukan oleh seorang ilmuwan Perancis. Dan nama Kamboja tidak berarti bahwa itu ada hubungannya dengan Kamboja. Ada mitos di masyarakat kita bahwa pohon semak adalah penjelmaan dari seorang wanita. Ketika kekasihnya meninggalkan wanita ini, dia menangis dan menunggu kuburan kekasihnya. Akhirnya wanita itu menemui ajalnya di sana. Dan ketika seorang wanita menemui ajalnya, sebatang pohon tumbuh. Pohon ini akan jatuh daunnya di atas kuburan.

Akibatnya, bunga kamboja dikenal sebagai bunga kesetiaan. Dan lagi dia berkata bahwa jika seseorang menemukan bunga kamboja dengan mahkota empat atau enam, orang itu akan mendapatkan kekayaan. Jadi sebenarnya, ketika kita melihat semak ini, itu indah, tetapi karena ditanam di kuburan, pohon ini terlihat menakutkan.

Tanaman ini mudah tumbuh baik secara vegetatif maupun generatif. Umumnya dengan menabur benih dan sebagai stek vegetatif atau okulasi. Banyak terkandung bahan kimia yang bermanfaat bagi kesehatan. Kulitnya beracun dan pahit dan mengandung asam plumeric. Akar dan daun mengandung saponin, polifenol, lcaloid, alkohol fenolik. Banyak orang sekarang menggunakan semak sebagai tanaman hias, biasanya dibonsai.

Jika Bali digunakan untuk upacara tradisional. Hampir setiap rumah memiliki pohon kamboja. Dan inilah yang paling saya sukai ke Bali dan melihat banyak semak pohon. Dan sedikit orang yang tahu bahwa bunga kamboja dapat dimakan sebagai turi dan lainnya

Jenis Bunga Kamboja

Plumeria sendiri memiliki tipe yang berbeda. Namun, sekarang ada empat spesies populer plumeria alias kamboja. Berikut beberapa jenis bunga kamboja :

READ  Ikan Koi – Cara Budidaya,Pemeliharaan, Pakan,  Jenis, Gambar

Plemeria Alba 

Jenis plumeria pertama adalah plumeria alba. Spesies ini dapat tumbuh  mencapai ketinggian 7 meter. Pohon ini, aslinya dari Puerto Rico, tumbuh subur dengan bunga-bunga putih yang harum, dengan rona kuning di tengahnya. Dalam beberapa budaya, plumeria alba sering digunakan sebagai bahan utama dalam produksi parfum.

 

Plemeria Alba
Plemeria Alba

Plumeria Alba membutuhkan kondisi tropis untuk hidup. Meski tumbuh lambat, tetapi Plumeria alba bisa tumbuh hingga 7 meter dan lebar batang hingga 3,5 meter. Cabang-cabang biasanya kecil dengan kurva menanjak dan bunga-bunga tumbuh subur di ujung cabang.


Plumeria
Obtusa

Plumeria obtusa berasal dari Bahamas ; Meksiko, Guatemala dan Florida. Sekarang, bagaimanapun, ia diperkenalkan sebagai dekorator dan pewangi di berbagai belahan dunia, terutama pada mereka yang memiliki iklim hangat.

Ciri terpenting Plumeria obtuse adalah kelopaknya melengkung ke luar dan permukaannya lebar. Berkas kuning di tengah tutupnya tidak sebesar dengan plumeria jenis lain, sehingga dominasi kelopk plimeria obtuse lebih kuat dalam warna putih.

 

 Plumeria Obtusa

Plumeria Obtusa

Plumeria obtusa tumbuh subur di daerah yang kaya akan sinar matahari dengan kelembaban kering rata-rata. Namun, masih bisa tumbuh di daerah di mana cahaya lemah.
Sebelum menanam, plumeria obtus tidak dapat hidup di tanah yang lembab karena akarnya membusuk. Sementara itu, masih memungkinkan untuk tumbuh di daerah dengan iklim yang agak dingin, yang penting untuk menanam campuran media tanah berpasir. Plumeria juga bisa tumbuh melalui cara stek batang.


Plumeria
Pudica

Jenis ini sebenarnya sedikit berbeda dari jenis bunga kamboja  lainya. Di antara empat plumeria yang disebutkan, mungkin yang paling mudah untuk diketahui. Pudica memiliki bentuk kelopak bunga lebar dengan memiliki lengkungan lebih sedikit . Pohonnya tidak tumbuh terlalu tinggi

 

 Plumeria Pudica

Plumeria Pudica

Spesies Plumeria Pudica ini berasal dari Negara Panama, Kolombia dan Venezuela.

Meskipun lebih dikenal sebagai putih, tetapi ada juga spesies Pudica hibrida yang berwarna merah muda, itu dikembangkan di Thailand dengan nama Sri Supakorn.

Plumeria Rubra

Jenis terakhir adalah plumeria rubra. Spesies ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah, Kolombia dan Venezuela dan juga berkembang di daerah beriklim subtropis. Jenis ini sering ditemukan di tempat-tempat budaya dan ritual keagamaan.

 

 Plumeria Rubra

Plumeria Rubra

 

Fitur atau ciri yang mudah dikenali dari Plumeria rubra adalah kelopaknya kuning besar. Gulungan daun bunga juga khas dan indah, dengan tinggi pohon 8 meter. Jenis yang paling favorit adalah putih-kuning. Namun, ada juga jenis daun pink-putih-kuning.

Manfaat Bunga Kamboja

Jika Anda mendengar nama bunga kamboja, sebagian dari kita langsung terhubung ke kuburan. Ya, sejak zaman dahulu semak bunga identik dengan tanah kuburan.

READ  Pohon Apel - Malang, Umur, Daun, Berbuah

Tapi jangan khawatir, karena sekarang pohon bunga kamboja digunakan sebagai tanaman hias. Manfaat kesehatan dari pohon kamboja juga sangat banyak.

Kali ini berbagai manfaat tanaman pohon kamboja untuk kesehatan dan kecantikan. Selain bunga, berbagai manfaat bisa didapat dari daun, getah, sampai batang kamboja bisa dimanfaatkan.

Menyembuhkan Bisul

Keuntungan pertama Pohon Kamboja adalah pengobatan bisul. Cara menggunakannya sangat sederhana, pertama ambil daun pohon kamboja yang masih segar. Kemudian Anda bisa lemaskan daun dengan melakukan pemanasan di api.

Setelah itu ketika daun sudah lemas, Oleskan minyak kelapa atau minyak zaitun. Lalu letakkan daun yang masih panas langsung ke area yang terkenah bisul. Lakukan cara ini secara rutin sampai mendidih dikosongkan dan disembuhkan.

Jika cara menggunakan daun pohon kamboja dianggap terlalu sulit, ada cara lain untuk menyembuhkannya dengan memasak dengan menggunkan getah pohon kamboja. Caranya, ambil getah pohon kamboja langsung dari pohonnya dan didihkan kemudian oleskan ke area yang terkenah bisul. Lakukan ini secara teratur sampai sembuh.


Atasi
Pembengkakan

Kita bisa menggunakan kulit pohon kamboja untuk merawat anggota tubuh yang bengkak. Caranya, haluskan kulit kayu pohon kamboja sampai halus lalu masak sampai matang. Gunakan air rebusan untuk merendam atau memeras bagian tubuh yang bengkak.

Selain penggunaan kulit kayu, akar dan daun pohon kamboja juga bisa digunakan untuk mengobati pembengkakan. Caranya adalah dengan merebus kulit batangnya, akar, daun, dan sedikit garam sampai matang dan menidih. Kemudian gunakan air untuk merendam dan mengompres kulit yang bengkak. Lakukan ini secara teratur dua kali sehari untuk proses penyembuhan yang cepat.

Menobati Patek

Patek atau frambusia adalah jenis penyakit kulit menular. Penyakit ini disembuhkan oleh dengan memanfaatkan kulit pohon kamboja. Caranya, kulit pohon kamboja dihaluskan ditumbuk kemudian dimasak sampai airnya empuk. Kemudian mandi atau gosok daerah yang terkena patek.

Mengobati Kencing Nanah

Kencing Nanah atau Gonorhea adalah penyakit menular seksual (PMS) yang terjadi di Indonesia. Penyakit ini bisa diatasi dengan penggunaan akar pohon kamboja. Pertama, ambil sepotong akar pohon kamboja.

Kemudian cuci bersih dan rebus dengan dua gelas air. Biarkan rebusan matang dan hanya satu gelas tersisa. Kemudian secara teratur minum segelas air setiap hari.

Obati Sakit Gigi

Getah  pohon bunga kamboja juga memiliki  beberapa kandungan antibiotik, yang sangat bermanfaat, seperti alkaloid, tanin, flavonoid dan triterpenoid. Itu sebabnya getah kamboja juga bisa bermanfaat untuk meringankan sakitnya.

Cara menggunakannya cukup mudah. Pertama, ambil beberapa tetes getah pohon kamboja dengan kapas. Kemudian masukkan kapas ke lubang yang sakit. Lakukan ini sekali atau dua kali sehari untuk meringankan rasa sakit.

READ  Jahe Merah – Cara Budidaya, Di Polybag, Di Lahan Terbuka, Manfaat

Ingat, bagaimanapun, bahwa penggunaan getah pohon kamboja hanya berfungsi untuk menghilangkan rasa sakit dan tidak menyembuhkannya secara permanen. Jika Anda benar-benar ingin sembuh, sangat disarankan untuk mengobatinya langsung dengan dokter gigi terdekat.

Menghapus Tahi Lalat

Jika Anda memiliki tahi lalat yang tidak menyenangkan, Anda dapat menggunakannya untuk menghilangkannya. Caranya, ambil beberapa tetes getah pohon kamboja dengan kapas. Kemudian oleskan kapas dan tempelkan pada tahi lalat yang ingin Anda hapus. Lakukan ini secara teratur sampai tanda lahir hilang.

Menghilangkan Kutil Dan Mata Ikan

Penyakit kutil, mata ikan dan sejenisnya juga bisa diobati dengan memanfaatkan getah pohon kamboja. Metode ini sama seperti di atas ketika mengambil beberapa tetes getah pohon kamboja dengan kapas. Kemudian oleskan secara merata ke kutil atau mata ikan.

Keunggulan Lain Dari Bunga Kamboja

Selain berbagai manfaat bunga pohon kamboja di atas, ada banyak manfaat lain yang bisa Anda dapatkan. Salah satu caranya adalah dengan minum seduhan bunga kamboja. Caranya, ambil bunga kamboja dan keringkan di bawah sinar matahari.

Setelah itu seduh dengan menggunkan rebus dengan air panas. Jika diminum secara teratur, manfaat dari bunga kamboja rebus dapat menyembuhkan berbagai masalah pencernaan seperti disentri dan sembelit.

Selain itu, diyakini bahwa minum rebusan bunga kamboja secara teratur mencegah rematik dan asam urat dan dapat memfasilitasi pelepasan urin. Selain itu, air rebusan ini juga bisa meredakan batuk dan mengurangi panas jika terjadi demam.

Jika Anda tidak langsung minum rebusan, Anda juga bisa mencampurkan bunga pohon kamboja ini dengan air teh. Aroma ciri khas teh yang dicampur dengan aroma bunga pohon kamboja akan membuat cangkir Anda menjadi lebih harum dan wangi.

Karena aroma yang unik, bunga kambojak juga dapat digunakan sebagai campuran dalam sayuran. Tentu Anda masih bisa merasakan berbagai manfaat di atas jika anda mencampur bunga kamboja ini dengan sayuran lain.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai jenis,manfaat bunga pohon kamboja yang mungkin perlu anda ketahui, semogah artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan mengenai manfaat bunga kamboja. Jangan lupa baca artikel kami lainnya. Terima Kasih

Baca Juga Artikel Lainnya :