Buah Pala – Manfaat, Efek Samping, Untuk Mengatasi Insomnia

4 min read

Buah Pala

Buah Pala – Manfaat, Efek Samping, Untuk Mengatasi Insomnia

Buah Pala
Buah Pala

Buah Pala adalah salah satu rempah di Indonesia yang memiliki banyak manfaat kesehatan dan manfaat lainnya. Pala pertama kali ditemukan di pulau Banda, Maluku dan kemudian menyebar ke seluruh Indonesia. Ramuan ini juga merupakan salah satu alasan mengapa Indonesia menjadi daerah yang dijajah oleh orang Eropa.

Buah Pala ini memiliki identitas Latin atau ilmiah dengan Myristica fragrans dan hanya grup internal yang diklasifikasikan sebagai Plantae.

Bahkan sekarang, pala masih populer dan diekspor ke Eropa, digunakan sebagai bahan dalam farmasi, kosmetik, dan makanan. Dapur rumah di Eropa juga mengandung pala.

Berbagai macam produk olahan pala juga mudah ditemukan. Jika pala di Indonesia hanya digunakan untuk makanan lain, selain dari luar negeri, yang telah diolah menjadi berbagai produk seperti minuman sehat, produk medis, obat tradisional, dll.

Ini karena banyaknya buah pala. Diantaranya adalah protein, lemak, karbohidrat, minyak atsiri, sodium, kalsium, vitamin A, vitamin C, vitamin B1, asam oleanolic dan kandungan pala yang lebih baik.

Berikut kami akan merangkum beberapa Manfaat, Efek samping,serta cara mengolah buah pala :

Manfaat Buah Pala

 

Buah Pala
Buah Pala

Mengobati Masuk Angin

Kandungan minyak atsiri pala bisa menghilangkan masuk angin dan menghangatkan tubuh. Pala direbus dengan air dan airnya diminum. Cara ini hampir sama dengan meminum rebusan jahe.

Meningkatkan Nafsu makan

Jika Anda memiliki nafsu makan rendah, kandungan enzim lipase dalam pala bermanfaat untuk menambah atau menambah nafsu makan. Ini berguna saat dimakan oleh anak-anak yang memiliki sedikit nafsu makan.

Mengatasi Insomnia

Insomnia atau insomnia bisa diatasi dengan memasak atau merebus buah pala. Dipercayai bahwa rebusan ini meningkatkan kualitas tidur Anda sehingga Anda dapat mengatasi insomnia yang Anda derita.

READ  Budidaya Ikan Lele – Tips Agar Cepat Panen

Mengatasi Asam Lambung

Asam Lambung adalah kondisi di mana asam pada lambungas terlalu banyak diproduksi dan menyebabkan berbagai penyakit. Sakit maag biasanya ditandai dengan rasa sakit dan mual di perut. Dipercayai bahwa kandungan saponin pala mengurangi dan menurunkan asam lambung dalam tubuh.

Otak yang sehat

Diyakini bahwa kandungan meristin dalam pala mengurangi hilangnya ikatan saraf dan hilangnya kognitif otak. Pada pasien dengan penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson dan pikun dapat mengurangi atau menunda degenerasi saraf dan penurunan kognitif di otak.

Pencernaan lancar

Pala juga cocok untuk sistem pencernaan. Manfaat pala baik untuk meredakan mual, muntah, pencernaan, perut kembung, gas, diare, serta gejala penyakit Crohn. Buah Pala juga mampu bermanfaat untuk meningkatkan sekresi cairan pada lambung dan usus, sehingga meningkatkan pencernaan didalam tubuh.

Baca Juga Artikel Lainnya :

Menghindari Kerusakan dan Lubang Gigi

Manfaat pala juga tersedia untuk kesehatan mulut. Biji pala memiliki sifat antibakteri dan dapat secara efektif membunuh bakteri berbahaya di mulut untuk mencegah kerusakan dan lubang pada gigi.

Optimalkan Kekebalan Tubuh

Biji pala dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh berkat kandungan mineral dan vitaminnya, yang meningkatkan manfaat antioksidan. Antioksidan membantu melindungi tubuh dari kerusakan oleh radikal bebas yang melemahkan kekebalan tubuh.

Biji pala juga kaya akan kalium, zat besi dan mangan, yang memainkan peran penting dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Sebuah studi 2013, yang diterbitkan dalam Journal of Al-Nahrain University, menunjukkan bahwa ekstrak etanol dan aseton dari pala menghasilkan aktivitas antibakteri terhadap spesies bakteri Bacillus subtilis dan Staphylococcus aureus.

Efek Samping Yang Perlu Anda Waspadai

Beberapa sumber percaya bahwa pala dapat mempengaruhi sistem saraf dan imajinasi. Lebih dari itu, ada juga sumber yang mengatakan minyak atsiri pala dapat menyebabkan efek hipnosis atau halusinogen. Ada juga laporan bahwa pala juga digunakan sebagai obat psikotropika dengan konsekuensi berbahaya.

READ  Cara Menanam Bawang Merah –  Agar Panen Melimpah

Sementara itu, menurut database komprehensif obat-obatan alami, pala dapat aman bila dikonsumsi dalam jumlah yang biasa ditemukan dalam makanan. Namun, penggunaan pala yang berlebihan dapat menimbulkan risiko kesehatan. Ada beberapa laporan keracunan pala, misalnya pada awal abad ke-20.

Para ilmuwan telah menulis bahwa pala dapat menyebabkan efek toksik karena kehadiran minyak miristisin, zat organik alami dalam ramuan. Dikutip dari Healthline, minyak miristisin sebenarnya ditemukan tidak hanya di pala tetapi juga di peterseli. Namun sayangnya hanya minyak jarak dalam pala yang dapat membuat seseorang mabuk.

Meskipun tidak ada begitu banyak kasus keracunan pala, efek psikotik akut dan gejala sistem saraf pusat harus dipantau. Akhirnya, basis data obat-obatan alami menunjukkan bahwa pala tidak boleh digunakan untuk waktu yang lama atau lebih dari 120 mg, karena pala dapat membuat seseorang berhalusinasi dan meningkatkan risiko gangguan mental lainnya.

Hal yang juga harus Anda ketahui adalah gejala pertama orang yang mengalami overdosis pala adalah mual, mulut kering, pusing, dan detak jantung tidak teratur. Jika gejala ini diabaikan, efek samping terburuk yang dapat terjadi adalah kematian.
Karena itu, Anda hanya boleh menggunakan pala sebanyak-banyaknya. Efek samping dari penggunaan yang berlebihan tidak hanya alergi pruritus atau sakit perut, tetapi lebih merupakan gangguan sistem saraf pusat yang dapat menyebabkan mabuk, berhalusinasi, dan kegagalan organ. Jika tidak segera diobati, sangat mungkin menyebabkan kematian.

Cara Mengolah Buah Pala Untuk Mengatasi Insomnia

Mengalami kesulitan tidur di malam hari? Jika demikian, Anda bisa mencoba membuat campuran tablet tidur alami dari biji pala untuk mengatasi masalah insomnia dalam 2 hari.
Penelitian menunjukkan hasil yang mengejutkan, pala dapat menyembuhkan insomnia atau insomnia di malam hari. Beberapa penelitian bahkan menjadikan pala sebagai obat yang mendorong seseorang untuk tidur lebih cepat.

Insomnia adalah gangguan tidur yang sering dialami penduduk kota, biasanya karena stres, kecemasan dan perubahan pola tidur. Insomnia juga dapat menyebabkan gaya hidup, seperti minum alkohol dan terlalu banyak minum kafein.

READ  Cara Menanam Bawang Putih - Untuk Pemula, Dibotol Aqua,Di Paralon Tanpa Tanah

Jika Anda tidak bisa tidur di malam hari, Anda biasanya menderita sakit kepala, sakit kepala, dan kelelahan. Jika Anda terlalu lama menderita, insomnia dapat menyebabkan depresi.
Anda mungkin telah minum pil tidur segera untuk membantu Anda tertidur dengan cepat. Tetapi obat tidur dapat memiliki efek samping jika dikonsumsi terus menerus. Oleh karena itu biji pala adalah salah satu perawatan alami terbaik untuk membantu mengatasi masalah insomnia di malam hari.

  1. Ambil satu atau dua biji pala kering. Kemudian giling dua biji pala.
  2. Namun, Anda juga dapat menggunakan beberapa pala yang tersedia secara komersial
  3. Anda kemudian dapat menambahkan pala ke gelas air hangat
  4. Tutupi segelas air yang sudah dicampur pala selama 5 menit
  5. Saring campuran pala dan minumlah
  6. Anda bisa minum segelas pala hangat 4-5 jam sebelum tidur untuk mengatasi insomnia hanya dalam 2 hari

Catatan Penting Yang  Perlu Diperhatikan

Meski Anda bisa mengatasi masalah insomnia di malam hari, Anda tetap perlu berhati-hati soal biji pala. Biji pala aman dikonsumsi hanya dalam jumlah sedikit. Satu hingga dua biji pala per hari masih cukup aman untuk dikonsumsi. Lebih dari 2 biji pala per hari, efeknya justru berbahaya.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai buah pala mulai dari manfaat, efek samping, dan cara mengolah buah pala yang mungkin perlu anda ketahui. Semogah artikel ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan mengenai buah pala. terima kasih selamat mencoba !!!!!!

Baca Juga Artikel Lainnya :