Ayam Kate – Jenis, Karakteristik, Pakan, Harga, Gambar

Posted on

Ayam Kate – Jenis, Karakteristik, Pakan, Harga, Gambar

Ayam Kate
Ayam Kate

Orang Indonesia sangat menyukai dan menggemari ayam kate, terutama jenis ayam kate, yang sangat laku di pasaran. Harga ayam kate di pasaran cukup membuat mata takut. Tidak diragukan lagi komunitas penggemar  ayam kate, siap-siap bisa menghabiskan biaya yang cukup besar untuk mendapatkan ayam jenis ini. Ayam sangat populer di Indonesia karena pola warnanya yang indah dan postur tubuh yang baik.

Ayam Kate atau ayam kata sering disebut sebagai ayam bantam dalam bahasa Inggris, karena asal ayam ini berasal dari Banten. Dan tidak jarang, ayam jenis ini sering digunakan sebagai salah satu ayam hias, yang banyak dibudidayakan oleh kolektor. Meskipun ayam ini tidak cocok untuk digunakan sebagai ayam petelur atau ayam pedaging, ayam jenis ini cukup cocok jika digunakan sebagai ayam hias yang memiliki keindahan di bulunya.

Semakin baik pola dalam tubuh ayam ini, semakin tinggi harga ayam di pasaran. Ayam kate asli Indonesia  memiliki keanekaragaman hayati yang sangat besar dan telah mengalami proses persilangan yang dapat menghasilkan jenis ayam baru dan terlihat cantik.

Untuk informasi lebih lanjut, penulis akan mencoba untuk mendapatkan ulasan tentang ayam yang sangat menarik ini.

Jenis -Jenis Ayam Kate

1.American GamBantam

Ayam Kate
Ayam Kate Bantam

Amerika Game Bantam adalah jenis ayam yang berasal dari Amerika Serikat. Ayam-ayam ini jarang dipelihara oleh masyarakat luas karena ayam-ayam ini dimaksudkan hanya untuk menjadi  ayam petarung.

2.Bearded d’Anvers dari Belgia

Ayam Kate
Ayam Kate Belgia

Ayam jenis Belgia Bearded d’Anvers berasal dari negara Belgia. Corak ayam Belgia memiliki corak yang sangat bagus.

3.Ayam Kate Jambul Mekar

Ayam Kate
Ayam Kate Jambul Mekar

Ayam jenis ini adalah ayam yang warnanya hampir sama dengan ayam Cemani, warna tubuhnya didominasi oleh warna hitam. Perbedaan antara ayam cemani dengan ayam kate terletak pada lapisan tubuh / kulitnya, yang tidak tertutup bulu. Lapisan ayam ini tidak ditutupi bulu-bulu putih-cokelat, sedangkan ayam Cemani mendominasi hampir seluruh tubuh hitam.

READ  Jambu Madu - Cara Pemangkasan, Harga, Manfaat Garam, Tabulampot, Cepat Berbuah Lebar

4.Barbu dee Grubbe

Ayam Kate
Ayam Kate Barbu-dee-Grubbe

Barbu dee Grubbe adalah jenis ayam kate  yang tidak memiliki ekor. Tubuhnya yang tegap membuat ayam ini lebih cantik dan indah.

5. Ayam Kate Burma

Ayam Kate
Ayam Kate burma

Ayam Kate Burma atau bisa disebut ayam Burma, termasuk ayam kate adalah yang paling unik. Keunikan ditemukan pada rambut kepala, yang sangat padat dan lebat, sehingga mata ayam kate  tidak terlihat. Warna Ayam Kate didominasi oleh warna putih.

Baca Juga Artikel Lainnya : Murai Batu  – Cara Ternak,  Jenis ,  Pakan Gacor, Gambar

6.Ayam Kate Jepang

Ayam Kate
Ayam Kate Jepang

Ayam kate Jepang, ayam kate ini berasal dari  Negara Jepang. Warna ayam kate ini mirip dengan cirri khas dari negara jepang, ada warna putih dan hitam. Dan beberapa warna yang ditemukan pada tubuh ini juga didominasi oleh warna putih.

7.Ayam Kate Pictave

Ayam Kate
Ayam Kate Pictave

Ayam jenis Pictave Kate ini memiliki warna yang hampir sama dengan ayam jago di Indonesia. Warna yang terkandung dalam bulu ayam didominasi oleh merah, hitam dan putih serta Keoren-Orenan.

8.Ayam Kate Batik

Ayam Kate
Ayam Kate Batik

Ayam Kate Batik ini, bukan ayam kate  yang mirip dengan batik,. Ayam kate batik ini memiliki pola warna yang dibentuk dan diwarnai hampir seperti batik. Tepian bulu ayam ini layaknya seperti batik, berbentuk garis tepi hitam yang indah, sehingga banyak orang menyebutnya ayam ini ayam batik.

9.Ayam Serama

Ayam Kate
Ayam Kate Serama

Ayam Serama adalah jenis ayam yang banyak diminati di Indonesia. Untuk pembelianya ayam jenis ini tidak terlalu susah dikarenakan jenis ayam ini sudah umum dan banyak ditemukan  di seluruh Indonesia.

10.Ayam Kate Berbulu

Ayam Kate
Ayam Kate Berbulu

Jenis kandang ayam kate berbulu, termasuk jenis ayam, sangat disukai oleh masyarakat. Bulu-bulu yang ditemukan pada ayam ini sangat banyak dan terdapat di kaki ayam ini. Ayam ini sangat cocok untuk dipelihara  atau sebagai hiasan di kandang.

Karakteristik Ayam Kate

Yang perlu anda harus tahu bahwa beberapa pecinta ayam di Indonesia berpikir bahwa jenis Kate sama dengan spesies serama, atau lebih ringkasnya lagi “Kate adalah ayam serama”. Namun faktanya  ayam kate bukanlah ayam serama. Dikarenakan banyak sekali perbedaan yang terdapat pada ayam kate dan ayam serame.

READ  Cara Menanam Bawang Putih - Untuk Pemula, Dibotol Aqua,Di Paralon Tanpa Tanah

Ciri khas Ayam Kate adalah memiliki bobot yang lebih besar daripada ayam yang serama. Berat  ayam rata-rata antara 450 dan 550 gram, bahkan ayam kate jantan, beratnya bahkan lebih berat lagi dan lebih berbobot. Selain itu, pola bulu ayam sangat berbeda dari warna tatapan / wido, si pirang, kemerahan, nanas wilah dan berwarna merah cerah.

Pakan ayam Kate

Pakan  merupakan faktor penting yang harus diperhatikan dalam peternakan ayam. Jenis makanannya sama dengan saat memberi makan spesies ayam lainnya. Hanya saja, untuk porsi ayam yang lebih kecil-Kate karena tubuhnya yang kecil. Ayam kate makan ketika ayam lapar, jadi Anda tidak perlu terlalu khawatir tentang memberinya makan.

Pakan ayam kate  bisa dalam bentuk bekatul, dedak, jagung, gabah, beras, dan kacang-kacangan lainnya. Tetapi pada anakan ayam kate, dapat diberikan makanan Voer yang dapat dicampur dengan berbagai sayuran seperti kangkung, bayam, dan lainnya, dengan harapan dapat mendukung pertumbuhan ayam, karena Voer mengandung protein tinggi. Penting juga menjaga kebersihan makanan dan air minum, agar tidak terkena penyakit. Ayam kate sesekali bisa diberikan buah-buahan yang mengandung nutrisi seperti stroberi, semangka, dan labu untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Harga Ayam Kate

Daftar harga ayam kate sebenarnya bervariasi, tetapi banyak yang mengatakan harga Ayam Kate memang tidak murah. Berikut adalah beberapa daftar harga di pasar.

Harga untuk ayam kate berusia 1 hingga 2 bulan : Rp. 30.000,- – Rp.50.000 ,-
Harga ayam kate 2 hingga 4 bulan: Rp. 50.000 – 60.000.
Harga ayam dewasa Rp. 60.000 – Rp.150.000 per ekor

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Harga Ayam Kate

Beberapa faktor yang mempengaruhi tingginya harga ayam di pasaran adalah:

Usia Ayam Kate

Semakin matang dan berumur panjang seekor ayam, semakin tinggi nilai penjualan sesuai dengan penawaran yang sudah ada di pasaran. Bukan berarti ayam kate, yang masih berumur  tidak punya harga? Anda salah jika Anda berpikir demikian. Semakin muda ayam kate, semakin rendah harga ecerannya. Tentu saja, jika Anda benar-benar bisa merawat anak-anak Kate sampai mereka dewasa, tentu akan memiliki prospek yang bagus menjalani kehidupan yang stabil di kemudian hari.

READ  Pohon Durian – Sejarah, Asal Buah, Jenis Jenis, Manfaat

Warna bulu ayam Kate

Mengapa demikian? Ya. Jika warna bulu ayam kate yang anda pelihara masih berwarna samar-samar atau sedikit pucat, orang yang akan membeli ayam Anda akan secara otomatis membuat penawaran rendah. Alasan yang menjadi salah satu daya tarik utama yang menjadikan ayam kate ayam yang mewah adalah pesona indah dan bulu-bulu cerah yang melekat pada tubuh ayam.

Kesehatannya

Tentu saja, penting untuk berbicara tentang kesehatan ayam kate yang dibudidayakan. Ketika seseorang mencari bibit yang bagus untuk dikembangbiakan, dan kemudian dia mencari benih yang benar-benar unggul dan suatu hari nanti bisa menjanjikan. Jika kondisi ayam Kate yang dijual tidak stabil atau dalam kondisi buruk, tentu mengurangi nilai penjualan ayam tersebut. Jadi, jika Anda salah satu penyayang binatang , hal yang utama Anda memperhatiakn dan melakukan pemberian vaksin dan vitamin untuk ayam yang anda simpan.

Bentuk Bulu Ekor

Anda bisa lihat, untuk ayam kate jantan, salah satu daya tariknya biasanya adalah bentuk bulu ekornya. Bulu ekor ayam kadang-kadang menunjukkan seberapa matang ayam itu, tetapi banyak juga yang menganggap bahwa semakin baik bentuknya, semakin tinggi nilai penjualannya.

Demikianlah sedkit ulasan mengenai ayam kate mulai jenis ayam kate, pakan, karakteristik ayam kate dll, semogah artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semua. Terima kasih jangan lupa baca artikel kami yang lainnya.

Baca Juga Artikel Lainnya :