Alat Pertanian – Nama nama, harga, gambar

Posted on

Alat Pertanian – Nama nama, harga, gambar

Alat Pertanian
Alat Pertanian

Alat pertanian merupakan alat bantu yang sangat perlu ada, untuk menunjang operasioal dalam bercocok tanam. Bentuk dan fungsi alat pertanian bermacam-macam , dalam membantu proses pertanian sampai melakukan panen.

Perkembangan  teknologi saat ini,  memang sangat membantu  dan  memiliki kesempatan yang lebih besar dalam mengembangkan bisnis pertaniaan saat ini. Mesin dan alat  pertanian akan  mempermudah  petani  dalam mengolah tanah pertanian, dari proses penanaman, proses perawatan, hingga pemanenan kini

sudah bisa dibantu menggunakan alat yang lebih inovatif  dalam pertanian.

Untuk jaman modern saat ini, tidak bisa dipungkiri salah satu faktor untuk membuat kesuksesan dalam bercocok tanam  adalah hadirnya alat pertanian yang lebih baik dan modern serta praktis. Maka akan sangat disayangkan apabila petani belum banyak mengenal jenis aneka alat pertanian yang akan membuat petani bekerja lebih maksimal.

Berikut kami akan mencoba berbagi informasi seputar alat pertanian yang ada saat ini :

Traktor

 

 

Alat Pertanian

Traktor untuk jenis alat pertanian ini, mungkin dikalangan petani sudah banyak tahu, dikarenakan sudah banyak petani yang menggunakan alat traktor ini untuk menujang  pengolahan tanah pertanian.

Mesin traktor ini , menggunakan mesin dengan bahar bakar solar, maupun bensin. Untuk cara penggunaan biasanya traktor akan disambungkan dengan implement untuk mengolah lahan sesuai dengan kebutuhannya.

Untuk pengolahan tanah sekunder biasanya ,traktor akan disambungkan dengan inplement dengan bekerja menggunakan rotary yang sdikit menancap kedalam tanah dengan ditarik dengan sumber tenaga penggerak.

READ  Ternak Kambing -  Cara,  Pakan, Pemeliharaan, Keuntungan

Untuk Harga Alat Pertanian Ini Berkisar di Harga Rp. 9.480.000,- sampai dengan Rp.12.760.000,-.

Mesin Penanam Kentang  TK 1

 

Alat Pertanian

Mesin alat pertanian penanam kentang TK 1 berfungsi untuk membantu proses penanam benih kentang, mengingat saat penanaman benih kentang biasanya membutuhkan tenaga yang banayak. Pemakaian alat pertanian penanaman kentang, akan bisa menenkan jumlah tenaga kerja penanam dengan kinerja yang lebih baik lagi.

Selain itu, alat pertanian ini bisa juga digunakan untuk penaman bibit bawang. Alat pertanian tanam kentang TK1, Bisa digunakan pada alat pertanian lainnya, seperti mesin traktor roda dua dengan kekuatan 8-12hp, alat ini bisa membuat guludan, memupuk, dan juga bisa membantu proses penanaman secara bersamaan. Alat berdimensi lebih kurang 620 x 500 x 700 mm ini memiliki berat lebih kurang 30 kg.

Untuk Harga Alat Pertanian Mesin Penanam Kentang  TK 1 Ini Berkisar di Harga Rp. 5.000.000,-.

Baca Juga Artikel Lainnya – Teknologi Ramah Lingkungan – Pengertian, Contoh, Manfaat

Mesin Penanam Padi TPDI – 22

 

 

Alat Pertanian

Alat pertanian ini, berfungsi sebagai alat untuk proses penanaman bibit padi. Alat pertanian ini terolong alat pertanian yang modern, mesin ini mampu melakukan proses penanaman bibit padi dengan metode yang serentak dan mudah saat digunakan.

Cara pengoperasian mesin alat pertanian ini, dilakukan dengan cara ditarik dengan menggunakan kedua tangan dan mampu menanam benih padi langsung 2 baris saat dioperasikan. Untuk jarak tanam benih padi lebih kurang 210 sampai dengan 250 mm bisa diatur sesuai dengan jarak yang petani inginkan.

Untuk Harga Alat Pertanian Mesin Penanam Padi Ini Berkisar di Harga Rp. 6.375.000,-.

Mesin Pemanen Tebu SZ1100-15HP diesel

 

READ  Budidaya Ikan Lele – Tips Agar Cepat Panen

Alat Pertanian

Alat pertanian pemanen tebu, berfungsi untuk melakukan pemotongan dedauanan tebu dan memotong tebu menjadi batang-batang yang lebih kecil saat  dilakukannya pemanaen tebu. Alat pertanian ini akan meningkatkan hasil yang lebih maksimal dalam waktu yang lebih singkat.

Sedangkan saat pengoperasian alat, bahan bakar sebanayak lebih kurang 20 liter per hektar. Untuk jenis bahan bakar yang digunakan menggunakan bahan bakar  solar atau bensin,

Untuk Harga Alat Pertanian Mesin Pemanen Tebu Ini SZ1100-15HP diesel Berkisar di Harga Rp. 54.000.000-. sampai dengan Rp.100.000.000,-.

Mesin Penanam Jagung AGR-PN22

 

 

Alat Pertanian

Alat penanam jagung merupakan salah satu hasil dari inovasi di bidang pertanian, alat ini berfungsi untuk proses penanaman benih tanaman jagung diatas atau dibawah permukaan tanah.   Dengan menggunakan alat pertanian jenis ini, akan meningkatakan proses penaman jagung yang lebih efektif dan efisien dalam waktu yang cepat.

Untuk Harga Alat Pertanian Mesin Penanam Jagung AGR – PN22 Berkisar di Harga Rp. ‎Rp 2.275.000,-

Mesin Panen Padi  Combine Harvester

Mesin panen padi ini, bekerja dengan menggabungkan 3 proses pemanenan padi sekaligus, yaitu dengan cara menuai, merontokkan, dan menampi. Dengan menggunkan metode penggabungan tersebut, dapat membantu pemanenan padi dengan lebih singkat, disbanding dengan proses pemanenan dengan menggunakan tenaga manusia atau bisa dibilang dengan menggunakan tenaga manual serta tidak membutuhkan tenaga manusia yang biasa dilakukan saat pemanenan padi tradisonal.

Untuk Harga Alat Pertanian Mesin Mesin Panen Padi  Combine Harvester  berkisar harga Rp.142.475.000,-

Demikian sedikit ulasan mengenai jenis-jenis Alat Pertanian modern saat ini yang mungkin perlu anda ketahui, semogah bermanfaat Terimakasih.

Baca Juga Artikel Lainnya :

READ  Cara Menanam Jeruk - dari biji dalam pot, dari Cangkok