Budidaya Tanaman Cengkeh –  Cara Menanam, Cara Perawatan, Panen

Posted on

Budidaya Tanaman Cengkeh –  Cara Menanam, Cara Perawatan, Panen

Budidaya Tanaman Cengkeh

Budidayah tanaman cengkeh – Tanaman cengkeh merupakan jenis tanaman yang banyak kita temukan di Indonesia, tanaman cengkeh juga merupakan tanaman asli dari Indonesia yang berasal dari kepulauan Maluku.

Tanaman cengkeh  juga merupakan tanaman yang begitu banyak mengandung manfaat  untuk pembuatan bumbu cita rasa baik untuk makanan maupun minuman, sekaian itu juga tanaman cengkeh juga memeiliki beberapa manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Karena tanaman cengkeh mengandung zat besi,kalsium, fosfor, kalium, magnesium,natrium dan vitamin.

Budidaya tanaman cengkeh banyak ditemukan dibeberapa daerah di Indonesia selain dimanfaatkan untuk keperluan bumbu makanan dan minuman, tanaman cengkeh juga mengandung manfaat untuk kesehatan jantung, melancarkan pencernaan, mengatasi sakit radang dan masih banyak lagi.

Maka dari itu, tanaman cengkeh banyak  dibudidayakan oleh para petani Indonesia , selain itu juga  budidaya cengkeh yang sangat cocok dengan iklim tropis di Indonesia yang menjadi poin tersendiri dalam pengembangan pertumbuhan tanaman cengkeh. Untuk harga dipasaran sendiri terbilang cukup stabil  dapat dilihat ari permintaan konsumen terhadap tanaman cengkeh itu sendiri.

Walaupun terkadang masih memiliki beberapa kendala yang ditemui saat membudidayakan tanaman cengkeh,dikarenakan sulit tumbuh butuh juga membutuhkan perhatian yang ekstra  dalam perawatan budidaya cengkeh.

Berikut penulis akan coba menjelaskan cara budidaya tanaman cengkeh :

Proses Penaman Cengkeh

Budidaya Tanaman Cengkeh

Persiapan bibit cengkeh

Budidaya tanaman cengkeh yang baik, tidak lepas dari pemilihan bibit cengkeh yang berkualitas agar dapat mendapatakan hasil yang bagus dalam budidaya tanaman cengkeh. Untuk benih tanaman cengkeh dapat dibeli di pasar tanaman cengkeh, maupun dapat memanfaatkan buah tanaman cengkeh itu sendiri. Dalam pemilihan bibit tanaman cengkeh bisa dilihat dari buah cengkeh yang berwarna  ungu kehitaman yang sudah tua dan sudah masak dipohon, setelah kita mendapatkan buah yang berkualitas selanjutnya petani bisa memanfaatkan biji buah cengkeh sebagai benih untuk penanaman budidaya cengkeh.

READ  Jambu Kristal – Cara Budidaya Di Pot, Perawatan, Panen

Ketika melakukan pemilihan benih pada buah cengkeh, yang perlu diperhatikan oleh petani  kupas kulit buah cengkeh secara hati-hati, kemudian pastikan benih biji tanaman cengkeh tidak rusak , atau lecet saat diambil. Saat pemilihan biji cengkeh jangan mengambil biji yang terlalu kecil dan tidak memiliki bercak hitam yang menempel pada biji cengkeh, kemudian rendamlah biji yang sudah diambil dengan air dan lakukan pencucian lebih kurang dua sampai tiga kali pencucian sampai lendir pada biji sudah tidak ada lagi yang menempel.

Persiapan Media Tanam

Setelah sudah mendapatakan bibit atau benih cengkeh yang bagus, selanjutnya petani menyiapakan media tanam untuk penanaman budidaya tanaman cengkeh.  Pertama siapakn tanah gembur, pupuk kandang, polybag, cetok dan siapkan air secukupnya.

Pembibitan Tanaman Cengkeh

Setelah media tanam sudah disiapakan, selanjutnya budidaya tanaman cengkeh  sebaiknya melakukan proses semai terlebih dahulu, dengan menggunakan media tanam dengan ukuran lebih kecil terlebih dahulu. Dikarenkan agar proses pembibitan dapat di pantau dan dikontrol dengan baik sampai pertumbuhan tunas tanaman cengkeh.

Dalam pembibitan tanaman cengkeh ada beberapa langkah – langkah yang harus diketahui dalam budidaya tanaman cengkeh.

  1. Campurkan tanah dengan pupuk kandang.
  2. Kemudian campurkan tanah kedalam polybag yang telah disediakan sebelumnya.
  3. Buatlah lubang dabagian tengah didalam polybag.
  4. Masukan biji benih cengkeh kedalam lubang.
  5. Kemudian tutup lubang yang telah dimasukan benih cengkeh.
  6. Padatkan tanah secara perlahan, kemudian siram dengan air secukupnya.
  7. Letakn bibit tanaman cengkeh ditempat yang aman dan pastikan terkenah sinar matahari dikarenakan bibit cengkeh memerlukan cahaya matahari sebanyak kurang 25 %.
  8. Perhatiakan pertumbuhan bibit cengkeh.

Proses Persiapan Lahan

Pengolahan lahan saat melakukan budidaya tanaman cengkeh sebaikanya dilakukan 2 bulan sebelum terlebih dahulu sebelum melakukan pemindahan bibit benih tanaman cengkeh. Karena agar lahan yang akan  ditanam lebih siap saat akan digunakan budidaya tanaman cengkeh.

READ  Tanaman Jagung - Budidaya, Jarak Tanam, Ciri-Ciri, Pemeliharaan, Panen

Pemilihan lahan penanaman budidaya tanaman cengkeh, sebaiknya lahan harus dibuka dilahan yang terbuka dan terkenah sinar matahari langsung. Selanjutnya bersihkan lahan tanaman cengkeh dari akar tanaman lain, bebatuan atau tanaman liar, selanjutnya tanah untuk penanaman bibit cengkeh digemburkan , setelah selesai dilakukan pengemburan diamkan  tanah selama lebih kurang satu minggu utnuk menetralisir tanah dari gas – gas yang akan mengganggu pertumbuhan budidaya cengkeh.

Setelah melakukan proses penggemburan tanah, buatlah lubang dengan menggunakan cangkul dengan kedalaman lebih kurang 75 cm dengan diameter lebar lubang 50 cm. Setelah itu masukkan pupuk kandang kedalam lubang tanam, dan diamkan selama lebih kurang  1 bulan agar pupuk dapat meresap kedalam tanah.

Pemindahan Bibit Cengkeh

Proses selanjutnya pemindahan bibit tanaman cengkeh,  sebelum bibit atau benih tanaman cengkeh pastkan kondisi tanaman cengkeh dalam kondisi bagus dan kondisi batang bibt lurus. Kemudaian lakukan langkah sebagai berikut :

  1. Buka dan robeklah polybag
  2. Kemudaian ambil bibit cengkeh hingga ke akarnya
  3. Berishkan bibit dengan air dari tanah yang menempel ditanaman.
  4. Tanam bibit ke lubang yang telah disiapkan.
  5. Tutup dengan tanah kemudian padatkan tanah dengan perlahan.
  6. Ikat tanaman dengan kayu dengan posisi kayu menancap dengan keadaan miring.
  7. Taburkan pupuk kandang di sekitar tanaman cengkeh dan timbun kembali dengan tanah.
  8. Taburkan kapur pertanian di sekitar tanaman untuk memperbaiki Ph tanah tanaman.

Artikel lainnya : Pupuk Kompos – Manfaat, Kandungan, Bahan, dan Cara Pembuatannya

Cara Perawatan Tanaman Cengkeh

Setelah melakukan proses penaman bibit budidaya tanaman cengkeh, agar menghasilkan tanaman yang berkualitas sangat perlu dilakaukan perawatan dalam budidaya tanaman cengkeh agar bisa menjaga dan memantau kondisi pertumbuhan tanamn cengkeh. Hal tersebut sangat perlu dilakukan mengingat sering terjadi penyerangan haman pada tanaman cengkeh, yang dapat mengakibatakan budidaya tanaman cengkeh rusak dan mati, Terutama saat tahun pertama masa budidaya tanaman cengkeh.

READ  Kelinci Anggora : Ciri Ciri, Harga, Gambar

Perawatan yang harus dilakukan saat budidaya tanaman cengkeh, berikan pupuk secara rutin dengan jangka waktu 4 bulan sekali pada dua tahun pertama. Siram tanaman dengan insektisida jika terdapat kendala dalam pertumbuhan  tanaman cengkeh, lakukan penyiraman dengan air yang cukup terutama pada saat musim kemarau.

Bersihkanlah apapbila ada tanaman liar yang tumbuh disekitar bibit tanaman cengkeh, dan lakukan penggemburan tanah tanaman cengkeh secara berkala setiap satu bukan sekali agar menjaga agar tanah tidak tercampur dengan gas yang akan merusak tanaman cengkeh.

Panen Budidaya Tanaman Cengkeh

Dalam proses panen budidaya tanaman cengkeh, dapat dilakukan panen  jika tanaman tersebut telah tumbuh selama  lebih kurang 5 tahun. Jika sudah 5 tahun dari proses awal pembibitan baru bisa dilakukan, tapi tidak perlu khawatir bagi para pembudidaya tanaman cengkeh. Tanaman cengkeh itu sendiri bisa hidup bertahun-tahun dengan pertumbuhan mencapai 8 sampai dengan 12 meter, dan perlu diketahui oleh petani tanaman cengkeh satu pohon cengkeh dapat dipanen 3 sampai dengan 6 kali dengan jarak panen 5 sampai 7 hari untuk sekali panen.

Proses panen budidaya tanaman cengkeh biasanya dilakukan dengan cara memetik pada bagian bunganya saja. biasanya yang dibutuhkan adalah bunga yang kuncup pada tanaman cengkeh. Saat melakuakan pemetikan Cukup petik bagian bunganya saja tidak perlu memetik ranting dan daunnya, untuk menjaga pertumbuhan tunas tanaman cengkeh.

Demikian sedikit informasi bagamana proses budidaya tanaman cengkeh yang perlu diketahui, semogah bermanfaat terima kasih. Selamat mencoba !!!!!

Bisa Dilihat Artikel lainnya :

Pupuk Kompos – Manfaat, Kandungan, Bahan, dan Cara Pembuatannya

Cara Menanam Jeruk – dari biji dalam pot, dari Cangkok

Cara Menanam Anggur – hidroponik dari biji, dari batang