Buah Tin –  Manfaat, Kandungan, Jenis,  Bahaya

Posted on

Buah Tin –  Manfaat, Kandungan, Jenis,  Bahaya

Buah Tin
Buah Tin

Buah Tin atau dikenal  dengan nama ilmiah Ficus carica ditanam di Asia barat. Buah tin juga disebut juga sebagai buah ara atau disebut buah fig dalam bahasa Inggris.

Buat tin telah ada sejak masa dahulu dan bahkan telah muncul didalam kitab dibeberapa agama. Inilah yang menjadikan buah ara atau tin dijuluki sebagai buah yang berasal dari surga.

Buah tin sendiri memiliki beberapa kandungan yaitu vitamin, mineral, dan fitonutrien yang sanagat baik untuk tubuh kita.

Didalam buah tin juga terkandung beberapa  vitamin mulai dari vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K dan vitamin B kompleks.

Terdapat  juga kandungan mineral seperti tembaga, kalium, zat besi, mangan, magnesium, kalsium, natrium,zink dan selenium.

Selain  itu, buah tin juga memiliki kandungan fitonutrien yang berbentuk karotenoid, yang bisa bermanfaat sebagai senyawa antioksidan.

Karotenoid yang terkandung dalam buah ara (tin) berbentuk beta-karoten dan lutein dan zeaxanthin pada buah tin.

Buah ara (tin) juga rendah kalori dan tidak mengandung lemak.

Buah ara (tin) segar dapat dikonsumsi secara langsung, tetapi Anda juga dapat menggunakannya sebagai jus atau mencampurkannya dengan buah-buahan lain untuk dibuat menjadi salad buah.

Jika belum memasuki musim, Maka akan lebih mudah untuk menemukan buah ara (tin) kering.

Buah tin segar dan kering memiliki manfaat kesehatan yang besar.

Selain buahnya, daun tanaman ini juga memiliki kelebihan. Dipercayai bahwa daun pohon tin atau pohon ara menurunkan kadar gula darah, membuatnya sangat cocok untuk penderita diabetes.

Daun pohon tin atau ara bisa dimasak langsung atau dikeringkan lalu diseduh seperti teh.

Selain itu, perlu diperhatikan saat makan buah tin atau ara yang tidak boleh terlalu di makan terlalu banyak, karena ini dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

Selanjutnya kita akan mencoba untuk mengulas beberapa manfaat buah tin atau ara yang baik untuk kesehatan kita, dan juga bahaya buah ara jika dikonsumsi terlalu sering.

Manfaat Buah Tin

Buah tin merupak jenis buah yang memiliki beberapa manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh kita, selain rasanya manis buatin sangat bagus untuk dikonsumsi. Berikut beberapa manfaat dari buat tin.

Menjaga Kesehtan Jantung

Manfaat yang pertama dari  buah tin atau ara  dapat menjaga kesehatan jantung kita. Dikarenakan Buah tin banyak  mengandung serat larut dalam bentuk pektin, yang dapat memungkinkan buah tin dapat menurunkan kadar kolesterol darah dan trigliserida didalam darah.

READ  Jamur Tiram – Cara Budidaya,Jenis, Keuntungan, Kerugian, Gambar

Tingginya kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah dapat mengakibatkan pembentukan plak, yang  dapat menyebabkan terjadinya penyempitan pembuluh darah yang berakibat mengganggu kesehatan jantung kita.

Selain itu, buah tin juga bermanfaatuntuk menurunkan tekanan darah didalam tubuh. Kandungan mineral dan senyawa lain yang terdapat didalam buah tin dapat membantu mengontrol tekanan darah didalam tubuh kita.

Seperti yang perlu kita  ketahui, bahwa tekanan darah tinggi  kondisi yang dapat menyebabkan  terjadi masalah pada jantung.

Baca Juga Artikel Kami Lainnya :

Menjaga Saluran Pencernaan

Manfaat  kedua dari buah tin. adalah menjaga saluran pencernaan. Buah tin atau ara adalah buah yang biasa digunakan untuk mengobati sembelit.

Juga diyakini bahwa jika kita mengkonsumsi buah ara secara teratur dapat mengurangi risiko kanker kolon. Buah tin atau  ara dapat memelihara seluruh sistem pencernaan sehingga sistem pencernaan dapat bekerja lebih baik.

Mengatasi Anemia

Manfaat Buah Tin atau ara selanjutnya  dipercaya dapat membantu mengatasi masalah gejala anemia. Kekurangan darah atau anemia dapat mengakibatkan kondisi kekurangan sel darah merah dalam tubuh, yang disebabkan oleh berbagai alasan.

Salah satu cara untuk mengatasinya hal tersebut dapat diatasi  dengan cara mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi. Kandungan zat besi dan multivitamin yang terdapat didalam buah tin atau ara dapat mendukung produksi sel darah merah, sehingga tingkat eritrosit dapat meningkat.

Menjaga  Kesehatan Tulang

Manfaat buah tin atau ara selanjunya adalah dipercaya juga bahwa buah tin baik untuk kesehatan tulang. Kandungan mineral seperti kalsium, magnesium, dan fosfor pada buah tin. sangat baik untuk menutrisi tulang dan mencegah keropos tulang.

Mengkonsumsi makanan tinggi garam dapat menyebabkan tubuh kehilangan kalsium. Ini bisa dicegah jika potasium terkandung dalam buah tin.

Baik Untuk Kesehatan Mata

Manfaat buah tin selanjunya  yang tidak boleh anda lewatkan selanjutnya adalah menjaga kesehatan mata.

Buah tin dapat mencegah degenerasi makula, yang merupakan penyakit yang dapat menyebabkan seseorang menderita atau penurunan penglihatan samapai kebutaan.

Pengobatan Radang Tenggorokan dan Amandel

Manfaat selanjutnya dari buah tin adalah mengobati sakit tenggorokan adalah kondisi yang tidak bisa diremehkan, karena sangat mengganggu dan dapat menyebabkan sesorang sulit makan.

Buah tin yang dibuat  menjadi jus dapat menenangkan tenggorokan dan menghilangkan rasa sakit pada tenggorokan yang meradang. Selain itu, dipercaya bahwa jus tin dapat menghilangkan peradangan dan pembengkakan amandel.

READ  Cara Menanam Jeruk - dari biji dalam pot, dari Cangkok

Mengatasi Berbagai Masalah Pernapasan

Keuntungan lain dari buah tin atau  ara adalah untuk mengatasi berbagai masalah pernapasan. Buah tin atau ara digunakan sebagai alternatif untuk pengobatan gejala asma.

Masalah pernapasan lainnya seperti pilek dan batuk, serta bronkitis juga dapat diatasi dengan buah tin atau ara.

Buah tin atau ara dapat melembabkan selaput lendir saluran pernapasan sehingga dapat membantu yang mengeluarkan dahak yang menyebabkan saluran system pernapasan tidak baik.

Mengatasi masalah seksual

Mengkonsumsi buah ara juga dipercaya dapat mengatasi masalah seksual yang telah dipercaya sejak lama yang biasanya terjadi pada pria.

Bahkan di beberapa negara, buah tin atau ara juga digunakan sebagai  bahan baku obat kuat karena dipercaya dapat meningkatkan gairah seksual pada seseorang.

Kandungan Buah Tin

Kandungan nutrisi penuh dari buah tin atau ara yang dikandungnya menjadi  jawaban mengapa buah ini sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia.

Buah tin atau ara adalah buah-buahan yang kaya akan manfaat kesehatan. Ini karena buah tin atau ara mengandung banyak nutrisi yang sangat bergizi bagi tubuh. Buah tin atau ara mengandung protein, karbohidrat, vitamin, kalsium dan zat besi. Buah tin atau ara mengandung 126 mg kalsium, 1 mg vitamin C, protein 4,3 mg, karbohidrat 63,4 mg, serat 5,6 mg dan energi 274 kkal.

Jenis Buah Tin

Secara umum, ada dua jenis buah tin atau ara yang bisa dicicipi ibu. Yang pertama adalah tin atau ara basah dan yang kedua adalah tin atau ara kering. Perbedaan antara buah tin atau ara basah dan kering terletak pada kandungan kalori. Ada enam kalori lebih banyak di buah tin atau ara kering dari pada di buah tin atau ara basah.

Bahaya Buah Tin

1.Sakit perut

Buah tin dapat mengakibatkan sakit perut, apabila dikonsumsi secara berlebihan ,untuk mengatasinya disarankan jika mengkonsumsi buah tin secara teratur saja, kemudian jika anda meraskan sakit perut dikarenakan terlalu sering mengkonsumsi buah tin minumlah air dingin setelah makan buah tin atau ara agar dapat mengatasi masalah sakit perut yang dirasakan.

2.Perut kembung
Mengkonsumsi buah tin secara berlebihan memang tidak disarankan, jika berlebihan buah tin bisa menyebakan perut terasa kembung. untuk mengatasinya Minumlah air manis agar dapat membantu mengatasi masalah ini.

3.Sensitivitas matahari

Buah tin atau ara sebenarnya dapat menyebakan meningkatkan sensitivitas pada kulit terhadap sinar matahari. Disarankan agar apabila terkenah paparan sinar matahari yang berkepanjangan jangan mengkonsumsi buah tin secara berlebihan . Konsumsilah secara teratur mengonsumsi buah tin atau ara agar untuk menghindari masalah yang terjadi pada kulit kita.

READ  Tanaman Adenium – Cara Menanam di Pot, Sifat, Manfaat, Harga

4.Merusak hati dan usus

Buah tin atau ara bisa berbahaya bagi hati. Mereka juga dapat menyebabkan penyumbatan di usus karena bijinya. Benih dalam buah tin cukup sulit dicerna. Ini adalah salah satu efek samping buah tin atau ara yang paling berbahaya yang perlu dipertimbangkan.

5.Penyerapan kalsium

Buah tin atau ara mengandung oksalat, yang mengganggu penyerapan kalsium dalam tubuh. Gangguan ini menyebabkan kekurangan kalsium dalam tubuh kita, yang dapat menyebabkan kelemahan tulang dan penyakit lain yang berhubungan dengan kekurangan kalsium.

6.Pendarahan

Terlalu banyak konsumsi ara dapat menyebabkan perdarahan retina dan dubur. Ini juga dapat menyebabkan anemia hemolitik. Jika pendarahan dubur terjadi, hentikan konsumsi buah tin atau ara dan lihat apakah pendarahannya berhenti.

7.Menurunkan Tingkat Gula Darah

Buah tin atau  ara dapat mengurangi kadar gula darah dalam tubuh. Ini membantu penderita diabetes, tetapi bisa berbahaya bagi orang dengan kadar gula darah rendah. Jika Anda memiliki gula darah rendah, Anda tidak boleh memakan buah tin atau  ara.

8.Alergi

Jika Anda alergi terhadap buah tin atau ara, itu dapat menyebabkan konjungtivitis, rinitis dan syok anafilaksis. Ini juga bisa menyebabkan asma. Periksa apakah Anda memiliki masalah alergi dengan buah tin atau ara sebelum anda memakannya.

9.Oksalat berbahaya

Oksalat dalam buah tin atau ara berbahaya bagi orang dengan masalah ginjal dan kandung empedu. Dalam hal ini, konsumsi buah ara dapat memperburuk kondisi tersebut. Buah ara juga merusak limpa, yang bertanggung jawab untuk pembentukan sel darah putih.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai Buah Tin dari manfaatnya dan bahaya buah tin jika terlalu sering dikonsumsi yang mungkin perlu anda ketahui, semogah artikel ini bisa menambah informasi dan wawasan jangan lupa baca artikel kami yang lainnya. Terima Kasih

Baca Juga Artikel Kami Lainnya :